PadangKini.com | Sabtu, 14/6/2008, Pukul 22:10 WIB

James Hellyward:

Orang Hanya Melihat Saya Jalan-jalan

Banyak yang mengeritik Anda karena sering ke luar negeri dan dianggap
kurang serius mengelola pariwisata di Sumatera Barat, apa tanggapan
Anda?

Saya menerima dengan lapang dada. Namanya pariwisata memang harus
berjalan-jalan. Pariwisata itu dekat dengan jalan-jalan. Orang melihat
itu substansinya hanya jalan-jalan, padahal saya bekerja.

Kalau mengatakan saya sibuk dengan jalan-jalan, saya mungkin mohon maaf,
karena saya tidak ada waktu untuk itu. Waktu saya untuk mengabdi  ke
masyarakat. Besok saya ke Bali, bukan jalan-jalan, tetapi orang
melihatnya jalan-jalan.

Sudahlah, karena kita bekerja dengan ikhlas saja. Kebetulan saya ke Bali
mengikuti Pekan Budaya di sana? Salahkan saya, saya malah nggak ada
waktu untuk jalan-jalan.

Kemarin saya ke Beijing, kita ketemu dengan wakil gubernur-nya, sambil
bekerja, jalan-jalan.

Tetapi saya harap masyarakat jangan berpikir seburuk itu, karena siapa
saja mungkin... mungkin orang salah mengerti dia tidak tahu apa tugas
pariwisata.

Kalau kita diam-diam saja di negeri ini orang nggak datang. Hari ini
kita nikmati.

Dulu orang ribut saya ke Dubai, hari ini orang Dubai masuk ke Sumatera
Barat, itu dibawa Ero Tour. Dan jangan lupa, mereka orang kaya semua.

Kita nggak punya kemewahan seperti negara mereka, tetapi kita punya alam
yang natural yang tidak mereka punya.

Dulu orang ribut saya ke Iran, besok duta besar Iran datang ke sini. Dan
jangan lupa, daerah kita adalah unggulan pariwisata di Indonesia.

Dari mana wisatawan terbanyak ke Sumbar?

Masih Malaysia dan itu luar biasa, ada 10 kali penerbangan setiap minggu
kemari, mungkin sekitar 3.000 wisatawan per bulan.

Dan ini juga harus menjadi sebuah catatan, semakin ramai mereka harus
semakin berhati-hati kita melayani, karena sedikit saja kesalahan yang
kita buat, semua akan berputar 360 derajat.

Kenapa wisatawan Malaysia banyak berkunjung ke Sumbar?

Dari segi kultur mereka sangat dekat sekali. Kita serumpun dengan mereka
dan banyak sekali orang Malaysia itu yang keturunan Minangkabau yang
selama ini mereka tidak tahu Sumatera Barat.

Dengan berbagai event yang kita ikuti di Malaysia, kita selalu mengikuti
kegiatan di Malaysia, apakah itu MATA, pameran, atau kegiatan bersama di
luar negeri. Setelah mereka lihat ternyata kampung halaman leluhurnya
jauh luar biasa. Dan itu berimplikasi kepada orang-orang yang bukan
keturunan Minang. Dan hari ini kita sudah menikmati itu.

Siapa yang mempromosikan?

Itu bersama kita promosikan, Dinas Pariwisata dan travel agen.Kalau
paket kita menarik, kita akan dibeli orang.

Apa yang akan ditampilkan dalam Pekan Budaya mendatang?

Pada Pekan Budaya nanti kita coba ungkapkan nilai-nilai tradisional.
Nuansa kefalsafahan Minangkabaunya nanti sangat kental sekali di situ.
Salah satunya 'manatiang piring', ini adalah budaya kita yang unik,
walau tidak praktis dan juga telah menjadi ikon rumah makan Padang.

Masing-masing daerah akan menampilkan keunggulan budayanya. Itu bisa
menjadi peluang mereka untuk menjual wisata di Sumtera Barat, seperti
batik tanah liek, bordir, dan ini ajangnya mempromosikan daerah. Mari
kita jadikan event ini untuk mendatangkan orang di Sumatera Barat.
Marailah menjadi tuan rumah yang baik. (yanti)

*James Hellyw ard, Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat.

Copyright (c) 2008 www.padangkini.com All Rights Reserved.

The above message is for the intended recipient only and may contain
confidential information and/or may be subject to legal privilege. If you are
not the intended recipient, you are hereby notified that any dissemination,
distribution, or copying of this message, or any attachment, is strictly
prohibited. If it has reached you in error please inform us immediately by
reply e-mail or telephone, reversing the charge if necessary. Please delete the
message and the reply (if it contains the original message) thereafter. Thank
you.

melalui jalur pribadi
dibanned