Server mailing list RantauNet berjalan atas sumbangan para anggota, simpatisan dan
semua pihak yang bersedia membantu. Ingin menyumbang silahkan klik:
http://www.rantaunet.com/sumbangan.php

Assalaamu'alaykum wa Rahmatullaahi wa Barakatuhu

Mungkin yang dimaksud adalah Jamaah Tabligh (JT). Jamaah ini sepertinya
berijtihad dengan menyatakan bahwa setiap orang Islam mempunyai kewajiban
untuk pergi keluar berda'wah yang istilahnya 'Khuruj' dengan hitungan
seperti yang disampaikan. Memang sebetulnya masih banyak khilaf (perbedaan)
di antara ulama menyikapi hal ini. Ada yang mengatakan bahwa yang mereka
lakukan tidak diajarkan Rasulullaah SAW dan merupakan bid'ah, seperti
pendapat yang dipegang ulama di Saudi Arabia. Bahkan dikatakan mereka adalah
golongan yang jahil (bodoh) karena lebih mengedepankan amal daripada ilmu
(ini saya dengar dari seorang mahasiswa Indonesia yang sekolah di Madinah
ketika ke sana tahun 2002 yang lalu). Tetapi ada pula yang lebih toleran
kepada mereka dengan menyatakan bahwa hal itu adalah ijtihad yang mereka
lakukan sebagai jama'ah untuk menyebarkan da'wah Islam.

Kalau kita lihat pada kesehariannya, misalkan di Jepang tempat saya tinggal
sekarang, metode yang digunakan JT cukup baik dalam mengajak orang untuk
masuk Islam, yang kalau di Indonesia mungkin kurang dirasakan. Hanya saja
mereka setelah bertabligh selesai saja dengan metode tersebut dan kemudian
meninggalkan orang yang dida'wahinya tanpa mengajak agar orang-orang itu
lebih kontinyu dalam mengamalkan ajaran Islam. Seharusnya memang ada proses
pembinaan baik itu melalui ta'lim dan metode-metode lainnya, sehingga ini
mungkin yang menjadi kekurangan mereka.

Itu mungkin yang saya ketahui mengenai jama'ah ini. Karena bukan ulama saya
hanya memberikan informasi mengenai pendapat para ulama sekarang mengenai
jamaah tersebut dan sedikit yang saya ketahui. Penerimaan atau penolakan
tentunya tergantung pribadi masing-masing setelah mempelajarinya lebih
dalam. Ini berbeda dalam menyikapi jamaah seperti Ahmadiyah atau LDII yang
jelas-jelas sudah ditolak oleh para ulama. Saya kira setiap orang berhak
memilih kelompok atau jamaah untuk meningkatkan keislamannya sepanjang
jamaah tersebut masih benar aqidahnya dan metode da'wahnya bisa
dipertanggungjawabkan secara syar'i. Untuk melengkapi penjelasan mengenai
JT, saya lampirkan juga di bawah mail ini penjelasan oleh Syari'ah Online
yang saya kira cukup bijaksana dalam penyampaiannya mengenai jamaah ini.
Semoga bermanfaat.

Wassalaamu'alaykum wa Rahmatullahi wa Barakatuhu
Muhammad Arfian
090-6149-4886
"Isy Kariman Aw Mut Syahidan"

Jamaah Tabligh
      Penanya   :   Arrijal
      Alamat   :

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Saya pernah melihat rombongan jamaah yang sering keliling mesjid yang
bernama Jamaah tabligh. Apakah isi ajaran mereka sesuai dengan Syariat
Islam? Terima kasih.

Jawaban:

Jamaah tabligh adalah gerakan yang berdiri pertama kali oleh tokoh
pendirinya, Syeikh Muhammad Ilyas Kandahlawi (1303-1364 H). Dia lahir di
Kandah, sebuah desa di Saharnapur, India. Anak beliau bernama Muhammad Yusuf
Kandahlawi (1917-1965) menggantikan posisinya sepeninggal orang tuanya.
Beliau adalah pengarang kitab Hayatus Shahabah dan Amani Akhbar.

Jamaah ini memiliki sumber utama Al-Quran dan As-Sunnah dan tariqatnya
Ahlussunnah wal jamaah. Banyak dipengaruhi ajaran tasawwuf dan thariqat
seperti tariqat Jusytiyyah dari India. Mereka mempunyai pandangan khusus
terhadap tokoh tasawwuf dalam masalah pendidikan dan pengarahan.

