Aa sata saya sakaki.

Saya tidak punya kamus bahasa Minang. Tetapi menurut hemat saya, yang baku
adalah 'ubah' bukan 'rubah'.

Bentuk baku dalam bahasa Indonesia adalah 'ubah'. Kita tahu bahasa Indonesia
berasal dari bahasa Melayu, dan bahasa Minang sangat dekat dengan bahasa
Melayu.

Upiek rambahlah paku
Nak tarang jalan ka parak
Upiek ubah lah laku
Nak sayang urang ka awak

Rubah atau robah adalah ejaan yang lazim digunakan oleh etnis orang rumah
saya.

"Kok nggak robah-robah sih," ujar si Uni Sunda itu suatu ketika menegur
anaknya, eh salah, anak saya :).

Tentu saja boleh jadi saya salah.

Sangenek :)

Wassalam, HDB-SBK (L, 69)

===

Re: Bls: [R@ntau-Net] MARI KITA ROBAH SIKAP BATIN KITA. PESAN MN DI
Thu Aug 23, 2012 9:14 pm (PDT) . Posted by:

"AnwarDjambak"

Kanda Zultan,

Mungkin dek milis palanta awakko dek baminang-minang makonyo baliau tu
manggunokan kata 'robah' (rubah-bhs Minang-red)

Sangenek,

Alhaqirwalfaqir-AnwarDjambak44-, kamanakan Dt. Rajo Malano (Maulana)
Pyk-Mudiak,,KL,
"Maminteh Sabalun Hanyuik!"
Sent from BlackBerryR smartphone powered by U Mobile