--0-2008648188-1231385575=:43950

Pak Muchtar Naim,=0AMemang ide inilah yang sangat mendasari usaha perbaikan=
 manusia Minang khususnya dan manusia Indonesia umumnya..=0A=0ASaya pernah =
dialog dengan Pak Sujono Danuwangsa yang dulu pernah jadi Dandim Pesisir Se=
latan dan Padang...dan kesimpulannya adalah di Minangkabau itulah=A0beliau =
dapatkan pelajaran dan pelatihan Agama Islam yang original, tetapi di Minan=
gkabau juga banyak orang yang tahu Syariat, Tariqat, Hakiqat, Makrifat hany=
a cerita saja tanpa masuk secara Kaffah.=0A=0AJadi perlulah manusia Minangk=
abau kembali ke Islam yang original secara Kaffah, sehingga bisa memfungsik=
an Rohaninya untuk dapat mentransfer kebenaran ke otak sehingga bisa berfik=
ir Multidimensi=A0dan dirahmati ALLAH SWT dengan kecerdasan dalam hidup did=
unia ini.=0AKalau bertemu dengan Pak Azwar Anas, bisa diskusi juga masalah =
ini....karena beliau termasuk yang memahami dan menghayati.=0A=0AWassalam=
=0AAE (L 54 Tahun)=0A=0A=0A=0A=0A________________________________=0AFrom: M=
ochtar Naim <mochtarn...@yahoo.com>=0ATo: rantaunet@googlegroups.com; surau=
@yahoogroups.com; firdaus hasan basri <d...@indo.net.id>; ba...@yahoogroups=
.com; Gamawan Fauzi <gube...@sumbarprov.go.id>=0ASent: Thursday, January 8,=
 2009 7:19:48 AM=0ASubject: [...@ntau-net] SURAU MAHASISWA=0A=0A=0AKawan2, =
=0ASalah satu dari tugas sosial kita ke depan di Sumbar adalah menyebar-lua=
skan Surau Mahasiswa ke kota-kota kampus di Sumbar. Melalui lembaga SM ini =
kita mengharapkan agar calon2 pemimpin bangsa dari bumi Minangkabau dapat k=
embali kita harapkan dan upayakan. =0ABelajar dari pengalaman masa lalu, te=
rnyata salah satu penyebab dari banyaknya tokoh pemimpin bangsa lahir dari =
bumi bertuah ini adalah karena mereka adalah juga hasil tempaan hidup di su=
rau secara fraternal dan=A0 frugal. Artinya penuh persaudaraan dan kerjasam=
a secara mandiri.=0ADengan mengembalikan lembaga bersurau, yang diambil ada=
lah semangatnya sementara pengelolaannya bisa disesuaikan dengan manajemen =
moderen cara sekarang. =0AMari kita jadikan konsep SM ini menjadi garapan k=
ita bersama ke depan.=0AMohon diresponi. Berikut adalah konsep itu. MN=0A=
=0A=0ADEWAN PERWAKILAN DAERAH REPUBLIK INDONESIA (DPD-RI)=0A=0AMochtar Naim=
=0AAnggota No. B-12 dari Sumatera Barat=0A=0AK: Kompleks DPD-RI, Gedung A, =
Ruang 303, Jl Gatot Subroto 6, Senayan, Jakarta. Tel 021 57897219/57897221.=
 Fax 021 57897220.=0AR: Kompleks Inhutani, Blok M No. 5, Ciputat 15412. Tel=
 & Fax: 021 743 0208.=0APadang: Jl Cendrawasih 65, ATB, Padang. Tel 0751 70=
51661.=0AEmail: mochtarn...@yahoo.com.=a0 www.dpd.go.id.=A0 http://mochtarn=
a...@com. =0AHP 0813 1719 8778=0A=0AJEMBATAN SAMBUNG RASA=0AMedia Komunikasi=
 dengan Para Eksekutif, Legislatif =0Adan Konstituen,Beserta Sesama Anggota=
 DPD-RI dan Media Pers=0A=0AJSR No 76=0A1 Juli 2008/rev 8 Jan 2009=0A=0A=0A=
"TANGGUNGJAWAB PUBLIK DALAM MEMBANGUN SURAU MAHASISWA"=0A=0AMochtar Naim=0A=
=0A=0AKONSEP =93Surau Mahasiswa=94 telah digagaskan dan disepakati bersama =
antara sejumlah rektor dan Walikota Padang, Fauzi Bahar, dengan Yayasan Ama=
l Saleh dan Islamic Center untuk dikembangkan di Padang dan kota-kota lainn=
ya di Sumbar. Target yang ingin dicapai untuk 2009/2010 ini adalah 100 sura=
