Sebenarnya konsep bangsa itu sendiri gak begitu jelas klo gak bisa dibilang
rancu..Frans Magnis sendiri mengatakan bangsa indonesia itu nggak ada, kecuali
kalau etnis/suku itu yang kita sebut bangsa.

Kalau kita mau menyebut indonesia ini bangsa mungkin yang bisa menyatukan
adalah kesamaan sejarah dan keinginan untuk bersatu. dan kalau definisi itu
cukup sebagai landasan maka kita sudah jadi sebuah bangsa..

tapi sekali lagi bagi saya negara ini sudah final tinggal bagaimana kita
membangun negara yang kuat. negara yang lingkupnya minimal tapi kuat. negara
yang kuat adalah negara yang menjamin keamanan rakyatnya, menegakkan hukum,
membebaskan dari kemiskinan dan mendidik generasinya.

tapi kalau indonesia menuju negara gagal, maka ide besar kawan2 untuk menuju
minangkabau merdeka harus dipertimbangkan. karena kita juga butuh jawaban
pertanyaan selanjutnya , Negara yang seperti apa sih yang pantas untuk
mendapatkan kesetiaan kita ?

selamat liburan panjang

Ben

Arnoldison <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Setahu  saya  negara nasional yang  berdasarkan  konsep etnis dan agama adalah
Israel dimana identitas bangsa Jahudi adalah mereka yang memeluk agama
Jahudi.

Dalam UU kewarganegaraan RI telah terjadi perubahan besar  bahwa
kewargaan negara tidak diukur lagi dengan garis keturunan tetapi
berdasarkan ketetapan hukum.

Seiring berjalannya waktu tampaknya akan terjadi lagi
perubahan-perubahan yang akan menipiskan perbedaan batas wilayah dan
bangsa.

Sehingga kalau bercita-cita membuat suatu nation state berdasarkan
etnis maka artinya kita akan mundur kebelakang.

Arnoldison

Thursday, May 31, 2007, 12:58:22 AM, you wrote:

> [...]

MS> ini.  Niat  saya  hanya  ingin  membangun  kesadaran tentang state
MS> nation  minangkabau, jawa, papua, banjar dst. Bukan hendak menjadi
MS> pemimpin  salah  satu  negara itu kelak. Saya tahu diri kok dengan
MS> apa yang saya punya.

MS> Mungkin  kita  mulai  sama-sama merenung. Melihat diri kita, orang
MS> dari  suku  bangsa  lain.  Lalu  kita  lihat  pula  negara bernama
MS> Indonesia ini. Apakah kita memang sudah ada identitas baru sebagai
MS> bangsa Indonesia. Apakah ke depan masih ada harapan menjadi sebuah
MS> nation state yang solid? Ataukah kita kembali buying time lagi.

sendiri...maukua badan jo bayang bayang..kalau sudha begitu maka akan timbul
rasa rendah hati dan kemauan untuk belajar.
MS> Kalau mau menlai sesuatu maka pelajarilah sesuatu itu terlebih dahulu,
setelah paham dan mengerti barulah proses berfikir dimulai..

MS> kalau anda berkenan ceritakanlah sikit2 mengenai kemenangan india dan
pakistan itu..

--
Best regards,
 Arnoldison                            mailto:[EMAIL PROTECTED]