Tulisan atau bacaan yang sangat menarik dari Ito, tentu tak lepas dari
Nuansa Sejarah dan Fiksinya, sama halnya dengan Novel Negara Kelima dan
Rahasia Meedenya, dan tentu Nuansa Minang dan tokoh2 yang di idolaknnya.

Salam

Pertemuan  <http://esito.web.id/2009/02/pertemuan-1/> (1)

by e.s. ito ~ February 9th, 2009

Aku dan Jon ada janji ketemu pada saat peluncuran buku salah seorang kawan
yang tengah mendaki tangga mencari ruang di loteng kekuasaan. Saking
luasnya area peluncuran di sebuah toko buku terkemuka, aku sampai harus
kesasar dua kali sebelum menemukan wajah kusut di antara kerumunan manusia
yang berjubelan melihat seorang laki-laki mendaki tangga dan mencari ruang
di loteng kekuasaan. Nah, akhirnya aku bertatap muka juga dengan Jon, bukan
wajah yang enak dipandang. Tetapi sudahlah kami sudah berkawan sekarang,
bukankah kita harus ikhlas memberikan kelebihan kita dan menerima kekurangan
seorang kawan. Jadi dua wajah kusut di tengah kerumunan wewangian perempuan
dan laki bertemu sudah. Hawa kami tidak cocok dalam area dimana demokrasi
ditentukan oleh wangi tubuh ini. Maka sedikit menyingkirlah kami ke
belakang. Mencari ruang di antara sekat imajiner, antara masyarakat kelas
menengah ibukota dan kelas kambing kayak kami berdua ini.

“Che, apa aku sudah bilang kepadamu kalau kiamat sudah dekat?”, Jon
menatapku serius. Aku tertawa kecil (bukankah di tengah sekat imajiner ini
tutur kata dan cara ketawa mesti dijaga). Dari dalam ransel Bodypack-ku
nyaris aku keluarkan sebuah payung kecil, sebuah hadiah untuk Jon sebab, ini
untuk yang ketujuh kalinya ia melemparkan kalimat yang sama.

“Ya, karena Kiamat Sudah Dekat itu pula kan, si Naga Bonar berani berkoar
kembali (dan jadi pejabat per-pilem-an pula)?’ , ini jawaban yang ku ulang
untuk ketujuh kalinya pula (pastinya Jon juga lupa kalau ini jawaban yang
sama.

“Aku serius”, Bah, dia benar-benar tidak ingat rupanya sambil terus
menyebutkan perhitungan angka dari sebuah buku yang ia baca, “kesimpulannya
kiamat akan terjadi pada tahun 2015″

Selanjutnya klik  <http://esito.web.id/2009/02/pertemuan-1/> disini

Pertemuan  <http://esito.web.id/2009/02/pertemuan-2/> (2)

by e.s. ito ~ February 19th, 2009

“Bahh…” (buat yang tidak ngerti kenapa aku ngumpat membuka tulisan, aku
anjurkan baca tulisan pertemuan sebelum ini), nah aku lanjutkan ya..

Bagaimana awak tidak mengumpat, sudah di muka bumi dulu moyang awak dilarang
untuk menikmati dunia, eh di alam barzakh ini dilarang pula melintasi pintu
surga sementara di muka bumi sana, awak dilarang pula merokok dan jadi
paderi (maksudnya golput).

Jadi aku hanya bisa menatap bergantian antara papan pengumuman itu dan si
kancil sementara si BJ seperti biasa terkaing-kaing seperti anjing habis
disemprot lada. Dan Jon, kemanakah dia? Tentu pembaca budiman
bertanya-tanya. Kenapa aku tidak menyebut nama Jon. Dalam benak pembaca
tentu muncul kemungkinan-kemungkinan seperti :

a.      Jon telah kembali ke musholla yang dikentuti knalpot motor

b.      Jon mencari lubang hendak mengambil kamera

c.       Jon tidak tahu kemana rimbanya

d.      Suka-suka penulis dong

Selanjutnya klik disini <http://esito.web.id/2009/02/pertemuan-2/>