u mahasiswa dengan sedikitnya 1000 mahasiswa pemondok. Ini baru=A0 1 % dari=
 sekitar 100 ribu mahasiswa yang ada di Padang dan kota-kota PT lainnya di =
Sumbar. Jika sewa rumah yang akan dijadikan surau mahasiswa itu maksimum 10=
 juta setahun, maka dana yang akan dicarikan berupa infaq, zakat dan sumban=
gan dari para muhsinin penyumbang adalah 100 x 10 juta =3D 1000 juta atau 1=
 miliar. =0A=A0 =A0 =A0 Dengan surau mahasiswa ini kita tidak membangun rum=
ah baru, tetapi menyewanya dari penduduk yang rumahnya ada di sekitar kampu=
s. Sewanya bervariasi antara 7 dan 10 juta per tahun, tergantung kepada kua=
litas, besaran, banyaknya kamar dan lokasi rumah. Dengan konsep surau mahas=
iswa ini dana yang perlu dicarikan dari para donatur cukup hanya untuk satu=
 tahun sewa, karena sementara itu mahasiswa pemondok akan membayar uang sew=
a bulanan, yang di akhir tahun jumlah pungutan untuk sewa yang terkumpul di=
pakai pula untuk sewa tahun berikutnya. Dan begitulah seterusnya dengan sis=
tem pembayaran yang menggelinding sendiri seterusnya setiap tahun. =0A=A0 =
=A0 =A0 Tuntutan untuk melahirkan surau mahasiswa ini makin mendesak dengan=
 memperhatikan beberapa faktor berikut. =0A=A0 =A0 =A0 Satu, rumah-rumah ko=
s yang ada banyak yang tidak memenuhi persyaratan minimal, baik sarana maup=
un prasarananya, di samping kenyataan kurangnya pengawasan dari pemilik rum=
ah sendiri khususnya yang berkaitan dengan disiplin hidup di rumah kos. Ada=
 kecenderungan umum hubungan sosial antara yang tinggal dengan yang berkunj=
ung, khususnya dengan yang berlawanan jenis, banyak yang melanggar kesopana=
n umum ataupun melakukan hal-hal yang dilarang oleh adat dan agama. Tidak j=
arang diberitakan di surat-surat kabar, banyak yang bertamu, pulangnya suda=
h larut malam, atau baru pagi, yang menunjukkan adanya hubungan-hubungan be=
rkhalwat lawan jenis yang sangat dikutuk oleh adat dan agama.=0A=A0 =A0 =A0=
 Dua, dengan tinggal bersama dalam surau mahasiswa, ongkos hidup menjadi le=
bih irit karena semua dikelola secara bersama; masak bersama, makan bersama=
, di samping menjaga kebersihan dan keamanan bersama.=A0 Dengan tinggal ber=
sama dalam suasana asrama-surau akan tumbuh rasa kebersamaan, saling tolong=
-menolong, dan berubahnya orientasi hidup, dari hanya memikirkan diri menja=
di memikirkan kepentingan bersama, sebuah modal sosial yang sangat diperluk=
an ketika tiba waktunya nanti untuk terjun ke masyarakat menjadi anggota da=
n pemimpin ummat dan masyarakat.=0A=A0 =A0 =A0 Tiga, sejalan dengan semanga=
t: =93Kembali ke Nagari kembali ke Surau,=94 yang dicanangkan sekarang di S=
umbar, kita juga menciptakan jaringan hubungan segi tiga antara surau-mahas=
iswa dengan kampus dan mesjid di tengah-tengah masyarakat. Dengan itu kita =
mempersiapkan mereka menjadi insan yang tanggap, tanggap diri, tanggap ling=
kungan dan tanggap akan tanggung-jawab sosialnya ke masa depan =96 seperti =
contoh para pemimpin kita asal Sumbar dulu yang sempat memberikan darma-bak=
tinya kepada nusa dan bangsa, yang akarnya adalah dari surau, kampus dan ma=
syarakat itu.=0AYayasan Amal Saleh dan Islamic Center di lingkungan Air Taw=
ar, Padang, kebetulan sudah bereksperimen selama dua-puluhan tahun mengelol=
