Indra Catri
Oleh K Suheimi

Saya tenok-tenok saya perhatikan dg sungguh-sungguh. Apa yg kurang dan apa yg
ndak ada dalam dirinya

Lulusan kampus ternama ITB dan lulusan SMA terbaik SMA 1 B Tinggi ini.

Ganteng, tak banyak berubah ketika tahun 84 saya ketemu dia di Bandung
mengharumkan nama dan kesenian Minang Saiyo

Kalau ka manjadi Mancik ketek-ketek lah luruih iukuanyo

Lincah, ramah, suka senyum dimanapun, itulah dia. Dia menjadi bunga dalam
pergaulan. Kehadirannya menghidupkan suasana "ngak ada lu ngak rame" "membikin
yang hidup semakin hidup"

Apapun tubo yg dihadapkan alumni, bukannya dia mundur dan mati kutu, enak saja
dia membalas tanpa menyakitkan.
Dalam ilmu silat di sebut "Gelek". Gelek cara utk mengelakkan pukulan lawan dg
sedikit memiringkan badan, namun kakinya maju dan serta tangan dan kaki bisa
disorongkan ke pertahanan terlemah lawan.

Gelek, mengelak sambil memberikan serangan yg mematikan. Dan Indra sangat
pandai berkat latihan yg menempanya.
Kelebihan orang minang dan silat minang terletak pada kepandaiannya "Gelek"
 Garah dan humornya hidup. Wajahbya yg "baby face" menyebabkan Ewida mengira
seangkatann dipagarahkan seperti kawan sebaya.

Dia sangat pandai memperlakukan orang tua, sehingga dia di tuakan jadi ketua
Alumni Sumbar
Dengan yg muda-muda, usah disebut dia memikat dan membuat orang muda mudah
terpikat. Baginya berlaku "nan tuo di hormati nan mudo disayangi"

Budi elok, baso katuju, kucindan murah dan Indra pandai merayu

Berkat rayuannya. Dg mudah dia dapat sponsor membuat Baliho yg besar2, lihat
Baliho di simpang kangkung yg dibuat Walikota Djufri mewakili angkatan 65. Di
setiap sudut B Tinggi dan Kabupaten Agam

Saya senang bersamanya dan kata-kata yg dilahirkannya sering saya simpan.
Sebagai datuk, penghulu dikaumnya dia kaya dg istilah dan kata-kata
bersayapserta ungkapannya "alah didalam adat"

Diantara alumni dialah primadonanya, karena utk Alumni dia mengorbankan
waktunya dan uangnya. Sebentar dia mancogok di Surabaya. Jika ada pertemuan di
Jakarta jarang yg tak dihadirinya. Antenenye tinggi, dia tahu keadaan
sekitarnya dan dia pandai membawakan

Dia tahu jadwal saya. Pas ketika saya melintasi B Tinggi dalam perjalanan
Pekanbaru Padang. Indra meminta "Pak etek tolong basamo In, maisi acara BTV"
Kerna malam itu ada penayangan kegiatan Alumni SMA 1 di B Tinggi. Sebetulnya
saya ingin ikut meramaikan, tapi kerna pasien saya di Padang sudah telpon minta
pertolongan,terpaksa kami lanjut ke Padang, meninggalkan B Tinggi dan
meninggalkan BTV.

Dia bisa menangkap setiap peluang dan kesempatan, baginya masalah di jadikan
suatu peluang

Berbekal sifat-sifat yg diatas, wajar jika dia adalah pemimpin masa depan

Tidak mudah memang mencari pribadi yg salangkok Indra catri maka dia layak
mendapat gelar nyiak lako. Di magek disebut "labai langkok" serba bisa dan
serba pandai

Saya sigi, suksesnya Milad SMA 1 ini salah satu adalah oleh kegigihan Indra
Cakti yang unjua- anja kian kamari menjemput dan mengantarkan Alumni ke
tujuannya

Dalam hati saya berbisik "trima kasih In, saya ngak bisa bayangkan kalau engkau
tak hadir atau kesehatanmu terganggu di Milad itu"

Allah telah limpahkan memberikan orang-orang terbaik mengemban beban yg dipikul
di SMA 1

"In engkaulah idola kami, engkau berdiri di barisan terdepan. Kibarkanlah
panji-panji SMA 1 katakan " We can"
Kalau kau berkata bisa, pasti kau bisa"

Salam teriring Do'a

Kenangan manis di SMA 1 Juli 2009