From: Rahima
Sent: Wednesday, December 10, 2003 1:52 AM
Subject: [surau] Re: RE:( 3 ) [RantauNet.Com] Seminggu Perjalanan ( 3 )

--- Zulharbi S <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Assalamu'alaikum wr.wb.
> Sato pulo ciek,
> Mambaco kisah bersambung Rahima, mengembalikan
> nostalgia kami sekeluarga ke
> Sungai Nil tahun 1970-an. Lapeh taragak jo Nil
> Al-Azraq wal Al-Akhdar.
> Memang benar pendapat adinda A. Rahim, bahwa sungai
> Nil itu alirannya
> terbalik (sungsang, kecek Minang) dari sungai-sungai
> lain di dunia.

Waalaikum salam da Zul sekeluarga.MOga-moga da Zul
sekeluarga sehat semua.

Nah..tuh kan benar suami saya da Fer,..( yang
mengoreksi tulisan saya sebelumnya  Uda bilang saya
salah tulis,ternyata apa yang saya tulis benar,dan
suami saya benar ).

Waktu itu saya mau mengabulkan permintaan bundo
Nismah,tentu tanya dulu sama suami,dimana letak dari
sudut Peta Aswan dan Luxor -Kairo itu.Suami bilang
Aswan terletak di Selatan,Luxor-Kairo Utara.Saya tanya
lagi ( maklum istri cerewet sih,tapi syukur ngak bodoh
kata suami saya,itu tandanya istri yang kritis ).

Koq air dari Selatan ke Utara ,bukankah utara itu
diatas selatan itu di bawah,masak air datang dari
bawah..?pokonya kala itu ngak masuk di akal saya. Uda
salah kali,..!! dengan keras hati saya merasa suami
saya salah,karena ganjil sekali bagi saya hal semacam
ini.

Demi untuk memberi penjelasan yang masuk di akal saya
terpaksa suami menyuruh ambil peta bumi,peta mesir dan
ambil jeruk sama bola,untuk menjelaskan,bahwa tidak
selamanya yang di utara itu dataran tanahnya
tinggi,bisa jadi di Selatan dataran tanahnya lebih
rendah,beliau perlihatkan dan jelaskan semua itu,baru
saya faham sebenar2 faham

( dan ini memang masuk di akal saya ,apalagi setelah
saya saksikan betul kapal di Isna yang sampai di
naikkan itu beberapa meter,karena air yang datang dari
Aswan tinggi,sementara kapal kami berada di tempat
yang rendah sekali ( baca kembali penjelasan saya
mengenai hal ini,sungguh suatu keajaiban dan
kemahakuasaan Allah terhadap alam ciptaannya )

Sama tatkala saya merasa heran,ternyata kapal untuk di
sungai berbeda dataran bawahnya dengan kapal yang
khusus untuk di laut.( Wah ini mak Darul tentu lebih
pintar lagi menjelaskannya ).maksud saya kapal untuk
laut di buat melekung di bawahnya,sementara kapal
khusus di sungai landasan bawahnya datar.

Saya tanya lagi suami saya kenapa bisa begitu.Ternyata
jawaban beliau juga masuk di akal saya.Saya menduga
kalau kapal yang sama-sama besarnya untuk laut dan
untuk sungai itu sama saja,karena sama-sama besarnya
kelihatan dari luarnya,tetapi kalau diperhatikan di
bawahnya,ternyata berbeda.Satu lekung,satunya lagi
datar.

Subhanallah suatu perjalanan yang benar2 membawa
manfaat bagi saya,serta menambah rasa sayang,cinta dan
kagum saya pada suami yang meskipun beliau orang
agama,ternyata pengetahuan
matematika,fhisika,alam,apalagi peta dunia,dan
pengetahuan tentang sikon dunia ,beliau sangat lihai
sekali,padahal beliau ini dari pesantren sejak
kecilnya ( tammat SD ),ngak ada sama sekali sekolah di
umum,kalah saya yang berasal dari SMP-SMA umum.

Lelaki itu memang diberikan oleh Allah kekuatan dan
kepintaran yang melebihi wanita ( terkadang ),mungkin
Allah menjodohkan saya dengan orang yang jauh lebih
tinggi ilmunya dari saya ini hikmahnya,itu sebabnya
pula saya selalu merasa bodoh dan rendah,meski sangat
keras hati mempertahankan pendapat saya dan sering
sekali kalau berdiskusi dengan mahasiswa Al Azhar
lainnya banyak juga mahasiswa itu yang mengakui
kemampuan saya,namun setiap mengingat pujian dari
mereka itu .