akan surau-mahasiswa dengan pola mandiri (sauk air mandikan diri) ini dan d=
inilai sangat berhasil dalam mempersiapkan kader bangsa dan pemimpin ummat =
ke masa depan melalui konsep surau mahasiswa ini.=0A=A0 =A0 =A0 Sekarang wa=
ktunya kita menyebar-luaskan konsep surau mahasiswa ini untuk dikembangkan =
ke seluruh daerah kampus di kota Padang dan kota-kota lainnya di Sumbar. Ma=
lah ke luar Sumbar sekalipun. Untuk itulah kami mengajak semua kita untuk b=
ersama-sama mensukseskan Rencana 100 Surau untuk tahun 2008/2009 ini.=0A=A0=
 =A0 =A0 Kami mengajak semua kita yang diberi Allah kelapangan dalam hidup =
untuk menyisihkan sebagian dari infaq, zakat dan sadaqahnya untuk mensukses=
kan program amal-jariyah kita bersama ini. Kami melihat tugas ini adalah tu=
gas publik kita bersama, khususnya cara kita ber-Minang, karena yang kita b=
antu adalah anak-kemenakan kita sendiri. Tugas bersama ini tidak kurangnya =
juga diharapkan akan didukung dan ditanggulangi secara bersama-sama oleh pe=
rusahaan-perusahaan korporatif, BUMN maupun swasta, di berbagai bidang kegi=
atan usaha, baik yang ada di Sumbar maupun di rantau, yang semua kita angga=
p sebagai bagian dari tanggung-jawab sosial dunia perusahaan (=93Corporate =
Social Resonsibility=94). =0A=A0 =A0 Perusahaan maupun per orangan yang mau=
 namanya dicantumkan dalam surau mahasiswa yang disponsori, kita akan denga=
n senang hati mencantumkan namanya, baik sebagai nama surau mahasiswa maupu=
n berupa plakat yang dipampangkan dalam surau mahasiswa itu.=0A=A0 =A0 Lapo=
ran secara berkala insya Allah akan kami kirimkan sebagai laporan kemajuan =
(progress report) dari usaha bersama kita ini. Sebuah lembaga kerjasama dal=
am mewujudkan dan mengelolakan surau-mahasiswa antara pihak-pihak terkait a=
kan segera kita tumbuhkan. Insya Allah. =0A=A0 =A0 Semoga Allah meredhai da=
n melapangkan jalan kepada kita untuk tujuan mulia ini, amin.=0A=0A=0A=0AAi=
r Tawar, Padang, 2 Juli 2008/rev. 8 Jan 2009.=0A=0A=0A=0A=A0 =A0 =A0 =0A=0A=
=0A--~--~---------~--~----~------------~-------~--~----~=0A=3D=3D=3D=3D=3D=
=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=
=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=
=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D =0AUNTUK DIPERHATIKAN, melanggar akan dimoderasi/d=
ibanned: =0A- Anggota WAJIB mematuhi peraturan serta mengirim biodata! Liha=
t di: http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-rantaunet =0A-=
 Tulis Nama, Umur & Lokasi di setiap posting =0A- Hapus footer & seluruh ba=
gian tdk perlu dalam melakukan reply =0A- Untuk topik/subjek baru buat emai=
l baru, tidak dengan mereply email lama =0A- DILARANG: 1. Email attachment,=
 tawarkan disini & kirim melalui jalur pribadi; 2. Posting email besar dari=
 200KB; 3. One Liner =0A=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=
=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=
=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D =0ABerhenti=
, kirim email kosong ke: rantaunet-unsubscr...@googlegroups.com =0ADaftarka=
n email anda yg terdaftar disini pada Google Account di: https://www.google=
.com/accounts/NewAccount?hl=3Did =0AUntuk melakukan konfigurasi keanggotaan=
 di: =0Ahttp://groups.google.com/group/RantauNet/subscribe =0A=3D=3D=3D=3D=
[...]
