Nakan ANB dan sanak dipalanta n.a.h

Memang iko nan selalu salah pengertian, waktu ambo posting sabalumko
dianggap dalam kutbah Jumat katib dusuruh membahas pileg/ pilpress, indak
sarupo itu do ANB.

Dalam kutbah sarat rukun ado, dan katib cukup mambaokan dengan seperti
biaso sesuai jo porsi waktu nan tasadio.

Indak saluruh waktu (kalau seluruh waktu tentu dilarang, kapan lagi
menyuruh taqwa dsb) kutbah dipakai untuk membahas pilpres dsb, dalam kutbah
tak ado waktu untuk membahas.

Dalam kutbah katib paling ada waktu mengingatkan siapa yang akan dipilih
dengan bahasa yang dipakai dalam kutbah, bisa juga kata malereang , orang
mana saja akan tahu dengan kata malereang didaerahnya masiang-masing.

Tempo hari waktu disodorkan dilapauko dalam menanggapi tulisan ambo,
nasihat MUI  dari pak Amidhan, dianggap ambo manyarankan menggunakan mesjid
untuk  kampanye caleg (artinya diluar Kutbah), kalau ini memang tak boleh.

Kalau dapat nakan ANB karena  ANB mungkin banyak referensi dari ayat dan
hadis, apakah ada pelarangan untuk katib membawakan sepintas  dalam kutbah
kejadian factual yang terjadi antara jumat ke jumat.

Namun demikian ambo tarimo kasih atas info nan alah ANB barikan.

Wass,
Maturidi (L/75) Talang, Solok, Kutianyia, Duri Riau