Termasuk yang memuji saya sendiri adalah Prof Quraish
Shihab di depan orang ramai memuji saya,namun tetap
saja saya merasa saya ngak ada apa-apanya,karena saya
selalu ingat,bahwa di atas saya masih ada yang lebih
pintar lagi,diatas langit masih ada langit,itu juga
lah sebabnya bagi saya pujian apapun tidak begitu
membuat saya bangga,malah justru merasa diri ini
semakin bodoh dan lemah.Apalagi di depan suami saya
sendiri,terasa sekali kelemahan saya.

Inilah
> keistimewaan sungai Nil. Kalau sungai-sungai kita di
> Indonesia  bermuara di
> Selatan, sungai Nil adalah kebalikannya yaitu
> bermuara di Utara
> (Iskandariah/Alexandria). Pernah menjadi pertanyaan
> dalam acara "Man
> sayarbah million...Who won to million di Channel TV
> MBC.

Subhanallah,semoga suatu keanehan ini menjadikan ilmu
bagi kita,juga cerita-cerita saya bermanfaat
adanya.Dan ini semua atas permintaan bundo Nismah
juga,yang ingin saya bercerita pengalaman saya di
Luxor Aswan itu .Mudah-mudahan saya bisa mengirim
fotonya,tp msh bingung gimana mengirim foto sebanyak
itu di komputer,karena foto2nya mungkin belum banyak
yang lihat.

> [...]
> masa 30 tahun lalu membuat saya dan istri merenung,
> kapankah bisa dapat
> kembali meminum air sungai Nil yang bening dan
> jernih? dapatkah kembali
> menulis di bangku tembok pinggiran Sungai Nil di
> Manial dan Raudhah atau
> dibawah Cairo Tower dan di Qanatir Khairiyah, atau
> juga menyaksikan tari
> khas Mesir sambil makan  burung dara di Kapal Pesiar
> di Giza. Juga memancing
> di pinggir Nil di Ma'adi atau bisa kembali duduk di
> Press Center dan
> mengudara lagi di Radio Cairo (buat Uni).Yaa

Da Zul,..bukankah kata orang,siapa yang pernah minum
air sungai Nil,InsyaAllah ia akan kembali lagi
meminumnya untuk kali yang lain.Kami menanti
kedatangan da Zul sekeluarga.

3 orang anak kami Razi, Ami dan Irfan
> lahir dipinggir Sungai
> Nil.. di Dokki, Giza, tidak jauh dari Pyramida.

Sekarang kamipun tinggal tidak jauh dari rumah da Zul
itu,dinda di tunjukkan da Rahim rumah da Zul
tersebut.Dan beliau cerita,kalau uni sangat dekat
sekali dengan da Rahim kala itu,bahkan anak-anak uni
dan da Zul,sering juga di jaga,dan di mainkan oleh da
Rahim,tatkala mereka kecil lagi.

Da rahim ini semasa mudanya ima lihat memang disenangi
orang.  Saya merasakannya setelah menikah,banyak
kenalan beliau,sering kirim makanan,hadiah dan lainnya
kekami di kairo,padahal jarak cukup jauh ,saya
tanya,koq sering di kirimin begitu,bagaimana hubungan
uda dengan mereka dulunya,beliau jawab,sudah seperti
saudara kandung sendiri,Keluarga Uni Ema di
Malaysia,keluarga uni Cun di Jeddah dan lainnya
itu,cukup banyak,termasuk uni sendiri,meski beliau
pendiam,tapi suka bercanda.

