Karena dilewakan di Palanta, sebagai orang luar Marapalam, saya ingin
sharing sedikit pengalaman kecil saya.

Sebuah organisasi harus disusun berdasarkan arahan dan aturan (misi,visi,
statuta, struktur organisasi,  pembagian tugas dll), tetapi nyawanya adalah
'trust'. Hal ini terutama sangat penting pada OMS atau organisasi-organisasi
nirlaba.

Bahkan di kalangan orang-orang Tionghoa sering terjadi pinjam-meminjam uang
dalam jumlah besar yang hanya berdasarkan saling percaya  (tanpa tanda
terima). Ini hanya sekedar perbandingan, tidak untuk ditiru.

Sekali lagi, sebagai orang luar,  saya  melihat pengurus baru Marapalam ini
sangat bagus, terdiri dari orang-orang yang kapabel, mempunyai minat, dapat
meluangkan waktu, bisa berkoordinasi, bisa dipercaya (mustahi akan melakukan
hal-hal yang tidak terpuji) dan-yang sangat penting-ramping.

Karena itu saya langsung memberi applaus, karena struktur yang ramping ini
sangat penting agar organisasi lincah bergerak dan pengambilan keputusan
cepat dilakukan.

Kalau masih mau ditambah lagi dengan dewan ini atau dewan itu, sebaiknya
total tidak lebih dari tiga orang

Keinginan  menjadi badan hukum memang sangat baik dan perlu, dan salah satu
persyaratannya adanya statuta. Saran saya, tetap menggunakan prinsip
minimalis (singkat, padat, memuat yang pokok-pokok saja yang harus ada).

Dan formalitas-formalitas yang tidak perlu, seperti perlunya persetujuan
pihak ini dan pihak itu, yang dapat merombak lagi pengurus yang sudah padu
dan ramping ini  menurut saya yang daif ini tidak akan memberikan manfaat
apa-apa.

Wallahualam bissawab

Sekian dan mohon maaf atas kelancangan saya ini.

Wassalam, HDB St Bandaro Kayo (L, 69),
asal Padangpanjang, tinggal di Depok

======

--- In rantau...@yahoogroups.com, resy_2000@... wrote:

> Wa'alaikumsalam pak Asmun,

> Sabalun email bapak ko ambo sacaro pribadi la manyarankan ka ketua,mamak
aslim bahwa dana yg masih tersisa (laporan terakhir pak AI) belum bisa reni
ambil alih dikarnakan :

> 1. Pengurusan dahulu hendaknyo mambuek laporan keuangan salamo 2 thn ko
utk manghindari komflik dgn sesama, sehingga laporan selanjutnya akan lebih
transfaran ( sambia manyusun rancangan sop keuangan hal iko la ambo sarankan
utk segera manyusun dan mangupuan data2 tsb )

> 2. Reni tak akan mengunakan rekening pribadi, makanya waktu pak AI
menanyakan nomor rekening reni tak menjawab karna reni sudah menyarankan
kepada ketum dan sekjend dll utk segera mengurusi legalitas sehingga bisa
membuat rek tersendiri atas nama lembaga ini

 > Saitu see dulu pak,

> Kebetulan ambo sadang dikaja2 pulo tugas kantou dan badan dalam keadaan
kurang sehai yo cuma saran2 sacaro babisiak see yg bisa ambo karajoan,
tarimo kasih ateh saran2 apak..

> Wassalam

> Renny.Petamburan

> Sent from my BlackBerryR smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
Teruuusss...!

Armen Zulkarnainemeneschoobie@...

Mahyuddin<hilman.mahyuddin@...>; Dutamardin<ajoduta@...>; Darwin
Chalidi<dchalidi@...>; Aslim Nurhasan Sutan Satie
Parambahan<aslimnurhasan@...>; Afrijon Ponggok<aafrijon@...>; Rahyus
Salim<rahyussalim2007@...>; Reni Sisri Yanti Gurun Sungai
Tarab<resy_2000@...>; M.C. Baridjambek<bess-co@...>; Abraham
Ilyasabrahamilyas@...

> Subject: [R@ntau-Net] Kepengurusan LPM Marapalam

> Aww. Inisiator-Para Mantan Pengurus-Stake Holder Mnangkabau dan Palanta
nan kami hormati.

> aaa) Alhamdulillah wa Syukurillah, dengan telah tersusunnya Kepengurusan
(baru) "LPM Marapalam" dan sesuai dengan permintaan pengunduran diri
beberapa pengurus "LPM Marapalam" yang lalu khususnya tentang Bendahara Umum
(Bendum) kironyo kalau bulieh diusulkan Ddn. Reni dapeik segera membuka
Rekening Bank atas nama "LPM MArapalam" supayo peralihan kepemimpinan dari
Ddn. AI kepada Ddn Reni bisa langsung "Legal" tidak lagi takaiek jo masalah2
pribadi (Rekening Pribadi) yang dengan demikian kito juo alah berusaha
menghindarkan diri dari "kepentingan personal". Nan ado  adolah "kepentingan
organisasi" LPM Marapalam;

> bbb) Kami sangeik mengharapkan (Sebagai usul, samo sekali indak ingin
menggurui) kironyo  Dewan Pengurus (baru) LPM Marapalam dapeik disyahkan
oleh Rapeik Pleno Inisiator dan Stake Holder Minangkabau sarato untuk itu
diterbitkan Surat Keputusannyo nan salanjuiknyo dapeik ditaruihkan ke
Notaris untuk disyahkan dalam Akte Pendirian "LPM MArapalam". Tantunyo
masalah2 administratif dan lain sebagainya dapeik dipersiapkan dengan
sebaik2nyo oleh Dewan Pengurus ybs. Dimano mungkin masing2 anggota Dewan
Pengurus membuat Surat Pernyataan akan melaksanakan tugas dan fungsi masing2
sesuai dengan Amanah AD/ART LPM Marapalam sarato Stake Holder Minangkabau ;

> ccc) Laporan (tertulis) Pertanggung-jawaban kegiatan nan salamo iko alah
dikarajolkan atas nama "LPM Marapalam" paralu dibuekkan (tamasuek Pending
matters) sebagai landasan bakarajo  bagi Dewan Pengurus (baru) LPM Marapalam
untuk maso tigo (3) atau limo (5) tahun kamuko nan segala sesuatunya
disesuaikan dengan apa yang tercantum dalam AD/ART LPM MArapalam.

> ddd) Rencana Karajo Dewan PEngurus LPM MArapalam untuk maso misalnyo
Jangka Pendek (1th), Jangka Menengah (3th) dan Jangka Panjang (5th) sarato
"Job description" paralu dibuekkan sedemikian rupo untuk dilewakan ke
Inisiator-Stake Holder Minangkabau untuk dijadikan patokan atau sebagai
bahan diskusi tanpa mengurangi kegiatan2 nan alah dan sadang berjalan;

> Demikian sekedar himbauan dan saran jo pandapeik kami, semoga ado
manfaatnnyo untuk keberhasilan "LPM MArapalam" kedepan. Talabieh takurangnyo
mohonkan maaf,