Bovenlanden = Highlands
Binnenlanden = Inlands

Penamaan berdasarkan kondisi topografi ini mirip dengan konsep dalam bahasa
Inggris "up town" dan "down town". Menurut saya tidak masalah, meski (mungkin)
saja pemerintah kolonial dulu memaksudkannya untuk menghilangkan/mengaburkan
jatidiri Minangkabau seperti sinyalemen Pak Wannofri. Tapi seperti orang
Prancis bilang, "C'est passé". Itu sudah berlalu.

Yang menjadi masalah adalah jika bagi orang Minang yang hidup SEKARANG, tak ada
upaya memperbaiki pengetahuan pengertian "Padang" dan "Minangkabau" itu, bahkan
dari level praxis sesederhana sebutan "Restoran Padang" dan bukan Restoran
Minang. Karena pada level "Restoran Padang", seharusnya ada "Restoran
Bukittinggi", "Restoran Sawahlunto" yang nyatanya justru tak pernah ada dalam
percakapan kolokial.

Tapi kalau orang Minang (terutama yang lahir dan besar di Minang) merasa
"fine-fine" saja dengan kesalahkaprahan seperti ini, then so be it. Masak
"anak-anak muda" seperti saya yang lahir dan besar di rantau yang mau repot,
lha wong yang "100% Minang" oke-oke saja dengan "hil yang mustahal" yang tak
pernah terjadi pada masyarakat Sunda seperti saya bilang sebelumnya.

Artinya dari sisi ketuntasan penamaan diri, status Rang Minang sekarang masih
"di bawah" orang Sunda, hehehe ... *lempar petasan pagi-pagi ah* :)

Mungkin Pak Wannofri sebagai Direktur Pusat Studi Sejarah (?) Unand bisa
menjelaskan lebih jauh mengapa sampai ada "pembiaran" seperti itu dari etnis
Minang terhadap kesalahkaprahan ini? (di luar penjelasan ini "warisan" Belanda).

Salam,

Akmal N. Basral

Sent from my iPad