( masih ingat sebelum kami ada anak,Imalah lah yang di
jadikannya bahan kayak boneka,di mainkan dan di
candain tiap hari,persis kayak anak kecil,seperti
beliau memainkan anak-anak da Zul kali,hal ini
berlangsung sampai anak kedua lahir,barulah anak-anak
yang di mainkannya )

Syukurnya pula,ima termasuk wanita yang suka "
keromantisan "  dan suka di manjakan,serta memanjakan
dan menyayangi ketemu apa dengan apanya sih ini
istilahnya .Kalau ngak kan bisa jadi tegang.(
hehehe,..hidup tegang memang sgt menegangkan
suasana,enakan santai,tapi serius dan berarti dalam
hidup,semua ada pelajaran dan hikmah yang di ambil )

Ambo
> takana dulu wakatu
> meresmikan
> bendungan raksasa Sad El-Aly di Aswan, Bahr
> Al-Nasser (1975) meliput berita
> untuk LKBN Antara
> diundang dek Press Center, kami rombongan wartawan
> naik pesawat
> berbaling-baling 4 buatan Rusia.
> Alhamdulillah Ima, kami pun sudah melihat pula
> Bendungan Sad Al-Assad (Bahr
> Al-Assad) di Sungai Ephurat
> di Der Az-Zour, Syria utara, dekat perbatasan Turki.
> [...]

Oh yah,..hmmm...ada di Syurga,..bisa-bisa sungai
NIl,juga akan ada di syurga  kali yah,..habis
sungainya unik dan bersih sekali sih.kalau gitu kita
banyak-banyak aja beramal,agar merasakan syurga dan
nikmatnya bermain di sungai,nikmatnya bersama-sama
para Shalihin.

> Oh ya, Ima dan Rahim, kami lupa memberitahukan bahwa
> tahun ini (sudah di
> Cairo) ada 6 orang mahasiswa baru Al-Azhar alumni
> Sumatera Thawalib Parabek,
> Bukittinggi. Tolong dibantu ..ya, kami dengar Ulyadi
> masih di kampung, tapi
> belum bertemu. Thawalib Parabek berharap bahwa
> Ulyadi bisa mengikuti jejak
> adinda Rahima, demikian juga yang lainnya.
> Insya Allah Parabek tahun depan akan kirim lagi ke
> Cairo.

Oh yah da Zul,kemaren kita ada pertemuan dalam acara
perpisahan salah seorang diplomat KBRI yang berasal
dari Minang di KMM,dan memang banyak yang dari
Thawalib Parabek.Kalau dulu kita sangat dekat dengan
mahasiswa Minang,sering datang ke rumah,dan dinda dulu
sering masak,sehari bisa masak sampai 5 kali,kalau
mereka datang ,maklumlah mahasiswakan da Zul,kata
mereka jarang makan yang enak-enak,kalau sudah datang
ke rumah dinda seperti makan di lapau Padang ( hehehe,
).

Tapi sekarang rumah kami sangat jauh da Zul,dimana da
Rahim sangat-sangat sibuknya,pulang aja sering
malam,dan sering keluar kota ( pak Dubesnya aktif sih
) ,tentu da Zul tahu jarak antara Nasr City dan
Ghiza,semacam apa,jadi kami ketemu kalau ada acara,dan
mereka datang sesekali saja,karena jauh sekali.Tapi
kalau mereka datang minta bantuan,biasanya da Rahim
cepat membantu,da Zul tahu sendiri bagaimana sikap da
Rahim,suka dan cepat membantu orang.

> Wassalam dan salam buat adik-adik di Sungai Nil.

InsyaAllah di sampaikan.Dan kami sekeluarga juga
mengucapkan selamat atas terpilihnya da Zul sebagai
wakil  ketua Pesantren Thawalib Parabek ,moga-moga
semakin maju adanya,adek-adek puteri thawalib dulunya
pernah Ima bimbing belajar mereka di Kairo ,dan
tulisan da Zul sering muncul di media massa,kami
sangat senang dan bangga akan semua itu,meski di usia
tua,kita masih bisa berkiprah untuk kebaikan
masyarakat Sumbar kita yang kita cintai ini.

Mudah-mudahan Sumbar bisa semakin maju dengan
orang-orang yang benar-benar berpengalaman , pintar
dan beradab sopan dan santun, kuat agamanya ,dan
Tawadhuk selalu,ingat Allah selalu dimana saja .Do'a
kami dari jauh " SEMOGA SUMBAR SEMAKIN MAJU,HIDUP DAN
SELALU DI BAWAH NAUNGAN DAN HIDAYAH ALLAH SWT,TEGAK
PANJI-PANJI ISLAM DISANA,PENDIDIKAN,AKHLAK,AGAMA DAN
EKONOMI MENINGKAT DIMASA2 YAD. " Amin yrbl.

> Kullu 'aam antum bikhair...
> Uda Zul dan Uni Yus

Wassalam.Dinda RahimaRahim.

Kirim email ke