Server mailing list RantauNet berjalan atas sumbangan para anggota, simpatisan dan
semua pihak yang bersedia membantu. Ingin menyumbang silahkan klik:
http://www.rantaunet.com/sumbangan.php

> Assl. WW
>
> Sayang penduduk Indo Mayoritas Islam, tapi banyak
> yang nentang syariat
> Islam. Mereka inginnya Islam di KTP saja kali?
> Dengan seribu alas an mereka
> tentang. Termasuk PKB adalah yang paling lantang
> mengenai syariat Islam ini.
> Bgmn di Kairah?
>
> Wass. WW
> Darul

Assalamualaikum.Wr.Wb.

Masyarakat Islam di Kairo,saya lihat jauh berbeda
dengan di Saudi.( Kalau saya salah pandangan,tolong di
benarin bagi yang tinggal di saudi )

Masyarakat Islam di Kairo,lebih bisa menerima berbagai
macam perbedaan pandangan,sehingga secara umum
masyarakatnya bebas,tetapi tidak seperti kebebasan di
Jakarta.Yang saya terkaget-kaget lihat cewek-cewek di
jakarta,ataupun Bogor,Jogya ( terutama daerah Jawa ke
atas..)

Saya kaget setengah ampun,( maaf sekali ),lihat
sebagian wanitanya sepertinya " murah sekali
",terhadap lelaki.Ini berbanding 80 derajat dengan di
Kairo,wanitanya sangat jual mahal,dan pemudanya takut
mengganggu kalau wanita berjalan.

Segi pergaulan muda-mudi,yang kelihatan berdua di
tengah jalan,di tepi sungai Nil,kalau tidak
tunangan,yang sudah kawin.Kalau yang tunanganpun
sangat jarang melakukan  pegang tangan,dan yang lebih
dari itu,karena bisa-bisa pihak keluarga wanita
menuntut berat terhadap pihak lelaki ,beda dengan di
Indo,kalau ngak tersentuh maaf tangan,bibir dan
sebagainya itu ngak asyik pacaran katanya Itu sebabnya
ketika bundo Nismah dan Ayah Rumzy ke Kairo,bilang
begini pada kami :

 " Di Kairo ini bagus sekali untuk pendidikan
anak-anak ",dan memang banyak dari konglomerat Indo
yang menyekolahkan anaknya ke Kairo,padahal untuk
ukuran Indo,biaya cukup besar,tapi untuk ukuran
USA,Jepang,dan Eropah lainnya tentu relatif murah.

Mudah-mudahan untuk seterusnya begini,sehingga
anak-anak saya dapat dengan mudah terdidik dengan
baik,bukan sekedar dari kedua orang tuanya saja,tapi
lingkungannya sangat mendukung sekali untuk
itu.LINGKUNGAN BAIK SANGAT MENETUKAN SEKALI ATAS
PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN BAIK AKHLAK,MAUPUN AGAMA SANG
ANAK.Alahamdulillah saya bersyukur pada Allah,saya di
tempatkan di daerah yang cukup Islami ini.

Untuk Ke Islaman secara umum,sebenarnya di Kairo itu
,soal ibadah orang mesirnya biasa-biasa
saja.Gembor-gembor dirikan Syari'at islam,juga kagak
kedengaran oleh telinga saya,tetapi pelaksanaannya aja
kali yang mungkin sudah terbiasa bagi mereka.Bukan
tidak ada kejahatan di sana,dimana-mana pasti ada
kejahatan,tapi kapasitasnya saja yang kurang.

Soal ibadah,mereka itu biasa-biasa aja koq,ngak
berlebihan banget.Malah mereka salut kalau lihat kita
orang-orang Indo yang rajin shalat ke mesjid,dan
bacaan Qur'an cukup bagus,ketimbang kebanyakan orang
Mesir,lahjah mereka sedikit kurang enak bagi telinga
kita mendengarnya ( ini bagi yang secara umum,tapi
kalau yang bagusnya,.masyaAllah,sangat bagus sekali
malah ).

Kelebihan mereka adalah Al Qur'an,sangat di perhatikan
sekali.Mereka itu hafalannya kuat,tapi daya nalarnya
sebenarnya jauh lebih tinggi orang-orang Indonesia.

