From: Zaid Dunil <zdu...@gmail.com>
Sender: rantaunet@googlegroups.com
Date: Sun, 15 Dec 2013 07:52:56
To: Rantaunet<rantaunet@googlegroups.com>
Subject: Re: [R@ntau-Net] Waspadalah ..........!!!

Sanak arle nsm, Knkn Dedi  dan sanak sapalanta RN n a h
Maaf kalau salah sabuik namo sanak arle nsm
Ado adab nan paralu diperhatikan kalau awak ingin berkomunikasi di palanta
ko. Yaitu wajib manyabuikan namo,asal kampuang, umur . Data ko penting
supayo kami tau sia dunsanak nan bakomunikasi jo kami kami ko. Sapangkek
sia agak e sanak ko. Supayo bisa kami imbau apak , kakak , adiak, kamanakan
dsbnyo.
Postingan sanak arlensm ko sangat menarik. Kok buliah ambo tanyo, ala bara
lamo sanak tingga di kompleks Lippo tu. Apo ala barubah kayakinan sanak
dari Islam ?. Lai ado keluarga sanak arle nsm , tetangga muslim , kawan
sanak nan muslim nan pindah agamo setelah tingga di kompleks  Lippo tu.
Kompleks Lippo tu kan awak tau bahwa  kompleks itu berbau kristen, semuanya
bernuansa kristen. Lalu sanak mamiliah tingga dan beraktifitas disitu,
menikmati fasilitasnya , tapi merasa terganggu dengan aktivitas mereka ,
dengan ruko2 milik  mereka serta sekolah yang kalau hari Minggu berubah
menjadi tempat beribadah mereka. Di kompleks kediaman saya berkumandang
azan 5 kali sehari, suara azan itu begitu keras dan mampu membangunkan kami
yang tidur lelap dipagi subuh , tapi tetangga saya yg kristen tidak
terganggu dengan azan itu karena dia memilih tinggal di kompleks yang
masyarakat Islamnya lebih dominan.
Soal mushala di RS . Hampir disetiap rumah sakit, mushala ditempatkan
terpisah dari tempat berobat . Di RS Mitra Keluarga juga seperti itu. DI RS
Awal Bros mushalanya juga di pojok bawah. Tidak ada RS yang punya mushala
di setiap lantai, dekat tempat berobat atau ruang perawatan.
Soal lokasi masjid. Lokasi sarana sosial keagamaan di setiap kompleks
walaupun di kompleks penghuninya muslim , tetap diatur tata letaknya sesuai
site plan dan  estetika. Tidak mungkin membangun masjid di dekat pintu
masuk kalau tempat itu memang bukan diperuntukkan sebagai lokasi masjid.
Dimana mana seperti itu.
Pengaturan lokasi untuk sekolah juga sama. Tidak bisa seenaknya mendirikan
sekolah di lokasi yang tidak diperuntukkan  sebagai sekolah. Itu berlaku
disetiap kompleks. Ada site plannya.
Soal larangan memakai jilbab, kalau itu benar adukan mereka ke yang
berwajib. Mereka melanggar HAM.
Soal studio CBN. Itu kan bisnis. Kalau dia punya izin dan tidak melanggar
aturan dia boleh saja berpoduksi dan berkreativitas. Kalau mereka
memperoduksi film porno ditempat itu adukan agar mereka ditangkap dan
ditutup usahanya.
Tentang orang kristen yang datang ke rumah, berdiskusi agama dan menjual
buku buku kristen. Cara itu sudah sangat lama. Di Padang, di kediaman
saya,  tahun 1962, keluarga saya sering  didatangi dengan cara seperti itu.
Tapi kan tidak ada pengaruhnya sama sekali. Tidak ada yang pindah agama.
Saya yakin di Komplek Lippo itu , yang Islam tidak akan pindah agama
melalui diskusi dan jual buku itu. Lagi pula kita kan bisa menolak
kedatangan mereka, ngapain dilayani.

Nakan  Dedi Suryadi na h.
Ambo bukan pembela Lippo. Ambo membela kepentingan  ekonomi. Konsepnya
investasi itu bermanfaat bagi orang banyak, bagi masyarakat , bagi
peningkatan ekonomi daerah, membantu mengatasi pengangguran yang cendrung
semakin tinggi. Investasi tidak boleh dinilai berdasarkan etnis dan agama
investor. Setiap warga negara yang usahanya legal dan tidak melanggar hukum
berhak melakukan kegiatan ekonomi di seluruh Indonesia tanpa membedakan
agama, etnis  dan sukunya. Orang Minang yang Islam bebas berusaha dan
berinvestasi di Papua, di Minahasa , di Timor , di Bali walaupun agamanya
berbeda dari mayoritas agama masyarakat di daerah itu. Begitu juga
sebaliknya. Bahwa ada kemungkinan aspek negatif yang masuk bareng dengan
kegiatan investasi itu yang berpengaruh terhadap adat dan keyakinan
penduduk setempat bisa diawasi oleh lembaga terkait. Tidak boleh ditolak
hanya berdasarkan dugaan dugaan. Keyakinan saya, tidak mudah mengkristenkan
orang Islam, apalagi orang Minang.
Wssalam
Dunil Zaid. 70 + 10/12.Kpg Ujuang Pandan Parak Karambia, Pdg. Tingga di
Jakarta