Bung Akmal, terima kasih. Saya sering membaca kembali disertasi yg saya
pertahankan hampir 20 th yg lalu itu, dan merasa bersyukur bisa
menyelesaikannya, walau memerlukan waktu sembilan tahun, 1987 - 1996. Saya
tidak punya kesulitan dgn data, krn sudah tersedia cukup banyak, baik dari
literatur, dokumen Arsip Nasional RI, wawancara dgn pelaku dan saksi
sejarah, maupun pengalaman langsung saya sendiri di Sumatera Barat selama
16 tahun, 1960 - 1976.
Motivasi terkuat saya utk menyelesaikan disertasi tersebut adalah
kegelisahan saya melihat kecenderungan masyarakat kita utk melihat masalah
secara sepotong-sepotong, sehingga sering kehilangan perspektif secara
menyeluruh. Dalam kehidupan sehari-hari hal tsb mungkin dirasakan wajar
saja, namun bisa berakibat fatal jika hal tsb berlangsung dlm kehidupan
berbangsa dan bernegara. Dan memang hal itulah yg terjadi di Sumatera Barat.
Perlu kita perhatikan secara khusus bhw para tokoh Minang yg tampil di
tingkat nasional antara th 1945 sampai dgn th 1956 - spt Hatta, Syahrir,
Yamin, Tan  Malaka, Haji Agus Salim - justru adalah pribadi-pribadi yg
punya kemampuan konseptual yg luas, dari berbagai aliran ideologi, sehingga
sering berkonflik sendiri satu sama lain. Di tingkat daerah, tidak bisa
diabaikan besarnya peran Chatib Suleman, yg membangun sistem pertahanan
semesta yg ampuh berdasar Strategi Gerpolek Tan Malaka.
Saya mendapat kesan kuat bahwa kemampuan tsb merosot di kalangan  etnik
Minangkabau antara th 1958-1961,  dengan konsekuensi yg amat fatal,  yg
akibat psikologisnya terasa sampai sekarang.
Syukur bhw kelemahan tsb bisa diatasi secara mendasar antara th 1966 sampai
1984 dgn tampilnya tokoh kuat dari Rantau, yaitu Harun Zain dan Azwar
Anas,  namun kelihatannya sekarang terjadi proses involusi wawasan dengan
semakin langkanya tokoh kuat spt mereka di tingkat daerah.
Kesulitan saya adalah mencari rujukan teori yg bisa menyatukan keseluruhan
perkembangan di tingkat daerah dan di tingkat nasional itu menjadi satu
kesatuan yg bermakna.
Akhirnya saya bisa menyelesaikannya, dgn menggunakan pendekatan eklektik,
yaitu  kombinasi dari : 1) Konvensi Montevideo 1933 dari hukum
internasional; 2)  pengertian etnik dari antropologi; 3) teori elite,
integrasi nasional, dan hubungan antara etnik dan pemerintah pusat, dari
ilmu politik.
Saya berharap disertasi saya ini bisa menjadi tambahan masukan dan
pertimbangan, baik bagi para sesepuh maupun bagi kaum muda Minangkabau masa
kini,  utk memahami kenyataan mengapa terjadi kemunduran peran etnik
Minangkabau dalam dasawarsa-dasawarsa belakangan ini, dan bagaimana cara
merumuskan kebijakan masa depan alternatif dari aspek teoretikal, agar
etnik Minangkabau bisa kembali memainkan peran yg konstruktif, baik di
tingkat nasional maupun di tingkat daerah. Insya Allah.
SB.
Pada tanggal 25 Agt 2015 05:20, "Akmal Nasery Basral" <ak...@rantaunet.org>