From: benni inayatullah <[EMAIL PROTECTED]>
To: RantauNet@googlegroups.com
Sent: Thursday, May 31, 2007 1:22:30 PM
Subject: [EMAIL PROTECTED] Re: Nation State?

  masak sih..bentuk nation state biang keterpurukan bangsa ini, bukankah amat
banyak contoh nation state yang berhasil memakmurkan masyarakatnya ? apa
masalahnya bukan state building ? kalau sudah membaca buku Fukuyama ttg state
building saya pikir pemikiran sedikit berkembang..

  sekedar ilustrasi PAD Sumbar lebih kurang 457 M sedangkan dana perimbangan
527 M, total pengeluaran 1 M lebih...masih mo merdeka ?

Ronal Chandra <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  Seandainya ada partai yang mengerti makna dari tulisan singkat "jabok" ini
mungkin tidak pernah ada golput dinegri ini.

Saya ingat kata2 Bang Adnan Buyung Nasution dalam suatu diskusi tentang NKRI
"Seandainya ada sekelompok atau segolongan orang yang masih mengatakan
pancasila adalah segalanya, uud 45 adalah harga mati, maka saat itu mereka
sedang menenggelamkan bangsanya sendiri" saya pikir ini lah cara logika
berpikir yang cerdas dalam berdemokrasi.

Kita tidak pernah tau rentang waktu yang akan dihadapi bangsa ini kedepan. Kita
tidak pernah tau apa yang akan terjadi pada dunia ini didepannya karena kita
baru bisa membuat prediksi.

Trus mereka mereka yang mengaku sebagai pendiri bangsa ini dan pihak pihak yang
merasa berkepentingan mengharuskan generasi mudanya nanti harus taat terhadap
pancasila dan uud 45 ? bukankan ini pemikiran gila ?

Tulisan Nation Satate dari sanak Mantari Sutan menurut saya sangat seksi dan
tulisan ini menjadi tidak seksi kalau hanya dibahas dengan kata2 (dengan
bersatu kita akan besar, penurunan kewibawaan dan yang lainnya).

Yang penting bagi bangsa ini menemukan jati dirinya dan mampu melindungi
masyarakatnya secepat dan sebaik mungkin, jangan ada lagi nostalgia dan
pembenaran terhadap hal hal yang salah.

Merdeka bangsa ini memang butuh alternatif!!!

Weih nal nal nal...wong dana DKP aja dari partai bener sampai gak bener
korupsi, apo lagi ngomongin NKRI. Iyah lah mari kita kembali ke Laptop.

Regards
Ronal Chandra

jabok <[EMAIL PROTECTED]> wrote:     sebenarnya jika bisa dilihat keabsolutan
penuh sampai tingkat mikro itu yang diperlukan...
  otonomi penuh... sampai kapan pun selama otonomi penuh, yang menjamin
kedaulatan setiap suku bangsa terpenuhi tidak ada yang bermasalah dengan ini...

  ironisnya, di indonesia ini yang tidak terwujud...

  pilihan indonesia sebenarnya banyak...

  sperti otonomi penuh, federasi, dsb bahkan yang terparah adalah nation
state... indonesia harus bubar dan setelah 1 abad menyatu kembali dengan nama
uni indonesia...

  yang diminta oleh masyarakat adalah kedaulatan atas dirinya, keluarganya,
hak2nya, termasuk hak tanah dsb... sejauh ini hak2 privilage itu yang
terabaikan... kalau otonomi penuh terjadi, dan pengkajian ulang terhadap pajak,
dimana harus dicari solusi pemasukan lain dari negara... baru kedaulatan itu
tercapai... sampai lingkaran setan itu tidak terpecahkan... ya kita 17
agustusan terus aja...

  pemasukan negara itu akan merosot drastis karena otonomi penuh, sedangkan SBI
di BI menumpuk dan pemerintah harus menanggung bunga setiap tahun... tapi yg
terjadi lebih kompleks dari itu... TNI, departemen, dll, parpol... apakah
berani berubah dan menanggung perubahan...

  wassalam,
  jabok

Arnoldison <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Sekedar membandingkan,

Seorang warga negara Korea yang notabene perekonomian
negaranya sudah maju mengatakan penyesalannya kenapa Korea
Selatan dan Korea Utara tidak bersatu sehingga menjadi sebuah
negara besar.

Uni Soviet, yang sekarang terpisah menjadi negara-negara kecil
mengalamai penurunan kewibawaannya dalam percaturan
internasional.

Bagaimanapun hebatnya perekonomian Singapura tapi tidak bisa
menjadi negara 'besar' karena penduduk yang sedikit dan
wilayah yang kecil.

Bersatunya negara-negara eropa dalam uni eropa, bidang
ekonomi, parlemen, dan akan mengarah dalam kesatuan pandangan
dan pencapaian politik, membuktikan bawa berhimpun
mendatangkan kekuatan yang lebih besar.

Tetap aktif (dirasakan perlunya) kerjasama regional bidang
ekonomi dan pertahanan.

Timor timur yang lepas dari NKRI ternyata tidak menjadi lebih
baik nasibnya sampai sekarang.

Wassalam

Arnoldison

Wednesday, May 30, 2007, 8:07:37 AM, you wrote:

MS> Jangan ragukan rasa kebangsaan Indonesia saya sampai umur 22
MS> tahun. Ketika mendengar ada propinsi yang hendak merdeka, hati
MS> saya sangatlah dongkol bukan kepalang. Bahkan ketika orang tua
MS> saya dicabut hak-haknya berkarir sebagai pegawai negeri sipil
MS> gara-gara isu tidak bersih lingkungan, rasa kebangsaan saya pun
MS> masih tinggi. Paman jauh saya, sejak tahun 70 sudah mengganti
MS> kewarganegaraan mereka sekeluarga. Ketika mereka pulang mudik di
MS> tahun 1993, hati saya masih marah betapa mereka dengan mudah
MS> mengganti kewarganegaraan.

--- delete --

  Ready for the edge of your seat? Check out tonight's top picks on Yahoo! TV.

  Now that's room service! Choose from over 150,000 hotels
in 45,000 destinations on Yahoo! Travel to find your fit

  Need a vacation? Get great deals to amazing places on Yahoo! Travel.

  Yahoo! oneSearch: Finally, mobile search that gives answers, not web links.