-~--~---=0A=0A=0A
--0-2008648188-1231385575=:43950

ad><body><div style=3D"font-family:lucida console, sans-serif;font-size:14p=
t"><DIV>Pak Muchtar Naim,</DIV>=0A<DIV style=3D"FONT-SIZE: 14pt; FONT-FAMIL=
Y: lucida console, sans-serif">=0A<DIV style=3D"FONT-SIZE: 12pt; FONT-FAMIL=
Y: times new roman, new york, times, serif">=0A<DIV style=3D"FONT-SIZE: 14p=
t; FONT-FAMILY: lucida console, sans-serif">=0A<DIV>Memang ide inilah yang =
sangat mendasari usaha perbaikan manusia Minang khususnya dan manusia Indon=
esia umumnya..</DIV>=0A<DIV> </DIV>=0A<DIV>Saya pernah dialog dengan P=
ak Sujono Danuwangsa yang dulu pernah jadi Dandim Pesisir Selatan dan Padan=
g...dan kesimpulannya adalah di Minangkabau itulah beliau dapatkan pel=
ajaran dan pelatihan Agama Islam yang original, tetapi di Minangkabau juga =
banyak orang yang tahu Syariat, Tariqat, Hakiqat, Makrifat hanya cerita saj=
a tanpa masuk secara Kaffah.</DIV>=0A<DIV> </DIV>=0A<DIV>Jadi perlulah=
 manusia Minangkabau kembali ke Islam yang original secara Kaffah, sehingga=
 bisa memfungsikan Rohaninya untuk dapat mentransfer kebenaran ke otak sehi=
ngga bisa berfikir Multidimensi dan dirahmati ALLAH SWT dengan kecerda=
san dalam hidup didunia ini.</DIV>=0A<DIV>Kalau bertemu dengan Pak Azwar An=
as, bisa diskusi juga masalah ini....karena beliau termasuk yang memahami d=
an menghayati.</DIV>=0A<DIV> </DIV>=0A<DIV>Wassalam</DIV>=0A<DIV>AE (L=
 54 Tahun)<BR></DIV>=0A<DIV style=3D"FONT-SIZE: 14pt; FONT-FAMILY: lucida c=
onsole, sans-serif"><BR>=0A<DIV style=3D"FONT-SIZE: 13px; FONT-FAMILY: aria=
l, helvetica, sans-serif"><FONT face=3DTahoma size=3D2>=0A<HR SIZE=3D1>=0A<=
B><SPAN style=3D"FONT-WEIGHT: bold">From:</SPAN></B> Mochtar Naim <mocht=
arn...@yahoo.com><BR><B><SPAN style=3D"FONT-WEIGHT: bold">To:</SPAN></B>=
 rantaunet@googlegroups.com; su...@yahoogroups.com; firdaus hasan basri <=
;d...@indo.net.id>; ba...@yahoogroups.com; Gamawan Fauzi <gube...@sum=
barprov.go.id><BR><B><SPAN style=3D"FONT-WEIGHT: bold">Sent:</SPAN></B> =
Thursday, January 8, 2009 7:19:48 AM<BR><B><SPAN style=3D"FONT-WEIGHT: bold=
">Subject:</SPAN></B> [...@ntau-net] SURAU MAHASISWA<BR></FONT><BR><BR>Kawan2=
, <BR>Salah satu dari tugas sosial kita ke depan di Sumbar adalah menyebar-=
luaskan Surau Mahasiswa ke kota-kota kampus di Sumbar. Melalui lembaga SM i=
ni kita mengharapkan agar calon2 pemimpin bangsa dari bumi Minangkabau dapa=
t kembali kita harapkan dan upayakan. <BR>Belajar dari pengalaman masa lalu=
, ternyata salah satu penyebab dari banyaknya tokoh pemimpin bangsa lahir d=
ari bumi bertuah ini adalah karena mereka adalah juga hasil tempaan hidup
 di surau secara fraternal dan  frugal. Artinya penuh persaudaraan dan=
 kerjasama secara mandiri.<BR>Dengan mengembalikan lembaga bersurau, yang d=
iambil adalah semangatnya sementara pengelolaannya bisa disesuaikan dengan =
manajemen moderen cara sekarang. <BR>Mari kita jadikan konsep SM ini menjad=
i garapan kita bersama ke depan.<BR>Mohon diresponi. Berikut adalah konsep =
itu. MN<BR><BR><BR>DEWAN PERWAKILAN DAERAH REPUBLIK INDONESIA (DPD-RI)<BR><=
BR>Mochtar Naim<BR>Anggota No. B-12 dari Sumatera Barat<BR><BR>K: Kompleks =
DPD-RI, Gedung A, Ruang 303, Jl Gatot Subroto 6, Senayan, Jakarta. Tel 021 =
57897219/57897221. Fax 021 57897220.<BR>R: Kompleks Inhutani, Blok M No. 5,=
 Ciputat 15412. Tel & Fax: 021 743 0208.<BR>Padang: Jl Cendrawasih 65, =
ATB, Padang. Tel 0751 7051661.<BR>Email: <A href=3D"mailto:mochtarn...@yaho=
o.com" target=3D_blank rel=3Dnofollow ymailto=3D"mailto:mochtarn...@yahoo.c=
om">mochtarn...@yahoo.com</A>.  <A href=3D"http://www.dpd.go.id/";
 target=3D_blank rel=3Dnofollow>www.dpd.go.id</A>.  <A href=3D"http://=
mochtarn...@com" target=3D_blank rel=3Dnofollow>http://mochtarn...@com</A>.=
 <BR>HP 0813 1719 8778<BR><BR>JEMBATAN SAMBUNG RASA<BR>Media Komunikasi den=
gan Para Eksekutif, Legislatif <BR>dan Konstituen,Beserta Sesama Anggota DP=
D-RI dan Media Pers<BR><BR>JSR No 76<BR>1 Juli 2008/rev 8 Jan 2009<BR><BR><=
BR>"TANGGUNGJAWAB PUBLIK DALAM MEMBANGUN SURAU MAHASISWA"<BR><BR>Mochtar Na=
im<BR><BR><BR>KONSEP =93Surau Mahasiswa=94 telah digagaskan dan disepakati =
[...]
