Mak MM***, kanda Jepe,
meski sekilas takok-taki, "coding-decoding" ko ado unsur playful (kurang
cocok diterjemahkan "main-main" karena "main-main" kesannya asal-asalan,
sedangkan ini "main-main yang agak kreatif"), sebenarnya isi thread ini
dari kemarin adalah panduan untuk menulis kisah thriller/misteri, dari satu
stimulus bernama "Sumohadi".

Coba lihat plottingnya: dari awal tanda-tanda ("MacGuffin") diarahkan pada
satu orang tertentu, dan ketika kesimpulan hampir diambil audiens bahwa X
adalah "Sumohadi", muncul sebuah twist ending, berupa petunjuk kecil yang
mementahkan keseluruhan konstruksi awal. Eh ternyata bukan X yang dimaksud
sebagai "Sumohadi" melainkan Y. Dari mana munculnya kesimpulan final ini?
Simpel saja: karena "Sumohadi" adalah nama spesifik etnis tertentu (Jawa)
yang lebih cocok untuk Y dibandingkan untuk X yang semula (hampir) diyakini
sebagai sosok "Sumohadi".

Pola ini yang diterapkan Agatha Christie, Alfred Hitchcock dan lain-lain
penulis genre misteri/detektif/thriller, di mana fungsi "MacGuffin" ini
memegang peranan besar.

Tipikal adegan "MacGuffin" dalam novel/film Hitchcock, umpamanya, adalah
ketika dua orang sedang berbicara (entah di kereta yang sedang berjalan,
atau di sebuah warung kopi/cafe), tiba-tiba kamera menyorot sebuah tas yang
seolah-olah "terabaikan". Karena kamera kemudian 2-3 kali lagi menyorot tas
itu, penonton mengira ada sesuatu yang "penting" dengan tas itu berkaitan
dengan (solusi) cerita. Lalu, salah seorang tokoh yang baru menyadari
adanya tas itu akan bertanya kepada yang satunya, menyelidiki soal tas.
Ternyata tas itu tak begitu penting, setidaknya melalui jawaban tokoh yang
satunya, "Ah, tidak penting itu," jawabnya enteng, membuat sang penanya
penasaran. "Kalau tidak penting, mengapa kamu terus melihat ke arah tas
itu, apa yang kau sembunyikan di dalamnya?" cecar tokoh pertama. "Tidak
ada," sahut yang ditanya tertawa lepas, "itu MacGuffin saja."

Jadi apa itu "MacGuffin"? Ini sebuah istilah lentur yang bisa digunakan
semau-maunya (ingat kita sedang berhadapan dengan si jenius pengocok
misteri, Tuan Hitchcock) yang bisa membuat keyakinan kita, sebagai pembaca,
terhadap tas itu menjadi terbolak-balik, dan meragukan pendapat diri
sendiri, "Jadi tas itu sebenarnya penting nggak sih? Bagaimana kalau memang
penting? Bagaimana kalau ternyata memang tidak penting?"

Dalam thread ini, di posting sebelumnya, saya sudah sebutkan "MacGuffin"
yang saya lempar sejak awal, dan begitu meyakinkan (ehem!) sampai Mak MM***
yang biasanya sangat kritis pun berubah menjadi "penumpang yang terus
bertanya penting tidaknya tas" yang saya bawa :)

Can you see the fun side of it? Of course you can laaaaahhh, ya kanda Jepe
(Singlish Style).

Jadi meski mungkin awalnya Mak MM merasa "tapesong" dengan "latihan
MacGuffin" ini, tapi ternyata ada manfaat lebih besar yang semoga sudah
kita rasakan semua sekarang: bahwa kita terlibat dalam sebuah proses
penciptaan kisah misteri secara kreatif.

Jika Hitchcock atau Agatha Christie masih bisa membaca thread kita ini,
yang akan mereka berdua lakukan hanya memindahkan setting tempat: mungkin
ke sebuah pulau terpencil, mungkin ke sebuah dusun di atas gunung, di mana
sejumlah orang terlibat baku kirim 25-30 surel untuk membongkar identitas
"Sumohadi" (bisa "Yeti", "Loch Ness", atau "serial killer") dan ...
 dengan sedikit tambahan narasi, elaborasi deskripsi, serta rincian dialog
... Voila! sebuah kisah genre misteri tercipta!

Mau kita coba lagi dengan contoh lain, kanda Jepe? Mak MM***? :)

Practice makes perfect, katanya, hehehe ...

Wassalam,

ANB
Cibubur