From: mairizal meirad <mairizal_mei...@yahoo.co.id>
Subject: Bls: [Kerinci-net] FW: NAGARI SEBAGAI UNIT KESATUAN EKONOMI KERAKYATAN
BERBASIS KOPERASI SYARIAH
To: kerinci-...@yahoogroups.com
Cc: "Chairil Anwar" <chair...@lemigas.esdm.go.id>, mochtarn...@yahoo.com
Date: Tuesday, January 6, 2009, 2:20 AM

Moderator  Kerinci  dan Dd Chairil Anwar yang baik,
Jika saya tidak keliru dan mudah2an dugaan saya benar, maka hari ini merupakan
kebahagiaan tersendiri bagi saya, silaturakhmi bisa tersambung dengan pak DR.
Mochtar Naim. Waktu saya Kuliah di FE-UNAND, Jl Jati 77 Padang pada tingkat II
(kalau sekarang semester 3 atau 4) saya mendapat mata kuliah Pengantar
Sosiologie dengan dosen saat itu pak Drs. Muchtar Naim (saya ragu
karena penulis ini Mochtar Naim).
Saya sangat simpati dengan cara beliau mengajar dan komunikatif dengan
mahasiswa. Masih segar dalam ingatan saya, saat diberi tugas kepada kami
mahasiswa dengan ber-kelompok2 untuk memperhatikan kondisi-kondisi masyarakat
yang unique   kemudian menulis Laporan dan kesimpulan atas yang kami temui
Groups saya dengan Drs.H. Ismet Harmaini  (Mantan Dir PT Semen Padang dan
mantan Dirut PT Tambang Batubara Bukit Asam (TBA)  Group kami yang dapat
appresiasi terbaik dari pak Muchtar Naim, yaitu penemuan kami terhadap perilaku
pengemis di pasar Padang yang kami simpulkan antara lain bahwa pengemis juga
punya harga diri, tidak mau dihina.
Itu terjadi tahun 1971 sudah 37 tahun lalu. Wuah taraso alah tuo kami2 ko.
Selain itu pak Mochtar, saya juga mempunyai hubungan emosional yang tinggi
dengan Bukit Tinggi karena saya alumni SMA Negeri 1 (Landbow/Pasa Bawah) tahun
1969, saya aktif di Drum Band SMA 1 yang terkenal waktu itu, sehinmgga saya
punya kesempatan keliling Kab. Agam ( Baso, Biaro, Kamang, Ampek Angkek, Sungai
Puar, dsbnya ) diundang mengiringi anak2 Khatam Alqur'an.
Saya sekolah di SMA 1 Bukit Tinggi mengikuti Kakak sepupu saya Almarhum Prof DR
Jakub Isman yang saat itu menjabat Dekan FKSS IKIP Padang dan saya nyakin Bp
Mochtar Naim kenal beliau. Budi yang mungkin Bp kenal masih kecil ,
sekarang dipercayakan oleh Danone Groups untuk memegang PT Sari Husada  sebagai
Presiden Director.
Dd Chairil,
Terima kasih sekali dan terima kasih dan penghargaan  saya pribadi untuk Bp
Mochtar Naim yang berkenan tulisannya menjadi konsumsi Kerinci-net milis.
Komentar dan tanggapan atas tulisan : (maaf pembukaannya panjang efisiensi dan
utk netter lain maaf tdk melalui Japri)
Tulisan itu cukup bagus dan mengingat kondisi Kerinci tidak banyak beda dengan
kondisi di Sumater Barat pada umumnya , tentu Konsep ini dapat saja kita
terapkan di Kerinci dengan beberapa penyesuaian baik dari sisi nomenklatur
maupun sistem yang akan digunakan.
Hanya saja yang masih tanda saya bagi saya Pak Mochtar , kalau sistem Perbankan
Syariah dan Asuransi Syariah  saya sudah banyak sedikit mengerti, Nah penerapan
Koperasi Syariah ini belum saya faham, karena sesungguhnya Azaz yang dianut
oleh Koperasi sudah mendekati (kalau tidak mau dikatakan sama) dengan prinsip
Syariah.
Mudah2an topik ini bisa menjadi bahan diskusi dio milis ini dan padawaktunya
diangkat ke permukaan di Kerinci dalam bentuk Seminar atau Diskusi ( suatu ide
yang bagus daripada  cerita Pilkada dan Demo melulu).
Harapan saya mudah2an gayuang basambuik....  bisa komunikasi dengan Dosen
terhormat saya yang sekarang anggota DPD RI
Www
Mairizal Meirad