Untuk informasi saja,kalau di Kuliyah Al Azhar,jujur
saja,kelebihan mereka cuman itu bahasa mereka
saja,tapi soal kecerdasan,orang-orang Indonesia jauh
lebih cerdas,di bandingkan Mesir,juga
Malaysia,Thailand,Singapore,Brunei dan lainnya.

Jujur saya akui,pada dasarnya orang-orang Indonesia di
beri karunia oleh Allah kecerdasan aqalnya.Tapi
sayangnya pemanfaatannya saja yang kurang di
pergunakan,atau entah di pergunakan kearah mana,saya
juga kurang tahu.

Tapi orang-orang Indonesia,cukup pintar,sayangnya kita
lebih di kuasai mungkin oleh ketamakan akan
material,korupsi,dan ngak jarang,sedikit aja kita
punya kelebihan kita sudah sombong,dan banyak lagi
yang sebenarnya terletak di " Management Qalbu kita
",yang masih kurang.

Kalau Qalbu kita baik,InsyaAllah negara kita pun akan
baik.Inti segala sesuatu itu terletak di Hati kita
masing-masing.Bila hati kita baik,maka InsyaAllah ke
Islaman kita juga akan tercermin dari tutur kata,buah
perbuatan kita akan keluar dengan sendirinya.

Soal organisasi Muhammadiyah,NU,PKS,dan lainnya
itu,cukup hangat bagi kalangan mahasiswa/i Kairo.Semua
pada dasarnya memilih ingin negara kita berbasiskan
Islam.Tiap minggu masing-masing mengadakan
pertemuan,belajar bersama-sama,berdiskusi ,bahkan ada
menulis buku,menterjemah,tafsir dan sebagainya
itu.Kegiatan mahasiswa cukup banyak sekali.

mahasiswa Kairo,pernah menentang Mentri Agama,Bapak
Agil,di karenakan mengurangi jatah temus,alasan pak
Agil ketika itu,katanya mahasiswa kairo,tidak
berakhlak.Tentu marah besar mahasiswa Kairo,karena
setahu mereka,mentri agama menyampaikan itu,karena
mahasiswa kairo,sangat kritis,dan sering mengkritik
pemerintah,terutama DEPAG,yang suka makan duit negara.

Salah satu contoh saja,seperti yang diterbitkan di
surat kabar antara,atau republika ( saya ngak ingat
),sebagian mahasiswa kairo mempertanyakan kemana duit
yang katanya,.misalkan saja jatah untuk Temus 100 real
perhari saat di ajukan ke DPR,atau APBN,ternyata
mereka terima 85 real.Dan ini diketahui oleh mahasiswa
kairo,tentu mereka mengkritik sikap tersebut," kemana
duit itu..?? "

Eh..jawab mereka duit itu untuk baju mereka.Lantas di
tanya lagi oleh mahasiswa,masak baju cuman dua pasang
harus di potong dengan gaji perhari sampai sebanyak
itu..?.Ini yang di pertanyakan mahasiswa Kairo,membuka
pengkorupsian yang di lakukan Depag,sehingga marahlah
ketika itu mentri agama,karena kedoknya terbuka.

Mahasiswa Kairo,sikap mereka sangat kritis
sekali,terutama terhadap pemerintahan,jangan heran
ketika Buk Mega datang,di kritik juga,pokoke,siapa
saja pejabat yang datang kalau ada pertemuan,siap-siap
saja untuk di kritik habis-habisan.( heheheh
),Mahasiswa kairo,saya lihat memang sedikit
kritis,tapi banyak yang malas juga,banyak yang suka
santai juga.

Untuk orang Mesirnya sendiri,saya lihat biasa-biasa
aja koq.Islamnya tidak terlalu eksrim,tidak pula
terlalu bebas.Gembor-gembor mendirikan syari'at Islam
itu hampir tak kedengaran oleh saya.Sebenarnya Syariat
Islam itu perlu pelaksanaan saja.Coba sajalah kita
nantikan gaungnya PKS,bagaimana kesudahannya.saya
do'akan semoga partai kali ini berhasil membangun
Indonesia yang sejati dan berbasiskan Islam.Amin yrbl.

Wassalam.Rahima.( 34 thn )

Protect your identity with Yahoo! Mail AddressGuard
http://antispam.yahoo.com/whatsnewfree