anda layak membacanya. jarang ada buku bermutu yang memicu adrenalin, tetapi
bukan seputar sex. buka saja http://rahasia-meede.blogspot.com/. aku
memberikan komentar atas buku itu:

"Sesuatu yang hanya jadi fakta sejarah sebuah bangsa, akan tampak seperti
huruf, angka dan peristiwa yang mati. Tanpa makna. Tak bergerak. Membutakan
mata. Menghidupkan kembali fakta itu lewat imajinasi yang disusun rapi dan
sistematis diiringi gairah dan pesona, serta kejutan adalah bagian dari
upaya memperlambat kematian sebuah bangsa. E.S. ITO si peneruka hulu sejarah
dan laju zaman, telah mencatatkan diri sebagai novelis tambo modern republik
Indonesia, justru ketika elite bangsa ini sibuk dengan kepikunan kolektif:
berputar-berputar pada kekinian dan kedisinian..."

itu kukirim via sms, sebelum aku menyelesaikan membaca buku. dalam
perjalanan ke Papua, aku memutuskan hanya membaca satu buku itu, agar aku
tuntas membacanya. karena ketebalannya, justru aku menamatkan membacanya
setelah pulang dari Papua, sebelum tidur. aku berangkat ke Papua Senin
(20/8) dan sampai kembali di Jakarta Rabu (22/8). memang singkat, mengingat
materi gugatanku harus segera masuk ke pengadilan.

Selengkapnya di:

http://indrapiliang.wordpress.com/

Website: http://www.rantaunet.org