SBY Kembali Dikte PKS & PKB
BagikanHari ini jam 12:07

NILAH.COM, Jakarta - Upaya Partai Demokrat menjaga keutuhan
dukungan duet SBY-Boediono menuntut pengorbanan partai-partai mitra
koalisi. PKS dan PKB, bahkan kini kembali didikte SBY. Jika mereka
terbukti 'berselingkuh', maka jatah kursi di kabinet akan menjadi
taruhan.

"Apa yang dilakukan PKB dan PKS adalah usaha memperjelas komitmen
memenangkan SBY-Boediono. Hal ini reward dan punishment," kata peneliti
Lembaga Survei Indonesia (LSI) Burhanudin Muhtadi, kepada INILAH.COM,
di Jakarta, Selasa (2/6).

Sebelumnya, PKS mendapatkan teguran dari Partai Demokrat terkait
pernyataan Wakil Ketua Umum DPP PKS Zulkieflimansyah. Ia mengatakan
sebagian kader PKS hatinya ada yang mendukung pasangan JK-Wiranto
karena istri keduanya memakai jilbab.

Mitra koalisi yang lain, PKB mencopot posisi Effendy Choirie sebagai
ketua fraksi PKB di DPR. Demi memenangkan SBY-Boediono, PKB menindak
tegas elite-elite partai yang dianggap mengganggu.

Menanggapi hal tersebut, Burhanudin berpendapat PD tengah berusaha
untuk menyelidiki dukungan mitra koalisinya. Pertemuan silaturahmi
nasional 24 parpol koalisi pendukung SBY-Boediono, Sabtu (30/5) lalu
untuk memperjelas power sharing antara PD dengan partai yang lain.

"Hal ini untuk tidak membuat manuver mitra koalisi menjadi-jadi.
Pergantian (Effendy Choirie) itu untuk menunjukkan tetap setia pada
Demokrat. Zulkieflimansyah juga seperti itu," imbuhnya.

Jika loyalitasnya terbukti, lanjut Burhanudin, maka jatah menteri akan
diberikan sebagai imbalan. Sebaliknya, jika kesetiaan mereka diragukan,
maka akan membuat partai itu kehilangan jatah kursi kabinet. "Nanti
akan diberikan intensif yang lebih. Jika gagal bisa saja dikoreksi
jatah kursi yang sudah disepakati," pungkasnya. [bar/nuz]

Bagi2 kekuasaan,,

Romi
JKT