Assalamualaikum wr wb

Mengikuti polemik ttg investasi group LippondinSumbar, jadi gatal pula awak
ingin berkomentar
1. Rasanya mustahil bagi kita/Sumbar saat ini untuk anti dari group2 usaha non
muslim, spt Lippo, ciputra, dll, karena toh properti dan usaha dikuasai oleh
mereka. Terkecuali Group Basko, usaha untuk menggaet konglomerat muslim
ternyata nihil, dari muslim lokal sampai syech2 arab dan melayu.  Bahkan BUMN
dan kantor2 pemerintah yang yg tadinya berpusat di Padang, tlh berhondoh pondoh
pindahn keibokota prov sebelah. Dilain sisi, Padang butuh investasi besar utk
membangkitkan ekonomi dan MORAL masyarakat Padang dan Sumbar. Harusnya, BUMN
atau Kantor pemerintah yg memindahkan pusat aktifitasnya ke ibuKota Prov
sebelah itu juga kita tuntut utk ttp ada di Padang, bukan malah ikut2an
meninggalkan Padang dan Sumbar.
2. Sumbar memiliki overcapacity SDM, banyak sarjana tp tidak bisa ditampung
oleh lapangan kerja di Sumbar. Kondisi SUMBAR ibarat Philiphina, dimana seorang
Master bisa jadi hanya sbg sopir taksi karena pemerintah tidak mampu
menciptakan lapangan kerja.
3. Saya melihat kehadiran group2 usaha international atau yang punya standar
pelayanan bagus perlu untuk meningkatkan kualitas pelayananndimPadang. Mohon
maaf, mungkin bapak2 yg memang pejabat atau keluarga dokter bisaterlayanimdgn
baik di RS M Djamil, tp tidak bagi keluarga PNS rendah macam keluarga saya yg
dulu hanya mengandalkan ASKES utk berobat ke RS M Djamil. Kami sekeluarga sudah
sangat kenyang dgn perlakuan kasar perawat ataupun staff RS M Djamil. kalau
ternyata Siloam bisa menyediakan pelayanan murah dan lbh bagus kenapa ga? Ini
jg berlaku utk usaha2 pelayanan lainnya, spt taksi, hotel dsb.
4. Tentang kemungkinan upaya misionaris dan cerita ttg murtadnya bbrp karyawan
di RS yos Sudarso, malah memperlihatkan bahwankesalahan itu ada dipihak
kita.mKenapa di perempuan sampai mau dihamili oleh SATPAM rs tsb? Berarti ada
sex bebas, berarti ada masalah moral dan kurangnya nilai agama,
hulunya....Berarti, peran orang tua dan NINIK MAMAK yg harusnya mendidik dan
menjaga anak kemenakannya yg GAGAL. Harusnya, dgn keberadaan RS ini, menjadi
'palacuik' bagi ninik mamak, para aparat pranata adat Minangkabau untuk
'bakuhampeh' menjaga anak kemenakannya. Atau...apa karena beliau2 tsb sudah
'malas' dan ga mau ambil resiko?
5. Kalau dek ambo, upaya dari PKDP lbh masuk akal dan cerdas, ketimbang tolak
mentah2. Kita harus lihat bagaimana regulasinya, susun term and conditionnya,
dan sama2 memonitor pelaksanaan Term b Condition tsb. Malah, keberadaan RS
mewah dan kualitas Internasional di Padang spt, Siloam, dll bisa jadi sumber
alternatif pariwisata, yaitu pariwisata pengobatan di Sumbar, dimana pasien2
dari PKU, Jambi , Bengkulu dan Medan bisa berobatbsambil berwisata di Sumbar?
iyo an diurang, laluan nan di awak, bukan begitu?
6. Sebenarnya PR terbesar buat kita orang Minang perantauan adalah bagaimana
membangkitkan kembali ekonomi di ranah Minang. Kita di rantau mungkin akan
sibuk bernostalgia dengan rekaman indah ttg Ranah Minang semasa dahulu,mtp
kondisi sekarang lain, dunsanak kito butuh sesuatu yg realistis, tangible, dan
jalehhh. Bukan sesuatu yang nisbi, konsep yg mengawang2. Saya harap, mamak2
ambo disiko, tampek ambo baraja maambiak tuah dan ilmu, bisa lbh arif dan bisa
lebih bijak dalam hal ini.
Kalau nan dek ambo, kalau cuma sekedar penolakan berhondoh pondoh tanpa ada
solusi, berarti suatu kemunduran lagi bagi intelektualitas Minangkabau.

Banyak maaf
Wassalamualaikum wr wb

Bot SP

Sent from my iPad