Assalamualaikum Wr Wb

Mamak dan Bundo Ambo di Palanta

Sebelum jauah pangana, yg paling penting adalah mengumpulkan
amunisi, mamanuahan kacio kito dahulu, menunjuk orang-orang yang akan jadi PIC
nyo.
Kemudian membentuk komite yang akan memutuskan kemana dana
tersebut akan disalurkan. Saya kira di Palanta ini banyak sekali orang2
prominent yang siap melakukan lebih banyak hal nyata untuk masyarakat di Ranah
dan Rantau.
Adapun untuk pengumpulan dana, ini salah satu skema dana
sosial yang saya dan kawan2 galang di Jaringan Alumni Unit Pencinta Budaya
Minangkabau – Unpad Bandung.
Dana Sosial ini dibuat dengan Program per 6 bulan, dimana di
setiap Batch nya dibuka untuk 15 donatur. Setiap donatur akan mendonasikan
uangnya sebesar Rp. 75.000,- selama 6 bulan. Donasi tersebut bisa dibayarkan
sekaligus, bisa juga perbulan rutin ke rekening bendahara. Dana yang terkumpul
memang belum banyak mengingat donatur kebanyakan anak2 muda yang baru dapat
kerja dan baru lulus kuliah.
Dari dana yang terkumpul; dibuat skema peruntukan; yaitu 50%
untuk dana beasiswa anggota UPBM, 30% untuk dana bantuan pengembangan anggota
UPBM, dan 20% untuk dana abadi. Dana abadi dibuat agar kegiatan ini sustainable.
Alhamdulillah, saat lebaran kemaren, kami sudah bisa memberi bantuan beasiswa
untuk 2 mahasiswa Unpad anggota UPBM.
Disamping donasi rutin, juga terbuka kesempatan untuk donasi
sukarela, tidak ditentukan jumlahnya dan waktunya. Donasi sukarela ini biasanya
dialokasikan untuk kegiatan-kegiatan sosial yang  sporadis, seperti bantuan
buka bersama, paket
lebaran dan bantuan untuk kegiatan junior2 kami di Unpad.
Saya rasa dalam konteks RN ini bisa diterapkan.
Kenapa harus ada donatur tetap dengan jumlah donasi teap dan
waktu yang ditentukan? Ini diperlukan agar bisa dibuat perencanaan kegiatan
paling tidak selama 6 bulan kedepan. Dasar nya memang saling percaya dan niat
baik. Dan Bendahara secara sukarela akan membuat laporan keuangan setiap
bulannya.
Jumlahnya tidak harus banyak, tapi yang penting rutin.
Khusus untuk dana sosial rantau net, menurut saya
proporsinya adalah ; 50% untuk community empowering, 25 % untuk bantuan bencana
alam, 20% untuk bantuan pendidikan, 12,5% untuk Dana Abadi, dan 2,5% untuk
zakat.
Sedangkan untuk penyaluran, menurut saya perlu ditunjuk
komite khusus yang akan bekerja sukarela untuk memproses proposal yang ada. Dan
saya yakin, Mamak dan Bundo ambo di Rantau Net ini pasti banyak yang bersedia
membantu secara sukarela untuk menjadi accessor proposal bantuan yang ada, atau
perencanaan penggunaan dana.

Wassalam

Bot Sosani Piliang
Life is a never ending journey