From: Akmal Nasery Basral <ak...@rantaunet.org>
Sender: rantaunet@googlegroups.com
Date: Tue, 15 Apr 2014 12:31:19
To: rantaunet@googlegroups.com<rantaunet@googlegroups.com>
Subject: Re: Re: [R@ntau-Net] Khalifah Umar, Putrinya dan Penjaga Baitul Maal

Izin menambahkan saketek untuk pertanyaan Buya JB:

Dari Imran bin Al-Hushain -radhiallahu anhu- dia berkata:

*جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ
السَّلَامُ عَلَيْكُمْ فَرَدَّ عَلَيْهِ السَّلَامَ ثُمَّ جَلَسَ فَقَالَ
النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَشْرٌ ثُمَّ جَاءَ آخَرُ
فَقَالَ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ فَرَدَّ عَلَيْهِ فَجَلَسَ
فَقَالَ عِشْرُونَ ثُمَّ جَاءَ آخَرُ فَقَالَ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ
وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ فَرَدَّ عَلَيْهِ فَجَلَسَ فَقَالَ
ثَلَاثُونَ*

*“Seorang laki-laki datang kepada Nabi -shallallahu ‘alaihi wasallam- dan
mengucapkan, “Assalamu'alaikum?” Beliau membalas salam orang tersebut,
kemudian orang itu duduk. Nabi -shallallahu ‘alaihi wasallam- bersabda:
“Sepuluh pahala.” Setelah itu ada orang lain yang datang dan mengucapkan
salam, “Assalamu 'alaikum warahmatullah.” Beliau membalas salam orang
tersebut, kemudian orang itu duduk, maka beliau bersabda: “Dua puluh
pahala.” Setelah itu ada lagi orang yang datang dan mengucapkan salam,
“Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,” beliau membalas salam orang
tersebut kemudian orang itu duduk. Beliau lalu bersabda: “Tiga puluh
pahala.”* (HR. Abu Daud no. 5195, At-Tirmizi no. 2689, dan Al-Hafizh
berkata dalam *Al-Fath* (5/11), “Sanadnya kuat.”).

Al-Majd Fairuz Abadi -*rahimahullah*- dalam kitabnya *Ash-Shilah wal Basyar
fis Shalati ala Khairil Basyar *mengatakan bahwa *l**afazh yang diajarkan
oleh Nabi Saw adalah tiga lafazh*, sebagaimana yang tersebut dalam hadits
Imran bin Al-Hushain. Hadits tersebut menunjukkan bahwa semakin lengkap
salamnya maka semakin besar pahala yang didapatkan, demikian pula
sebaliknya. Adapun jawabannya tergantung dari ucapan salam yang ditujukan
kepadanya, yang jelas* jawabannya harus sama lengkapnya dengan ucapan salam
yang ditujukan kepadanya bahkan lebih utama jika jawabannya lebih lengkap*.
Berdasarkan firman Allah Swt, *“**Apabila kamu diberi penghormatan dengan
sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik
dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa).”* (QS.
An-Nisa/4: 86)

Yang jelas tidak sah membalas salam dengan ucapan ‘*marhaban*’ atau ‘*ahlan
wa sahlan*’ (selamat datang), dan lafazh-lafazh lain yang tidak pernah
dituntunkan oleh syariat.

Allahu a'lam.

ANB