Mungkin memang bisa disebut bahwa MLM adalah bekerja untuk memperkaya orang
lain, tetapi sangat tergantung gimana kita melihat memperkaya.
Misalnya kita dikenalkan oleh Upline kita, belum tentu dia bisa akan bisa
lebih sukses daripada kita (pada MLM yang sedang saya jalani). Begitu juga
dengan Downline, kalau memang dia aktif, commit, maka bonus dia bisa
melebihi dari Upline. Contoh saja saya sendiri, dimana bulan kemaren bonus
downline saya 3 kali lipat dibandingkan dengan bonus yang saya dapatkan.
Bukankah disini saya juga memperkaya orang lain (downline saya ?)

Sebenarnya Robert T.K lebih cenderung mengajarkan kita untuk berusaha agar
Uang yang datang pada kita, walaupun memang tidak bisa semua orang
melakukannya, karena kalau semua orang menjalankan cara yang diajarkan oleh
Robert T.K, maka dunia ini juga akan kacau.

Mereka yang berani mengambil resiko, dan memiliki keinginan untuk maju atau
lebih sukses daripada sekarang, akan mencoba untuk terjun di bisnis MLM atau
bisnis yang diceritakan oleh Robert T.K

Pada Cashflow Quadrant, dijelaskan mengenai posisi Kiri Atas (Employee) dan
Kiri Bawah (Self Employee)
Pada Quadrant ini orang akan bekerja untuk mendapatkan gaji/ income,
misalnya
Kiri Atas - Pegawai, Buruh, dan lain sebagainya
Dengan posisi sebagai karyawan atau buruh atau sejenisnya, maka kita dipaksa
untuk bekerja dan bekerja terus menerus. Dengan naiknya gaji juga akan
berimbas pada kenaikan bahan keperluan harian, sehingga akhirnya susah untuk
bisa mencapai posisi yang diimpikan.

Kiri Bawah - Guru, Pengacara, Dokter, Programmer, Penulis
Untuk posisi Kiri Bawah, walaupun mungkin bisa mendapatkan income yang besar
sekali dari jasa yang dijual, tetapi tetap ilmunya gak bisa langsung
diwariskan. Jadi misalnya mereka mendadak meninggal, maka anak atau istrinya
belum tentu bisa melanjutkan apa yang mereka kerjakan pada saat itu.

Quadrant berikutnya yaitu Kanan Atas (Bussiness) dan Kanan Bawah (Investasi)
adalah Uang Mencari Kita
Kanan Atas - Franchise, Konglomerat, Network Marketing/ MLM, Royalti
Dengan cara ini, kita akan tetap mendapatkan uang, walaupun kita tidak
bekerja langsung. Kita melihat misalnya KFC, tentunya bossnya tidak lagi
menggoreng ayam, begitu juga dengan Texas FC dan lain sebagainya. Memang
untuk merintisnya tidaklah gampang, tetapi kalau sudah sukses, maka pada
saat itu kita akan menuai apa yang telah kita lakukan sebelumnya.

Kanan Bawah - Tabungan, Deposito, Saham, Reksa Dana dan lain sebagainya
Dengan memiliki uang dalam jumlah besar, maka kita bisa menikmati uang dari
hasil investasi kita. Pada saat ini, kita tidak usah bekerja lagi, hanya
menerima bunga deposito saja.

Nah.... sekarang kita berada di Quadrant mana ? dan Quadrant mana yang
mungkin kita jalani ?

Salam
Tommy