Saya tadi sempat baca komentar terhadap tulisan saya ini, melalui email
kantor saya coba menjawab atau berbagi seputar pengalaman tersebut

1.      Rina

Wah..wah..kasihan ya nggak bisa lagi mincing di Pulau Pecong tempat
keaneka ragaman ikan dan biota laut berkumpul karena tekanan kepentingan
bisnis, apaboleh buat Rin begitulah perariaran seputar Kepulauan Riau
yang dekat dengan negara Jiran Singapur sebagai pelabuhan perdagangan
tersibuk dikawasan Asia, karena luas laut atau dermaganya terbatas ini
dimanfaatkan oleh pebisnis untuk menjadikan peraiaranpulau Pecong untuk
pelabuhan atau dermaga singgah kapal tangker dan kapal-kapal dagang
lainnya sebelum merapat ke Singapur. Ya begitulah Rin..bukan cerita aneh
lagi perairan seputar Batam dikeruk abis dengan merusak ekosistim
peraiaran untuk kepentingan bisnis sekelompok orang. Ini tentu sangat
berbeda dengan Kepulauan Mentawai yang lansung berhadapan dengan laut
luas sejauh mata memandang kalau kita coba Rina ambi peta dunia nah
tarik garis horizontal di samudera hindia maka ujungnya akan ketemu di
Afrika sana tepatnya Negara Tanzania. Jadi peraiaran Mentawai masih
terjaga dari tekanan kepentingan bisnis seperti yang Rina ceritakan.
Memang jika kita hobi memncing diperaiaran dangkal berkarang yang telah
rusak ikannya boleh dikatakan tidak banyak baik dari segi jenis maupun
jumlahnya. Nah jika memaksakan diri juga pergi memancing dengan perahu
bercadik bermesin tempel wahhh..sudah capek...kulit terbakar bertambah
kaliang (saya)..ikan pun tidak makan..pusing datang karena
boring..pokoknya tidak terpuaskan candu memancing..kan tarikannya itu
yang kita cari...disana candunya kan...Ikan jika ada uang seberapapun
bisa kita beli..tapi tarikannya ini bo' kagak ade nyang jual..bener
nggak Mpok he..he..Mudah2an dapat tempat atau alternative lain untuk
memancing kedepannya jika memang kawasan Pulau Pecong itu mau dijadikan
pelabuhan perantara..

2.      Da Nofrins

Makasih infonya..wawww artinya kategori nomor 3 ya ombak di mentawai
Da..buat pesurfing kelas Dunia,,ruarrr biasa, memang Da saya pernah ke
katiet sekedar ingin tahu dan menyaksikan para pesurfing yang mahir
beraksi disana, biasanya sekitar bulan Agustus atau September ombaknya
paling Top..Ombaknya tinggi panjang dan cukup pancang sebelum pecah
menjadi deburan..sebuah tontonan yang mengasikan pakai keker melihat
aksi para peselancar mahir tersebut bermain dalam terowogan
ombak..dipucuk ombak..sampai berlabuh saat ombak memecah. Ini seharusnya
menjadi PAD khususnya bagi Kab Kep Mentawai, tapi begitu banyak
permasalahan dalam mengelola Mentawai sebagai kawasan parawisata
berkelas Internationa, saya tidak mau bercerita apa saja masalahnya
sangat komplek jika saya amati, mungkin da Nof juga merasakan pendapat
saya hampir sama dengan Pak AIM moderator WSTB seputar Dunia Parawisata
di Mentawai apa saja yang menjadi pokok permasalahan dan carut marutnya.

3.      Sana Erizon

Anggau..wawww..ya ketika musim anggau daratan seputar bibir pantai
memerah, anggau adalah sejenis kepiting  tapi jika musim kawin dia
kedaratan terutama di hutan mangrove bewarna merah dan lincah bergerak
ke daratan, kakinya berbulu kasar. Saya tidak tahan memakan ini, pernah
dulu kami bikin sop anggau di Camp satu dandang besar, setelah saya
cicipi badan saya lansung panas dan ekergi, gatal-gatal memerah seperti
panyakik gali gato, akhirnya saya dilarikan ke Puskesmas untuk mengobati
alergi karena Anggau ini. Tapi bagi yang tidak alergi...selalu ada pesta
Sop Anggau di Camp saya ketika musimnya.

He..he..he..bisa juga ya berbahasa Sipora..saya sudah banyak yang
lupa..kecuali yang masih saya ingat adalah BULAGAT..alias
Uang..Pitih..Kepeng

Oh ya satu lagi UBEK bukan obat..tapi ROKOK..kalo orang Sipoara menyapa
saya...Ubek..Ubek..Kui...(Rokok..rokok ..Pak)..lalu MOKOM...untuk Makan

Lanjutannya..nanti diceritakan betapa indahnya menatap langit yang
bertabur bintang gemitang berkelap kelip diatas lautan..mau tahu cara
yang paling indah menatap bintang dengan mata telanjang..tunggu ya saya
disambungan berikut

Wass-Jepe

lain harap mencantumkan sumbernya: ~dari Palanta r...@ntaunet