Penyebaran pertama kali di India kemudian tersebar ke Pakistan dan
Bangladesh, negara-negara Arab dan ke seluruh dunia Islam seperti Syria,
Jordan, Palestina, Libanon, Mesir, sudan, Iraq dan Hijaz. Juga sampai ke
benua Eropa, Amerika, Australia, Aisa dan Afrika. Pimpinan pusatnya ada di
Nizhamuddin, Delhi. Dari sini pergerakan jamaah di seluruh dunia diatur.

Dana kegiatannya berasal dari kantung jamaah sendiri meski adapula dana yang
dikumpulkan secara terpisah-pisah.

Oleh para pendirinya, jamaah ini ditetapkan memiliki enam prinsip: 1 Kalimah
Agung 2 Menegakkan Shalat 3 Ilmu dan Zikir 4 Memuliakan setiap muslim 5
Ikhlas 6 Berjuang fi Sabilillah

Sedangkan metode dakwah yang mereka kembangkan antara lain:

1 Khuruj, yaitu sekelompok dari mereka dengan kesadaran masing-masing
melakukan dakwah ke berbagai masjid di berbagai negeri serta mengajak
masyarakat untuk beribadah ke masjid dan menimba ilmu sera berzikir. Ciri
utamanya dalam pelaksanaannya adalah hidup bersahaja bersama dalam jamaah.
Khuruj ini bisa dilakukan beberapa hari dan jangkauannya mencapai
negeri-negeri yang jauh seperti Eropa, Amerika, Australia dan
wilayah-wilayah yang minoritas muslim sekalipun.

2 Begitu mereka sampai ke sebuah negeri atau kampung yang hendak didakwahi,
mereka mengatur dirinya sendiri. Sebagian ada yang membersihkan tempat yang
akan ditinggalinya dan sebagian lagi keluar mengunjungi kota, kampung, pasar
dan warung-warung sambil berzikir kepada Allah. Mereka mengajak orang-orang
yang mendengarkan ceramah atau bayan (menurut istilah jamaah).

3 Dalam materi dakwah, mereka cenderung tidak memasuki tema mencegah
kemungkaran. Sebab mereka yakin bahwa sekarang ini masih berada dalam tahap
pembentukan kondisi kehidupan islami. Perbuatan mendobrak kemungkaran selain
menimbulkan kendala dalam perjalanan dakwah juga membuat orang lari.

4 Menurut pemahaman mereka, jika pribadi-pribadi telah diperbaiki satu
persatu, maka otomatis kemungkaran akan hilang.

5 Mereka pun menolak undangan walimah (kenduri), yang diselenggarakan
penduduk. Tujuannya agar tidak terganggu oleh masalah-masalah di luar
dakwah, zikir serta amal perbuatan tulus karena Allah semata.

Pengaruh jamaah tabligh ini sangat positif untuk mengajak orang kembali
meramaikan masjid dan menghidupkan rumah-rumah Allah. Juga dalam mengajak
masyrakat untuk shalat berjamaah di masjid. Mereka tanpa malu-malu
berkeliling desa untuk mengetuk pintu rumah sekedar menyampaikan selamat,
berilaturrahim dan dengan simpati mengajak warga datang ke masjid yang
mereka singgahi. Bahkan di beberapa negeri minoritas Islam, gerakan ini
sangat manjur untuk mengajak orang tertarik kepada Islam dalam bentuk
tertentu.

Meski demikian, mereka kurang memberi perhatian pada masalah ikatan yang
kontinyu terhadap orang yang telah didakwahi dan tidak diikat dalam struktur
organisasi yang rapi. Yang ada hanyalah kontak antar pribadi dengan da'i
yang berlandaskan cinta kasih.

Topik yang mereka angkat, menghindari tema hukum Islam apalagi masalah
politik penegakan syariah Islam. Mereka lebih tertarik bicara tentang
masalah hati. Sehingga dalam banyak kasus, dakwah mereka cenderung lebih
aman dan tidak dianggap sebagai ancaman oleh para penguasa. Ini salah satu
kunci penyebaran mereka yang lebih mulus di banyak negeri.

Contoh terbaru adalah kasus pengeboman Legian Bali. Ketika tokoh-tokoh Islam
banyak yang diciduk polisi, kelompok jamaah tabligh di Bali malah dilepaskan
meski sempat mampir sebentar di kantor polisi. Meski tampang mereka berwajah
timur tengah dengan brewok dan jubah serta sorban, namun umumnya polisi
telah mengenal mereka sebagai jamaah yang sama sekali anti politik apalagi
terorisme. Karena itu mereka segera dilepaskan dari pmeriksaan.

Wallahu a'lam bishshowab.