From: Zaid Dunil
Sent: Senin, 03 Juni 2013 4:23 PM
To: rantaunet@googlegroups.com
Reply To: rantaunet@googlegroups.com
Subject: Re: [R@ntau-Net] Dari Ambo untuak Palanta RN

Assalamualaikum WW

RE : Investasi bagi pertumbuhan ekonomi

Membangun negeri dimulai dengan membangun daerah. Daerah itu adalah Propinsi dan sub wilayah seperti Kota , Kabupaten , kecamatan dan seterusnya. Komandan pembangunan adalah Kepala Daerah. Kepala Daerah yang untuk tingkat propinsi disebut sebagai Gubernur bersama dengan aparatnya disebut sebagai Pemerintah Daerah Tk I. Diantara aparat Propinsi terdapat suatu Badan yang bertugas membuat Perencanaan Pembangunan Daerah yang disebut sebagai Badan Perencanaan Pembangunan Gaerah (Bappeda)Tk I . Bappeda Tk I ini lah yang membuat perencanaan bagi daerah , baik untuk jangka pendek , jangka menengah dan jangka panjang. Pada tingkat II juga terdapat Badan Perencanaan serupa. Visi Kepala Daerah , yang sebelum terpilih menjadi Gubernur /Walikota /Bupati biasanya sudah di pasarkan kepada Masyarakat  dan sudah diketahui oleh masyarakat akan menjadi dasar bagi Bappeda dalam menyusun Pembangunan daerah.    Didalam konsep konsep pembangunan yang dirancang oleh Bappeda itu selalu ada target pertumbuhan ekonomi regional daerah dan pertumbuhan ekonom itu merupakan resultante dari semua kegiatan yang dilaksanakan di daerah itu. Mulai dari pembangunan prasarana fisik , seperti jalan , jembatan , pelabuhan , jaringan konunikasi , listrik dan sebagainya sampai  kegiatan yang berkaitan dengan berbagai sector ekonomi , seperti produksi barang dan jasa , perdagangan , transportasi , komunikasi  dan sebagainya serta kegiatan non ekonomi terkait dengan pendidikan , kebudayaan , kesejahteraan dan sebagainya. Semua kegiatan itu , terutama yang bisa dinilai dengan uang tercermin dalam Pendapatan Domestik Regional  Bruto (PDRB). Dari tahun ketahun PDRB itu dirancang supaya terus meningkat. Peningkatan produksi barang dan jasa , peningkatan perdagangan , termasuk eksport dan import , serta peningkatan kegiatan transpostasi dan komunikasi akan meningkatkan pertumbuhan dalam PDRB . Peningkatan PDRB ini pada suatu tahun dibandingkan dengan posisinya pada tahun sebelumnya  disebut sebagai pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi Sumbar pada tahun 2012 adalah  6,3 % artinya PDRB Sumbar pada tahun 2012 itu lebih tinggi 6,3 % dibandingkan dengan PDRB Sumbar tahun 2011.Apabila tidak ada investasi baru , maka pertumbuhan ekonomi itu hanya sebagai hasil dari peningkatan ekonomi berdasarkan prasarana dan sarana  yang sudah ada. Dan bahkan pada banyak situasi sering malah tidak meningkat yang disebut sebagai pertumbuhan negatif. Sebabnya adalah karena prasarana dan sarana produksi yang semakin tua sehingga kapasitasnya semakin menurun. Kalau ekonomi tidak tumbuh , maka daerah itu tidak bisa terhindar dari proses pemiskinan. Ekonomi tidak tumbuh sedangkan penduduk tetap bertambah maka PDRB perkapita akan menurun (semakin kecil) maka proses pemiskinan masyarakan akan mulai terjadi Kalau penduduk tetap bertambah , terutama mereka yang memasuki angkatan kerja , maka pengangguran akan meningkat dan  akibat pengangguran yang meningkat itu biasanya keamanan dan ketertiban masyarakat juga ikut terpengaruh. Jadi Kepala Daerah wajib hukumnya untuk senantiasa berusaha agar ekonomi daerah  terus tumbuh. Hanya pertumbuhan ekonomi yang dapat menyerap dan mengurangi pengangguran  Kalau  pada suatu periode tertentu  ada stagnasi atau ekonomi tidak tumbuh ,maka  keadaan itu tidak boleh berlangsung lama. Bagaimana agar ekonomi tetap tumbuh. ? Jawab yang umum hanya satu , perlu investasi baru. Tanpa investasi , ekonomi akan sulit tumbuh dan idem ditto dengan kesejahteraan masyarakat. Tanpa investasi baru , pengangguran tidak bisa diatasi dan lazimnya dari tahun ketahun jumlah pengangguran itu akan semakin meningkat.  Pada tahun 2012 angka pengangguran terbuka di SUMBAR  146.974 (data Bappenas)  atau 6,25  % dari angkatan kerja. Jumlah ini cukup besar . Propinsi Bali , angka Penganggurannya hanya 48.592  atau  2,12 % dari angkatan kerja.

Akhir akhir ini kencang sekali suara yang ingin menolak rencana investasi suatu grup tertentu karena berbagai alasan dan kekhawatiran. Menolak investasi masuk ke suatu daerah yang tingkat penganggurannya amat tinggi hampir sama artinya dengan menyuruh masyarakat bersiap siap setahap demi setahap memasuki proses pemiskinan, karena pertumbuhan ekonomi akan semakin rendah dan pada saatnya  ekonomi berhenti tumbuh dan  malahan tumbuh negatif. Artinya ‘kue’ kita semakin kecil dan harus dibagi dengan anggota keluarga yang makin banyak, maka masing masing akan mendapat bagian yang lebih kecil.

 Sebaliknya daerah lain bersaing secara ketat menarik investor ke daerahnya, dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, karena pertumbuhan ekonomi bermakna (secara umum ) peningkatan kesejateraan bagi masyarakat daerah itu. Mereka berebutan untuk mendapatkan investor dengan segala tawaran kemudahan dan fasilitas. Daerah yang tidak berhasil memperoleh investasi baru semakin lama akan semakin tertinggal dari daerah lain dan akan semakin terbelakang . Daerah terbelakang selalu akan diikuti oleh kondisi , kemiskinan , gizi buruk , pengangguran yang semakin tinggi ketertinggalan dalam pendidikan dsb nya.

Saya menyampaikan nya sekedar sebagai renungan. Karena pilihan atas kebijakan tidak boleh hanya dari suatu segi tertentu saja, harus pula mempertimbangkan kepentingan masyarakat yang lebih luas.

 Wssalam

 Dunil  Zaid  ,  Jakarta.