Juga dari Sumber Berita Haluan:

KUNJUNGI PAMERAN CRAFT CENTER DEKRANASDA I*bu Negara Suka Tenunan Sijunjung*
Jumat,02 Desember 2016 - 01:25:46 WIB
[image: Ibu Negara Suka Tenunan Sijunjung] IBU Negara Ny. Iriana Jokowi
saat meninjau pameran kerajian Sumbar di Craft Center, Padang, Kamis
(1/12).
<http://harianhaluan.com/news/detail/62525/ibu-negara-suka-tenunan-sijunjung>

*PADANG, HALUAN —* Ibu Negara Ny Iriana Joko Widodo ternyata me­nyukai
Tenunan Unggan Berbayang yang dibuat oleh Kelompok Pengrajin Tenunan
“Unggan Lansek Manih” S­i­junjung. Tenunan itu dilihatnya saat berkunjung
ke pemeran di Craf Center Dekranasda Kota Padang di Jalan Khatib Sulaiman,
Padang, Kamis (1/12).

Dalam kunjungan ke Craf Center Dekranasda, Ny. Nevi Irwan Prayitno
memaparkan sejumlah hasil kerajinan yang ada di Sumbar. Satu persatu stand
pameran dari 19 kabupaten kota itu disambangi oleh Ny Iriana Jokowi.
“Seluruh kerajinan yang dipamerkan merupakan hasil karya dari pengrajin
lokal yang ada di Sumbar. Bahkan, ada beberapa kerajinan yang telah
mene­rima penghargaan nasional mau­pun internasional.  Kerajinan yang
dipamerkan disini, terdiri dari tenunan, sulaman, songket dan kebaya,”
jelas Ny Nevi yang terus menjelaskan pada Ny Iriana.

Pantauan di lokasi pa­meran, Ny. Iriana Joko Widodo juga melakukan tanya
jawab, baik kepada penjaga stand maupun kepada Ny. Nevi Irwan Prayitno.

Di tempat yang sama, Pim­pinan Tenunan Unggan Lansek Manih, Kabupaten
Sijunjung, Indrayeni mengatakan, tenunan hasil kerajinan lansek Sijunjung
sangat khas, berbeda dengan tenunan dari daerah lain. “Saya merasa
terhormat stand kerajinan yang ditampilkan diminati Ibu Negara,”
pungkasnya.

Sebelumnya, Ny Iriana Jokowi  membuka pelatihan guru Pen­didikan Anak Usia
Dini (PAUD)/TK/sederajat di Gelanggang Olah Raga (GOR) Universitas Negeri
Padang (UNP).

Sebanyak 1.500 guru dari kabupaten kota di Sumbar me­ngikuti pelatihan yang
diadakan Organisasi Aksi Soli­daritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) bersa­ma
Tim Penggerak PKK dan Indonesia Heritage Foun­dation (IHF). Kegiatan ini
dilak­sanakan dari Kamis hingga Sabtu, 2-4 Desember.

Pelatihan akbar ini memberi bekal pada para guru, agar dapat melaksanakan
model pendidikan holistik berbasis karakter yang terbukti efektif dalam
mem­bentuk anak yang berkarakter.

Gerakan ini dilakukan seba­gai upaya untuk meningkatkan kualitas guru
melalui pelatihan serta menyebarluaskan pendidi­kan karakter. selain itu,
OASE-KK juga telah mencanangkan program gerakan PAUD berkualitas. “Ma­salah
utama yang harus lebih diperhatikan dalam bidang pen­didikan adalah
kualitas guru,” ujar Iriana Joko Widodo.

Menurut Iriana, secanggih apapun kurikulumnya, apabila guru tidak mampu
menerapkan metode pembelajaran yang benar, maka kualitas pendidikan
Indo­nesia tidak dapat diperbaiki.

“Guru yang penuh cinta, berko­munikasi dengan positif, kreatif dan
menyenangkan akan sangat efektif dalam menanamkan ka­rakter.

Guru seperti inilah yang akan dikembangkan melalui pela­tihan ini,”
ungkapnya saat mela­kukan kunjungan ke UNP.

Pelatihan dengan tema prak­tik pendidikan karakter dan pen­dekatan
saintifik yang sukses membangun akhlak, daya fikir kritis dan kreativitas
anak ini akan diadakan di provinsi lain. Ke­giatan yang berlangsung selama
tiga hari ini, dalam waktu bersa­maan dilaksanakan di Medan, Sumatera Utara
(Sumut).

Sebelum membuka acara pela­tihan Akbar guru PAUD di GOR UNP, Iriana bersama
rombongan meninjau pemeriksaan Inspeksi Visual Dengan Asam Asetat (IVA)  di
Pasar Lubuk Buaya. Kegiatan ini merupakan pemeriksaan leher rahim (Serviks)
dan pelayanan KB dan Meninjau proses pem­bela­jaran TK atau PAUD Qotrinada
di Pasir Jambak.

Selesai acara di UNP, Iriana Joko Widodo bersama rombongan kemudian
melakukan peninjauan seminar tolak Narkoba dan stop kekerasan pornografi
yang dilak­sanakan di SMA Negeri 1 Padang. Setelah itu, ibu negara yang
di­dam­pingi oleh Erni Tjahjo Ku­molo, Ida Pratikno dan sejumlah istri
menteri kabinet, serta istri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)
Sumbar juga akan ikut mendampingi rom­bongan tersebut. *(h/rin)*

--
.
* DILARANG: