Rainal Rais Abdi Organisasi, Sebuah Biografi

Assalaamualaikum wr.wb.,

Berorganisasi?, nggak lah yaw, itulah yang sering kita dengar bagaimana
emohnya mereka tentang arti organisasi,  begitu banyak pengorbanan,
mulai dari materi, perasaan, waktu, keluarga dan bahkan tidak sedikit
umpatan yang begitu menyeramkan yang mereka sendiri tidak tahu betapa
begitu besarnya pengorbanan untuk organisasi itu.

 Tapi itu tidak buat seorang pak Rainal Rais, dalam bukunya Rainal Rais
dengan bangga menuliskan judul bukunya dengan judul Rainal Rais Abdi
Organisasi, setiap yang namanya  pengabdian selalu muaranya usaha yang
begitu mulya.

Pak Rainal Rais muda dengan cerdasnya mengoptimalkan sebuah organisasi,
dengan beroragnisasi Rainal Raia berhasil mengajak seorang pengusaha
papan atas, Iman Taufiq menanamkan investasinya di Sumbar. Begitu banyak
organisasi yang dilakoni pak Rainal Rais, mulai dari organisasi HIPMI,
HIPPI, sampai oragnisasi olaharaga semacam Golf, Takraw satu organisasi
kebanggan beliau yaitu SAS, Sulit Air Sepakat yang organisasinya ini
telah punya cabang dimana-mana, yang dengan relanya Pak rainal pergi
melantik SAS do daerah dan malah di luar negeri seperti SAS Sydney dll.

Tidaklah heran komentar dari tokoh-tokoh lebbih menekannkan bagaimana
kecintaan seorang Rainal Rais atas organisasi, khususnya organisasi
social SAS, seperti yang disampaikan oleh Abu Rizal Bakrie, Azwar Anas,
Fahmi Idris, Siswono Yudohusodo, Agung Laksono, Iman Taufiq, Dewi Motik,
Gamawan Fauzi dll.

Buku yang dikatapengantari oleh Prof Emil Salim itu penuh dengan riwayat
panjang seorang pengusaha papan atas Jakarta asal Minang. Tidaklah heran
Emil Salim dalam kata pengantarnya menyebutkan Keterpautan Rainal Rais
dalam organisasi kenagarian SAS bukanlah kesengajaan dan juga bukanlah
ambisi Rainal menjadikan SAS bagian dirinya, Tetapi SAS menjadi "putra"
ciptaan Rainal.
SAS menjadi obsesi Rainal Rais, karena ia cinta nagari Sulik Air, Dan,
cinta nagari Sulit Air karena ia cinta Bundo Kandung, ibunya tersayang,
bundo dan Sulit Air menyatu dalam hati Rainal Rais, itul;ah saya kutip
dari kata pengantar Emil Salim.

Buku "Rainal Rais Abdi Organisasi" baru beberapa jam saya terima, ketika
saya menghadiri undangan Kakanda Rainal Rais untuk menghadiri pernikahan
kamanakan beliau dr. Rostanty dengan dr. Sukri Fitrizon yang berlangsung
hari ini, Sabtu, 18 Oktober 2008 di Aula Masjid Agung An Nur Pekanbaru,
bersama isteri saya menghadiri resepsi pesta ini jam 15:00, terlambat
dari undangan karena saya harus mencharge battery lagi

Sambutan ramah layaknya seorang kakak nan lah lamo indak basuo beliau
menyambut saya, di sela -sela ota lamak uda Rainal Rais memberikan dua
buah buku buat saya yaitu: biografi beliau Rainal Rais Abdi Organisasi
dan sebuah buku kumpulan lagu Minang moderen, Orkes Gumarang, Pimp Asbon
M.

Buku Biografi Rainal Rais Abdi Negara ditebitkan tahun 2003 dengan masa
proses penulisan lebih dari empat thaun. Dituilis oleh pengarang nan
seorang wartawan Rhian D'Kincai, udah lama memang buku ini, tapi nilai
sejarah dan ada hal yang tidak pernah terungkap ke permukaan yang
mungkin bagi anak muda sebagai motivator dalam berbisnis dan
berorganisasi.

Sejak buku ini diterbitkan tahun 2003, ada lima tahun yang "loss
connection", buku ini perlu sambungan edisi terbaru,  ketika ak Rainal
berkiprah dengan , Gebu Minang, SSM dan keakraban beliau dengan anak
muda Minang seperti dnegan Firadus HB, Dengan Basrizal Koto, dengan
Ronald Chandra atau dengan member Rantau Net yang pak rainal Rais sangat
tekun mengamati setipa postingan di rantau net bersama Pak Syaaf, Mak
Ngah, dan banyak tetua RN.

Banyak yang belum terungkap bagaimana kiprah Pak Rainal Rais setelah
para konco beliau jadi orang penting di Negara ini, dengan Aburizal
Bakrie, teman sejak kecil yang sekarang menjadi Menko, dnegan JK  yang
wapres, bang Fahmi Idris yang menteri Perdagangan, Agung Laksosno yang
Ketua DPR, dan banyak lagi geng beliau yang mungin akan membuat buku
edisi kedua Andi Organisasi ini akan jauh lebih tebal dari buku
sebelumnya yang 277 halaman,

Kecintaan beliau terhadap ibunda, pak Rainal Rais menempatkan foto
lukisan cat minyak, ibunda Hj. Rosma yang dijadikan foto pertama pada
sesi biografi beliau.
Tidaklah balabihan pesan khusus beliau di halaman ii yang bisa dijadikan
Sprit Minang, beliau menulis" Untuk generasi penerus, khususnya untuk
putra putridku tercinta: "Kau belum dapat dikatakan cinta tanah air,
kalau kau belum menicintai kampung halamanmu" (Minangkabau, maaf kalau
saya berani mengatakan Minang).

Ini bukan hanya sebagai lips servise dan pamanih ota, tapi beliau betul
betul telah melaksanakannya, sebagai anak keturunan the Have lahir dan
besar serta tinggal di kawasan elit kebayoran baru dan malah dalam satu
komplek mayoritas dihuni oleh keluarga beliau dan satu jalan dinamai
dnegan nama ayahanda beliau Jl. Rais Ta'im, Uda Rainal Rais sangat
kental bahasa Minangnya, yang kadang ini jarang dipunyai oleh generasi
muda awak nan mudah lupo babahaso minang.

Buku kumpulan lagu orkes gumarang ini adalah merupakan sebuah sumbangsih
dari pemilik percetakan PT Rora Karya yang menerbitkan buku tersebut,
Pak Rainal Rais.
Dalam kata pengatar penerbitnya pak Rainal Rais sangat bangga dnegan
Gumarang, maka tidaklah balabihan kalau pak Rainal mengatakan Gumarang
adalah asset sejarah yang tidak boleh lenyap begitu saja. .. ...ia akan
menjadi klasik dalam khazanah seni suara dan seni musik Indonesia.

Saya sangat beruntung sore ini, karena saya mendapatkan dua buah buku
yang langka dan sangat berharga, satu paket lagi beliau titipkan untuk
sohib baliau Pak K. Suheimi, yang sekarang sedang di luar kota, insya
Allah kapan Pak Suheimi ke Pekanbaru akan saya antarkan dua buah buku
titipan uda Rainal Rais.

Buku ini akan menambah koleksi buku saya yang ditandatangani oleh
penulis dan atau oleh beliau yang dituliskan di buku tersebut,
sebelumnya saya mendapat buku yang juga ada tanda tangan basah dari pak
Moeslim Roesli, Pak Prof Elfindri, ahli eknomi dari Unand, Sejarawan
dari Padang, Pak Dr. Mestika Zed, dan banyak lagi yang lain yang
sekarang menhias di perpustakaan saya yang merangkap sebagai studio
lukis saya.

Terimakasih pak Rainal Rais, nio bana ambo mambawo kanda city tour di
Pakanbaru, mudah-mudahan  kanda bisa menyempatkan karano ambo juo tahu
sebagai seorang penguhulu kaum dnegan gelar Rajo Sati nan Mulie waktu
sangat berharga untuk kamanakan beliau yang  banyak di pekanbaru untuk
bisa bersilaturahim dnegan anak dan kamanakan beliau.

Doa saya semoga Uda Rainal Rais dan Uni Yulmatri sarato anak-anak beliau
sehat-sehat, dan selalu mendapat inayah, kesehatan dan kemudahan dari
Allah SWT, amiin.

Maaf, saya belum sempat membaca semua buku ini karena baru 3 jam di
tangan saya, insya Allah saya akan share ke palanta karena saya lihat
buku ini adalah sebagai motivator dan spirit Minang

Kalau buliah iko dianggap sebagai resensi buku.
Terimakasih,
Wasalamualaikum wr.wb.,

Pekanbaru, 18 Oktober 2008, jam 19:00

Elthaf