100 surau mahasiswa dengan sedikitnya 1000 mahasiswa pemondok. Ini baru&nbs=
p; 1 % dari sekitar 100 ribu mahasiswa yang ada di Padang dan kota-kota PT =
[...]
 juta atau 1 miliar. <BR>      Dengan surau mahasiswa ini ki=
[...]
setiap tahun. <BR>      Tuntutan untuk melahirkan surau maha=
siswa ini makin mendesak dengan memperhatikan beberapa faktor berikut.
 <BR>      Satu, rumah-rumah kos yang ada banyak yang tidak =
[...]
gat dikutuk oleh adat dan agama.<BR>      Dua, dengan tingga=
l bersama dalam surau mahasiswa, ongkos hidup menjadi lebih irit karena sem=
ua dikelola secara bersama; masak bersama, makan bersama, di samping menjag=
a kebersihan dan keamanan bersama.  Dengan tinggal bersama
[...]
mimpin ummat dan masyarakat.<BR>      Tiga, sejalan dengan s=
[...]
dan masyarakat itu.<BR>Yayasan Amal Saleh dan Islamic Center di
[...]
dan pemimpin ummat ke masa depan melalui konsep surau mahasiswa ini.<BR>&nb=
sp;     Sekarang waktunya kita menyebar-luaskan konsep surau maha=
[...]
uk tahun 2008/2009 ini.<BR>      Kami mengajak semua kita ya=
[...]
<BR>    Perusahaan maupun per orangan yang mau namanya dicantumka=
n dalam surau mahasiswa yang disponsori, kita akan dengan senang hati menca=
ntumkan namanya, baik sebagai nama surau mahasiswa maupun berupa plakat yan=
g dipampangkan dalam surau mahasiswa itu.<BR>    Laporan secara b=
[...]
ita tumbuhkan. Insya Allah. <BR>    Semoga Allah meredhai
 dan melapangkan jalan kepada kita untuk tujuan mulia ini, amin.<BR><BR><BR=
><BR>Air Tawar, Padang, 2 Juli 2008/rev. 8 Jan 2009.<BR><BR><BR><BR>  =
    <BR><BR><BR>--~--~---------~--~----~------------~-------~--~-=
---~<BR>=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=
=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=
=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D <BR>UNTUK DIPERHATIKAN, me=
langgar akan dimoderasi/dibanned: <BR>- Anggota WAJIB mematuhi peraturan se=
rta mengirim biodata! Lihat di: <A href=3D"http://groups.google.com/group/R=
antauNet/web/peraturan-rantaunet" target=3D_blank>http://groups.google.com/=
group/RantauNet/web/peraturan-rantaunet</A> <BR>- Tulis Nama, Umur & Lo=
kasi di setiap posting <BR>- Hapus footer & seluruh bagian tdk perlu da=
lam melakukan reply <BR>- Untuk topik/subjek baru buat email baru, tidak de=
ngan mereply email lama <BR>- DILARANG: 1. Email attachment, tawarkan disin=
[...]
=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D <BR>Berhenti, kirim email kos=
ong ke: rantaunet-unsubscr...@googlegroups.com <BR>Daftarkan email anda yg =
terdaftar disini pada Google Account di: <A href=3D"https://www.google.com/=
accounts/NewAccount?hl=3Did" target=3D_blank>https://www.google.com/account=
s/NewAccount?hl=3Did</A> <BR>Untuk melakukan konfigurasi keanggotaan di: <B=
blank>http://groups.google.com/group/RantauNet/subscribe</A> <BR>=3D=3D=3D=
[...]
-----~--~---<BR><BR></DIV></DIV></DIV></DIV></DIV></div><br>=0A=0A      </b=
ody></html>