Keadaannya benar-benar lucu sekali, wajah memerah malu, mata yang terlihat
cemas kebingungan, mulut megap-megap, dan kedua tangan sedang mengusap-usap
telinganya yang memerah. Kalau tidak takut sang kakek tambah marah mau
mereka semua tertawa terbahak-bahak melihat Manik. Tapi tahu sang kakek
sedang marah besar tiada satu juga yang berani menunjukan muka geli dan
komentar atas kejadian ini. Sebenarnya Datuk Kumis Putih ada perasaan
sedikit kesal juga terhadap cucunya ini, tapi dia senang juga karena dia
tahu sang cucu mempunyai tenaga dalam yang bagus sekali. Dia mengetahuinya
karena pada saat dia menjentikan tangannya, dia menyertakan sepertiga tenaga
dalamnya, dia melihat sebenarnya sang cucu bisa saja mengelak dari
serangannya itu tapi Manik madah saja terima.

Makanya telinganya terasa pedas dan berdenging, untung dia sempat
menyalurkan tenaga dalam ke kupingnya untuk menghindari kehancuran akibat
jentikan sang kakek. Diam-diam dia semakin mengagumi kakeknya yang hebat itu
dan merasa bangga memiliki kakek seperti Datuk Kumis Putih.

"Jawab Manik, apa kau merasa dirimu paling hebat sejagat raya sehingga kau
tidak memperdulikan perkataanku?" bentak sang kakek.

Manik tahu dia harus menjawab cepat bentakan sang kakek, kalau tidak mau
urusan tambah runyam. Cepat dia mengendalikan dirinya agar bisa dengan
tenang menjawab kakeknya.

"Maafkan aku, ompung. Tidak ada maksud dalam hati seperti yang ompung
katakan, jadi jangan salah sangka. Aku tidak merasa diri paling hebat,
ompung, bahkan aku kagum kepada saudara-saudara kita yang ternyata
hebat-hebat semua," katanya  dengan tulus.

"Hmmm apa benar pemikiranmu seperti itu, jangan-jangan dalam hati kau
meremehkan mereka, hanya karena aku yang bicara maka kau pura-pura rendah
hati? Aku tidak percaya dengan semua omonganmu itu, oleh karena itu sebagai
hukuman kau harus menjadi calon pewaris agar kau merasakan pahitnya ketiga
ujian yang aku berikan," kata sang kakek dengan tegas dan mata yang menatap
Manik dengan dingin seperti merasa terhina dengan semua kelakuan cucunya
itu.

Manik yang tidak menyangka akan dihukum seperti itu hanya bisa menganga
mulutnya dan bengong seperti orang bodoh.

Sedangkan yang lain karena mereka semua tidak tahu banyak tentang diri
Manik, menyangka itu adalah cara sang kakek memberikan hukuman agar sang
cucu dipermalukan karena telah membuat sang kakek marah. Banyak diantara
mereka yang diam-diam dalam hati menyukuri hukuman yang diberikan sang
kakek, mereka berpikir Manik akan menerima pelajarannya dengan sangat pahit
sekali. Tapi hanya satu orang saja yang tahu kehebatan Manik sebenarnya,
orang itu adalah Datuk Kumis Putih.

"Jadi sekarang aku tetapkan 4 orang yang menjadi calon pewaris ilmu penyirap
raga mematikan langkah dan elang penjaga roh. Kalian setuju?"

"Kami setuju!" teriak yang lain.

Tapi Manik yang merasa bersalah dengan semua ini berusaha berkata kepada
kakeknya,"Ompung, aku tidak setuju dengan ini, kenapa ompung tidak menghukum
aku dengan cara yang lain?"

"Apa maksudmu, anak nakal?"

"Ompung, ujian ini bukan untuk dibuat main-main, aku tahu aku bersalah dan
memang pantas untuk dihukum. Aku bersedia dihukum tapi bukan dengan cara
begini, lagian..." belum selesai Manik berkata langsung dipotong sang kakek
karena beliau kuatir maksud hatinya gagal.

Bersambung......