Mak DB dan Mak MM nan ambo hormati,
karena pembicaraan mamak berdua sudah menyebut pula tentang AKKBB (Aliansi
Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan), izinkan saya memasuki
diskusi ini karena saya ikut sebagai salah seorang penandatangan, baik yang
ditampilkan dalam iklan koran maupun versi online.

Adalah betul Taufik Abdullah (pakai "k", nan pakai "q" adalah Taufiq Ismail,
namun TI tak ikut menandatangani petisi) dan sanak IJP juga sebagai
penandatangan. Bahkan tokoh-tokoh dua ormas terbesar, NU Dan Muhammadiyah, juga
ikut menandatangani dalam kapasitas pribadi masing-masing. Mereka a.l. Buya
Syafii Ma'arif, Amien Rais, Gus Dur, dan Gus Mus. Daftar lengkap nama 289
penandatangan AKKBB bisa dicari dengan mudah di internet. Mungkin inilah yang
menyebabkan mengapa AKKBB menjadi kontroversial, dan tak sedikit yang menyebut
sebagai antek Zionis. Na'udzubillahi min dzalik.

Baik diingat kembali pemantik munculnya AKKBB (Mei 2008)  waktu itu adalah
terjadinya penyerangan terhadap kelompok Ahmadiyah di Parung. Para
penandatangan merasa bahwa terlepas dari hak untuk menganggap sebuah kelompok
itu sesat, namun tak ada hak bagi kelompok lain untuk mengambil tindakan fisik
(melakukan penyerangan, dsb) karena itu adalah tugas aparat negara (polisi)
berdasarkan konstitusi.

Lain halnya jika kelompok yang dianggap sesat itu melakukan aksi  makar
terhadap negara (coup d'état), seperti pada kejadian tahun '65 yang dilakukan
PKI dan mendapat kontra tindakan dari berbagai elemen Islam pada waktu itu,
khususnya NU yang sangat aktif memberantas orang-orang yang terindikasi di
Pulau Jawa.

Pengalaman saya sendiri, sekitar 2-3 bulan sebelum AKKBB muncul, saya baru
kembali dari Pakistan setelah melakukan liputan panjang pasca-pembunuhan
Benazir Bhutto (Des 2007) sampai pemilu Februari 2008, sebagai wartawan
internasional pemantau pemilu yang diakreditasi Pemerintah Pakistan.

Sebelum berangkat, di kedubes Pakistan di Jakarta saya mendapat arahan (bersama
2 jurnalis lain dari RCTI dan Jawa Pos) agar tidak melakukan liputan dan
perjalanan ke Northwest Frontier (perbatasan dengan Afghanistan yang ditengarai
sebagai markas Taliban) dan "larangan halus" untuk tak masuk juga ke markas
Ahmadiyah.

Di Pakistan, saya keliling Karachi, Islamabad, Rawalpindi, dan Lahore. Saya
mendapat banyak kisah tentang betapa ketatnya Pemerintah Pakistan mengawasi
Ahmadiyah, a.l. orang Ahmadiyah yang mengucapkan salam Islam secara lengkap
kepada non-Ahmadi, jika ketahuan aparat, maka orang Ahmadiyah itu bisa
ditangkap.

Saat di Lahore, naluri kewartawanan saya meronta ingin melihat bagaimana
Ahmadiyah Lahore sebenarnya. Tapi komunitas mereka jauh dari pusat kota. Salah
satu yang ingin saya lihat adalah makam Dr. Abdus Salam, pakar fisika yang
mendapat hadiah Nobel Fisika tahun 1979. Tahun 1979 itu saya kelas 5 SD
Muhammadiyah Tebet Timur, Jakarta Selatan. Saya dan para murid bersorak
kegirangan ketika mendengar, sesuai dengan kabar TVRI waktu itu, bahwa seorang
ILMUWAN MUSLIM mendapatkan hadiah Nobel yang bergengsi. Saat itu saya kira
cukup banyak muslim lain di seluruh dunia yang mendadak besar lubang hidungnya
karena pemberitaan seorang "Ilmuwan Muslim Mandapatkan Nobel Fisika" itu.

Guru kami, selama berhari-hari, menjadikan kabar kemenangan Dr. Abdus Salam
sebagai suntikan motif agar lebih ulet belajar. Tentu tanpa guru kami, Pak
Engkos Kosasih namanya, saat itu tahu bahwa Sang Nobelis adalah seorang Ahmadi.

Menjelang akhir SMP, ada satu ungkapan Dr. Abdus Salam yang saya sukai. "Jika
orang India dan Pakistan bertemu, mereka akan saling bacok kepala. Tetapi jika
dua-duanya ahli fisika, mereka akan langsung bicara dengan akrab."

Belakangan, saat saya di SMA dan mulai ikut pengajian-pengajian tadabbur "mode
baru" yang disebut 'usroh, lalu setelah terjadi Peristiwa Priok 1984 pengajian
kami disebut 'aaly karena sebutan 'usroh "sudah dipantau aparat," menurut para
kakak pengajar. (Saya di SMA 8 Jakarta, Taman Bukit Duri, yang merupakan salah
satu kawasan pengajian teraktif saat itu, dengan para dai muda seperti Ust.
Tony Ardhie, dan lain-lain nama yang kelak menjadi inisiator dan think tank
PK/PKS). Saat itu belum ada istilah halaqah, liqo', murabbi, dll yang muncul
belakangan di dunia aktivis pengajian.

Baru pada saat itulah saya mendengar kabar bahwa Islamnya Dr. Salam itu
berbeda. Berbeda dari apa yang dianut Sayyid Quthb, Sayyid Hawa', Imam Hasan
Al-Banna dan lain-lain intelektual Islam yang buku-buku mereka merupakan bahan
utama pengajian di era awal 80-an itu

Begitu berbedanya Islam Dr. Salam, sehingga pada nisannya di Jhang, dusun
kelahirannya di wilayah Lahore, tercantum tulisan tak lazim: FIRST ____ NOBEL
LAUREATE. Tak ada kata MUSLIM, yang harus dihilangkan tersebab perintah
Pengadilan Pakistan. Itu sebabnya saya ingin melihat langsung dengan mata
kepala sendiri.

Meski terlihat dan terdengar ganjil adanya nisan seperti itu, namun esensinya
dari tak adanya kata MUSLIM pada nisan itu adalah adanya intervensi negara
(melalui pengadilan), bukan akibat perbuatan langsung kelompok non-Ahmadi yang
tak suka dengan keberadaan Dr. Abdus Salam (Kendati dalam perspektif politik,
kelompok-kelompok non-Ahmadi bisa menjadi "pressure group" bagi Pemerintah
Pakistan, yang melalui keputusan pengadilan, akhirnya mengambil keputusan
penghapusan kata MUSLIM dari nisan tersebut).

Menurut saya, dalam konteks kehidupan bernegara, apa yang dilakukan Pemerintah
Pakistan masih bisa diterima. Jika itu sebuah keputusan yang benar, maka benar
dan adil lah Pemerintah Pakistan sebagai umaro. Jika keputusan penghapusan kata
Muslim itu keliru, maka tanggung jawab akan berada di pundak Pemerintah
Pakistan sendiri.

Dengan logika seperti itulah maka ketika saya ditawari untuk menandatangani
petisi AKKBB, saya bersedia. Saya tak tahu siapa penandatangan lainnya secara
lengkap, kecuali setelah petisi itu muncul sebagai iklan di harian Kompas
dengan begitu beragamnya latar belakang penandatangan petisi.

Wassalam,

Akmal Nasery Basral
Cibubur