Hahaha.. Bacaan menarik di pagi hari. Terima kasih kanda ZulTan atas
kreatifitas yang unik, dan kanda "Revolusi Man" a.k.a. Reflus yang sigap
menjawab. Benar-benar menyenangkan melihat matematikawan dan ekonom Palanta RN
sudah membincangkan sastra di pagi hari.

Kalau keinginan saya pribadi, sebetulnya saya ingin Kanda ZulTan ikut menulis
cerpen dalam antologi "Ranah" juga (kanda Reflus sudah ikut lewat kisah pacu
kuda yang seru), supaya makin berwarna kisah di dalamnya nanti. Sebab, bukankah
antara matematika dan sastra sebetulnya hubungannya sangat dekat? Jauh lebih
dekat daripada yang dibayangkan orang, bahwa seakan-akan keduanya berada di dua
dunia yang berbeda. Sebetulnya ini justru anggapan yang sesat dan menyesatkan.
:)

Sofia Kovalevskaya (pencipta teorema Cauchy-Kovalevsky yang sohor itu) pernah
berujar, "Mustahil bisa menjadi matematikawan sejati tanpa memiliki jiwa
seorang penyair (It is impossible to be a mathematician without being a poet in
soul." Dan kita tahu, Nyonya Kovalevskaya adalah "matematikawati" (perempuan
pertama yang mendapat pendidikan formal matematika serta gelar PhD di Eropa).

Lebih dahsyat lagi kalau kita percaya pernyataan Karl Weierstrass, mentor
Sofia, yang bilang bahwa "Sejatinya seorang ahli matematika yang tidak
mempunyai jiwa penyair bukanlah seorang pecinta matematika yang paripurna (it
is true that a mathematician who is also not something of a poet, will never be
a perfect mathematician)"

"Poet" dalam teks Sofia dan Karl bukan hanya menyangkut profesi penyair per se,
melainkan dalam konteks lebih luas sebagai sastrawan, minimal, pecinta sastra.
Karena dalam kenyataannya, Nobel Sastra pernah didapatkan DUA KALI oleh
Profesor Matematika, yakni Jose Echegara y (Spanyol, 1904) dan Bertrand Russell
(Inggris, 1950).

Dalam Islam, kekariban matematika-sastra terwujud lewat kerja Omar Khayyam.
Kerja sastrawinya yang monumental adalah "Rubaiyyat". Sebagai ahli geometri,
Khayyam tercatat sebagai pengoreksi postulat Euklid.

Dalam budaya populer di milenium baru, kedekatan sastra-matematika menemukan
momentumnya lewat novel Sylvia Nasar "A Beautiful Mind" yang berkisah tentang
Nobelis John Forbes Nash Jr, pakar geometri diferensial, yang menjadi
best-seller. Setelah diangkat ke film menjadi biopic dengan judul sama (Sosok
Nash dimainkan dengan gemilang oleh aktor Russell Crowe), kesuksesannya kian
menjadi-jadi.

Yang menarik dilihat adalah bahwa Sylvia Nasar, sang novelis, sebetulnya adalah
seorang ekonom dan matematikawan, by profession, bukan "sastrawan profesional"
sebelum novelnya terbit. Ya kira-kira seperti profesi kanda ZulTan dan kanda
Reflus digabunglah.

Lebih jauh, lesson learned dari "A Beautiful Mind" dan pendapat-pendapat Puan
Kovalevskaya dan Tuan Weierstrass, khususnya bagi saya, adalah siapa pun bisa
menulis karya sastra. SIAPA PUN. Bahkan keragaman latar belakang itu yang bisa
memperkuat isi.

Ngomong-ngomong, apakah kanda ZulTan mengikuti kontroversi debat Sylvia Nasar
vs Shing-Tung Yau, profesor matematika yang terkenal sebagai penulis
puisi-puisi Cina kontemporer, yang kini menghebohkan jagad matematika dunia
karena menyangkut usaha Grigory Perelman memecahkan salah satu teka-teka klasik
matematika dalam Millenium Prize Problems?
Mungkin butuh seorang pakar matematika lain untuk menuliskan ke dalam bentuk
novel tentang geger MPP ini.

Salam,

Akmal N. Basral
Cibubur