Masfar
Oleh K Suheimi

Hatinya senang, ketawanya lepas, disalaminya saya, genggamannya erat. Sebagai
Ketua Alumni SMA 1 dia lega. Anggotanya salah seorang Alumni SMA 1 diberi
kesempatan memberi Tausiyah di Istana Wakil Presiden.

Ditinggalkannya Prakteknya dia datang ke Istana Wakil Presiden bersama dr Erwin
Spseialis anak yang punya Rumah Sakit bagus di Bogor. Dari Bogor sengaja datang
ke Jakarta bergabung bersama orang awak dan pemuka orang Minang.

Malam itu Masfar ikut bersama Alumni SMA 1 yang lain Seperti Maizar Rahman yang
Komisaris Pertamina dan pernah jadi ketua dan Gubernur Opec
Ada Irwan Syarkawi yang waktunya lebih banyak di luar Negeri Sebagai GM dan
dipercaya sebagai Pemuncak di perusahaan Bakri Brother juga bisa hadir dimalam
itu
Hadir Feri Lasman atau Boy dan beberapa lagi Alumni SMA 1 yang bisa hadir
bersama ketuanya Masfar Salim.

Anak Mantri Salim dari Balai Gurah ampat angkat candung itu terlahir sebagai
keluarga sukses. Kakaknya Salma salim satu kelas dg saya dan sering jadi juara
kelas. Adiknya Masrul Salimpun dokter sukses.

Ibunya pembaca berat dan suka baca tulisan saya. Setiap kali saya ketemu Masfar
dia minta tulisan saya yang akan diberikan pada emaknya. "Tulisan Dami selalu
dibaca dan disimpan emak" kata masfar disuatu hari
Emaknya yang berdarah jawa itu suka membaca orangnya rapi. Bersih sekali,
sehingga tak setetspun debu dibiarkannya hinggap dalam rumah yang tertata apik.

Masfar, salma, dan Masrul kompak dan santun sekali pada orang tuanya. Sejarah
mencatat kesuksesan seseorang dikaitkan dengan kesantunan dan kebaktiannya pada
orang tua.

Ketika Masfar memberi kata sambutan di Ulang Tahun Mas SMA 1:

" Orang yang punya awalan nama mas banyak jadi pemimpin di SMA 1" kata Masfar
mengawali pidatonya.

Masri Saridam, ketua sebelumnya, Mazwar ketua Panitia saat ini"
Dan Jendral Masni Haroen yang banyak berkiprah untuk SMA 1
Banyak orang mengidolakan .Mas. Emas utk orang Padang dan Mas utk orang jawa

Masfar terecatat sebai Rektor 1 yang termuda di Universitas Yarsi
Dan tercatat sebagai dokter muda yang sukses dan banyak pasien.

Dengan pasien dia tidak berhitung. Dia cuma meletakkan celengan terserah berapa
pasien mau membayar. Ini mengharumkan namanya sebagai dokter yang mau menolong
orang tak mampu, sehingga pasiennya berjubel dan namanya harum.

Keharuman nama inilah yang membuat dia di percaya dimana-mana. Masfar yang
bertangan dingin ini berhasil merekat tali silaturrahim semua Alumni SMA 1.

Sumbanganpun mengalir. Bagai air Beasiswa untuk anak-anak yang pintar tapi
orang tua kurang mampu, berjalan lancar
Masjid Al Akram dibangan dalam waktu yang cepat
SMA 1 yang butuh air besih kini tinggal putar kran air sampai dimana-mana

Jaringan internet bisa di akses dari semua titik
Ke piawaannya merangkul Alumni yang sudah jadi orang besar sangat bagus
Sehingga di bulan juli kemarin tokoh-toko Nasional menyemarakkan acara ulang
Tahun Emas Sma 1. Tumpah ruah di jalan_jalan B Tinggi

Walikota B Tinggi dan Bupati Agam jalan seiring bergandeng tangan
Para jendral berbaris rapi

Orang-orang sukses dirangkulnya dibawanya ke kampus SMA 1
Dengan semboyan "Tiada masa paling Indah masa-masa di SMA. Tiada kasih paling
indah kisah kasih di SMA".

Banyakjabatan ketua disandangnya didalam perkumpulan urang awak Minang
Masfar juga staf ketua bersam Zulfahmi di ikatan SLTA se sumbar

Dialah sukses jadipemimpin di SMA 1. Saya kira dia akan sukses memimpin Ummat
ini

Untuknya saya berpesan;
"Kuluku Rain wakulu rain, mas'ului anrakyati"
Setiap kamu adalah pemimpin dan setiap pemimpin kelak akan diminta pertanggung
jawaban atas apa-apa yang di pimpinnya"

Istana Wakil Presiden 12 September 2009