Assalamualaikum wr wb,

Apa yang disampaikan Da Arnold adalah inti sebenarnya kaji.  Bahwa kita tak
boleh patah arang dalam berbuat.  Apalagi kalau hanya patah semangat dengan
sebuah upaya "tubo".

Bob Sadino pernah mengatakan, kalau hanya 5 kali anda pernah jatuh lalu anda
putuskan untuk tak  mau berusaha lagi.  Anda belum akan bisa menjadi seorang
wirausaha sejati.  Intinya adalah usaha terus.  Kawan saya yang punya usaha
agribisnis di kampung pernah mengatakan, sebelum ia memulai usaha ia sudah
memprediksikan skenario terburuk yang mungkin terjadi.  Dan fakta di lapangan,
kejadian terburuk yang ia alami beberapa kali lebih buruk dari yang
diprediksikan.  Satu kata kunci adalah
 jangan menyerah.

Kembali ke cerita berusaha di kampung, memang kita harus segera memulai.  Skala
kecil saja, membantu dunsanak kita saparuik, sapasukuan syukur-syukur bisa
sanagari.

Mudah-mudahan ini bukan sebagai sebuah upaya riya.  Sejak mulai bekerja di
tahun 2001, saya dan seorang kawan senagari telah berkomitmen tentang angka
2.5% pendapatan untuk membantu keluarga di kampung.  Alhamdulillah, usahanya
sudah berkembang baik.  Sudah menjadi belasan ekor sapi dan dua bidang sawah
hasil jemputan, karena dulunya sempat digadaikan inyiak-inyiak kami.

O..iya sebelum menutup email ini, saya hendak menyampaikan titipan pesan kawan
saya.  Kalau ada dunsanak yang memiliki kelebihan rezeki atau memiliki
buku-buku layak baca.  Mungkin bisa disalurkan melalui kawan saya ini.  Silakan
saya dijapri, nanti akan saya pertemukan dengan kawan saya tersebut lewat email
atau lewat hubungan telepon.  Buku-buku ini akan disalurkan ke nagari-nagari
"marginal" di sumatera barat.

Pesan dari saya tetap.  Mohon Kumpulan Minang Watch dibantu, biar kita bisa
mengawal indahnya cita-cita dan angan-angan organisasi minang perantauan.  Juga
ada bantuan pembiayaan skripsi S1 dari Kumpulan Minang Watch bagi para
mahasiswa semester akhir yang tertarik meneliti dinamika organisasi dan orang
minang perantauan.

Wassalam

Mantari Sutan
Komisi Propaganda