Salam hormat kakito sadonyo nan ado ado di millis ko
Sabannyo ambo maleh sato-sato jo masalah nan remeh temeh ko, tapi dek tagalitik
juo ambo mancaliak kurenah kawan ko, makonyo sato pulo ambo sakaki.
Kini baitu sajolah, kok ado nan kabaranti dari millis ko atau ka tiarap, atau
ka manilantang atau ka mahereng, katagak, kabalari, atau kamanga sajo, biakan
selah, salamo mereka indak manggaduah komunikasi dan mangacaukan informasi
dalam millis ko padiakan selah, indak usah ditanggapi, mahabih-habih kan enegi
sajo.
 Salam
Radjo Alam

Mantari Sutan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
 Bermaksud mengomentari kongres pertama Jong Sumatranen-Bond di Padang ketika
itu. Tanggal 18 Agustus 1919, Surat Kabar Oeotoesan Malajoe dala editorialnya
menulis harapannya agar Residen Belanda yang baru diangkat menghentikan ulah
("gedoe") Kaoem Moeda dan anak-anak sekolah Jong Sumatranenbond yang
berani-beraninya menyelenggarakan suatu kongres; membicarakan masalah-masalah
politik yang mereka belum fahami; dan menghasut orang agar benci pada
orang-orang Belanda dan orang-orang lain yang mempertahankan orang Belanda.

"You know recently a lot of the past administrations said it's unpatriotic to
question the government. You know if it was unpatriotic to question the
government, we'd still be English.", Tom Dobbs, karakter yang dimainkan Robin
Williams dalam Man of The Year.

Kutipan yang pertama untuk mencoba memberi gambaran Tanah Padang dan Surat
kabar terbesar di masa itu menyikapi anak-anak muda yang mencoba mengedepankan
rasa solidaritas se sumatera.
Kutipan yang kedua baru saja saya dapatkan ketika menonton film Man of The Year
di sebuah jaringan TV berbayar.  Inilah kutipan dari film tersebut yang paling
saya ingat selain soal pensil dan biaya penelitian NASA tentang alat tulis.
Benang merah keduanya, adalah tentang sebuah semangat perubahan dan perjuangan
untuk itu.

Hari ini saya ceting dengan salah seorang admin rantaunet.  Saya dan beliau
pernah bertemu beberapa kali.  Tersirat dari percakapan kami, kekhawatiran
beliau tentang masa depan RN.  Tentang kagalauan beliau rantaunet akan
ditinggalkan pelan-pelan oleh para  anggotanya.  Ia juga meminta saya merujuk
sebuah nama yang sangat elegan dalam melawan arus di rantaunet.  Seperti biasa
kami bercakap-cakap, saya mencoba mengcounter perkataan beliau.  Dan memberi
penjelasan dari sudut pandang saya.  Dan percakapan berakhir tanpa sebuah titik
temu kesepakatan untuk menjadi sama.

Lalu saya berpikir, mungkin KMW belum terlalu seksi dilempar di rantaunet.  KMW
akan membuat banyak orang "baganyi" di rantaunet.  Bisa jadi memang media
rantaunet bukan tempat yang cocok bagi KMW menyampaikan suaranya.  KMW ibarat
seorang orang kampung, yang berkoar-koar soal kebersihan pasar dan jalan raya
di tengah kelompok yang sedang berkumpul merencanakan banda aia yang akan
ditimbo.  "Siapa loe?", kira-kira begitu yang akan terlontar dari mulut mereka.
 Makanya saya bisa menerima perlakuan dimoderasinya postingan saya dalam
beberapa hari terakhir.  Untungnya, semangat posting lagi  menurun pula.
Taunya hanya ketika postingan sebelum ini menjadi lambat munculnya.

Kembali saya berpikir dan merenung, saya tidak hendak menjadi tokoh sejarah di
rantaunet apalagi di etnis minangkabau.  Siapa lah saya ini.  Bapak bukan
siapa-siapa, mamak juga bukan disembah urang pula.  Saya hanya berharap, bisa
menjadi salah seorang yang mengaduk sungai.  Agar si pendulang bisa memisahkan
mas dan pasir kelak.  Mimpi saya hanyalah menjadi sebuah paku kecil.  Yang
memaku dinding triplek di belakang furniture knock down.  Paling gampang
memasang dan melepasnya.

Anyway, karena memang mencinta perubahan dan sedikit kegenitan pemikiran
mengenai minagkabau.  Saya akan tetap membesarkan komisi saya di KMW.  Tapi tak
lagi saya suarakan di rantaunet.  Saya akan tiarap di sini.  Biar lebih baik
untuk kita semua.  Kita bahas hal yang indah-indah saja disini.  Walaupun bagi
saya, masih menjadi sebuah ignorance sementara pada sebuah masalah.  Tapi tidak
apa-apalah, diblog masih bisa saya bersuara.  Sekali-kali sigilah
http://ubgb.blogspot.com/ atau http://kumpulanminangwatch.wordpress.com/
"ilik-ilik" masih akan saya cari disana..;)

Wassalam

Mantari Sutan/29 tahun
08128785506

PS: mudah2an selama tiarap ini, lambat baru munculnya sebuah situasi yang bisa
membuat saya berdiri lengkap dengan senjata.  Apalagi sampai kalap membabi
buta. hehehe....

Be a better friend, newshound, and  know-it-all with Yahoo! Mobile.  Try it now.

Never miss a thing.   Make Yahoo your homepage.

Looking for last minute shopping deals?  Find them fast with Yahoo! Search.
Website: http://www.rantaunet.org
- Mematuhi Peraturan Palanta RantauNet, lihat di
menyampaikan komitmen akan mematuhi Peraturan yang berlaku.
jalur pribadi.