Assalamu'alaikum Wr Wb

Pak Saaf Yang Baik
Alhamdulillah, saya bersyukur atas dukungan Pak Saaf. Salam juga untuk seluruh
nama di daftar email yang Bapak kirimkan. Dalam banyak malam, saya sudah
berdiskusi dengan para datuk, niniak mamak, bundo kanduang, tuanku, cadiak
pandai, suluah bendang dalam nagari, di banyak tempat. Beberapa masih mengenal
nama Pak Saaf dan mengirimkan salam.

Saya mohon maaf, karena dalam email sebelumnya tidak menyebutkan dengan jelas
bagaimana hubungan saya dengan para tetua di ranah Minang. Mereka juga penuh
semangat. Bagi yang sudah mengenal pemikiran saya di media massa, sebagian
besar memang menyatakan keheranan. Tetapi ketika mereka mengatakan kualitas
politisi zaman baru ini yang kurang cocok dengan pandangan mereka, dari sana
saya katakan bahwa kita harus mencoba mengubahnya.

Dalam pertemuan dengan puluhan tokoh di rumah Pak Arifin Panigoro beberapa
malam yang lalu, saya juga sampaikan pendapat yang sama. Kepada para senior di
negeri ini, kami mengharapkan dukungan. Tetapi sekaligus kami juga mengatakan:
berilah kesempatan kepada anak-anak muda kepercayaan, kalau salah silakan
dijewer. Jangan sampai negeri ini selalu saja menghadapi
pertengkaran-pertengkaran kecil di antara para sesepuh, seperti yang juga kita
saksikan dalam sepuluh tahun ini. Energi bangsa ini terlalu sia-sia kalau hanya
sekadar menyaksikan para sesepuh dan tetua bertengkar.

Minang adalah kampung saya. Negeri yang tentu menghasilkan banyak tokoh. Negeri
yang tertatih dengan begitu banyak serangan dari luar. Tetapi tetap merupakan
negeri yang indah rupawan, dari berbagai segi. Ketertinggalan Minang lebih
banyak terjadi pada aspek sumberdaya manusia. Di Sumbar 2, tidak terdapat
satupun universitas yang bonafid. Saya sungguh merindukan keberadaan
universitas itu di masa mendatang.

Di hadapan para ibu-ibu, bapak-bapak, anak-anak muda, serta kalangan yang
mungkin hanya berpendidikan sekolah dasar, saya nyatakan mimpi besar itu:
dengan segala kekuatan yang saya punya, jaringan lokal, nasional dan
internasional yang sudah terbentuk, dalam sepuluh tahun ke depan saya niatkan
tekad untuk membangun satu universitas di ranah Minang, khususnya Sumbar 2.
Kepada bupati, walikota dan siapapun calon pemimpin Sumatera Barat ke depan,
juga saya titipkan pesan itu. Hanya dengan kehadiran universitaslah, Sumatera
Barat, khususnya Sumbar 2, bisa mengantisipasi perkembangan zaman, menghasilkan
generasi muda yang berpengetahuan, serta sekaligus bergulat dengan berbagai
teknik rasional.

Saya membayangkan terjadinya semacam aufklarung kecil, di tempat-tempat kecil.
Tentu dengan menyeimbangkan antara agama dengan adat, antara hukum-hukum agama
dan hukum-hukum adat, sebagaimana perhatian terbesar Pak Saaf selama ini. Saya
tidak minta dukungan atas saya pribadi, tetapi atas ide-ide yang saya sampaikan
kepada masyarakat itu. Sumatera Barat akan mengalami fase ketertinggalan,
ketika data-data statistik memperlihatkan betapa parahnya kualitas sumberdaya
manusia yang kita punyai, termasuk dari segi indeks pembangunan manusianya.

Surat Pak Saaf ini menyejukkan bagi saya. Bagaimanapun, sebagai anak muda yang
belum lagi berusia 40 tahun, saya terkadang merasa takut melangkah. Kini
mungkin hari-hari saya mulai terus menerus berbicara atas ide-ide perubahan
itu.

Terus terang, untuk keputusan ini, saya meninggalkan banyak kesenangan yang
sudah mapan. Penghasilan yang begitu besar. Juga beragam bentuk kegiatan yang
menjadikan saya sebagai analis papan atas, tetapi tetap diliputi kekhawatiran
atas keadaan negeri kita.

Saya juga berterima kasih kepada sanak-saudara yang sudah mengirimkan sumbangan
dalam bentuk apapun kepada saya, termasuk dana ke rekening saya. Saya temukan
beberapa peserta di milis ini mengirimkan sumbangan ke rekening saya, sejak
beberapa bulan lalu. Bagi saya, bukan besar kecilnya sumbangan itu, tetapi
bentuk kepercayaan betapa publik memberikan dukungan dalam bentuk itu. Dengan
mudah saya bisa katakan kepada siapapun elite nasional nantinya:
“Pernyataan-pernyataan saya adalah bagian dari tanggungjawab saya kepada publik
yang telah memberikan dukungan selama fase kampanye.”

Selamat berkarya, Pak. Teruslah awasi kami yang muda-muda ini. Ada 14 kursi DPR
RI yang mewakili Sumatera Barat yag terdiri dari 6 di Sumbar 2 dan 8 di Sumbar
1. Ada 4 kursi yang mewakili Dewan Perwakilan Daerah. Silakan mulai disusun,
siapa saja di antara kami yang bisa dipercaya rakyat Sumbar untuk menduduki
kursi itu, dalam periode 2009-2014 ini.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Indra Jaya Piliang, SS, M.Si