Bayi. Besar
Oleh K Suheimi

Bayi perempuan itu cukup besar untuk ny Lina yang baru pertama kali melahirkan.
Berat bayi yang 4 kg itu menyebab Lina membawa bayi ke Rs Bunda

Bersama suaminya dari kabupaten Damasraya dia datang memeriksakan dirinya
Dalam hatinya sudah terbayang bahwa untuk melahirkan ini dia akan di operasi
caesar. Tapi waktu kontrol dia pernah membaca artikel saya tentang waterbirth
melahirkan didalam air.
Maka ketika tengah malam tadi dia datang untuk melahirkan. "Ina minta agar
persalinan anakku ini normal" Saya perkirakan kalau semuaya berjalan lancar
kira-kira jam 10 besok

"Apakah ngak bisadi percepat dan tak sakit?" Pinta ina
Lalu saya anjurkan agar dia mengikuti program waterbirth. Bersama suaminva
mereka setuju.
Jam 6 pagi dia mengedan. Bidan melaporkan pembukaan lengkap.

Betapa lancarnya pertolongan persalinan yang saya lakukan pagi ini dengan
kelahiran bayi didalam air dalam bath tab.

Mungkin karena Lina menginginkan kelahiran yang nyaman didalam airhangat dengan
termostat, maka dia merasa aman dan tentram.

Mungkin dalam air jernih steril dan hangat. Otot di panggulnya relaksasi
sehinga pintu mudah terbuka dan persalinan lebih cepat terjadi

Mungkin juga harapannya lahir normal dan masuk air mensugesti jiwanya sehinga
rasa sakit kurang dirasanya, mungkin telah keluar endorphin dari tubuhnya,
sehinga dia merasa nyaman dan tak merasakan sakit.

Persalinannya lancar sekali, padahal anak yang lahir beratnya 4 kg, menangis
kuat, lansung disusukan ibunya. Dan suaminya yang banyak menolong juga ikut
memotong tali pusat anaknya

Betapa bahagianya keluarga Lina pagi ini penuh senyum, suamiya men iqamatkan
anaknya. Ibu dan mertuannya pun gembira ria
"Ndak menyangka" katanya. Anak sebesar itu 4 kg lahir. Dengan aman , lancar dan
sebentar. "Padahal banyak tetanganya yang berat anaknya 3 kg di operasi
lahirnya".

Saya katakan "Bersyukurlah pada Allah. Dialah yang memudah segala sesuatu ini
Kemudian saya jelasan tentang "waterbirth"
 Waterbirth sudah bisa di laksanakan

Beberapa keuntungan untuk ibu dan untuk bayi bila melahirkan di dalam air,
antara lain;
Keuntungan yang diketahui dari persalinan dalam air (waterbirth):

-Mempercepat proses persalinan
-Menurunkan tekanan darah
-Memberikan Ibu kemampuan untuk mengontrol dirinya
-Menghilangkan sakit dengan cukup signifikan
-Memberikan efek relaksasi
-Ibu dapat menyimpan tenaga
-Mengurangi kebutuhan akan obat-obatan dan intervensi medis
-Mengurangi trauma perineal dan menghindari episiotomy
-Menurunkan angka operasi caesar
-Disarankan oleh banyak ahli kandungan berpengalaman
-Memberikan persalinan yang lebih mudah bagi Ibu dan kelahiran yang lembut bagi
bayi

Hadirnya kolam yang penuh air pada ruang bersalin merubah atmosfer ruangan
secara langsung. Suara menjadi lebih lembut, Ibu menjadi lebih tenang dan semua
orang berkurang stressnya.

Efek dari kenyamanan dari perendaman pada air memberikan ruang bagi Ibu untuk
bergerak dengan spontan. Ibu tidak memerlukan bantuan untuk berpindah posisi.
Ibu dapat menggerakkan tubuhnya seiring dengan pergerakan bayinya. Pergerakan
ini membantu pembukaan pelvis, memberikan jalan bagi bayi untuk turun.

Disaat Ibu bersalin dapat tenang di dalam kolam air yang hangat, bebas dari
gaya gravitasi yang menarik tubuhnya, dengan rendahnya stimulasi sensori, maka
rendah pula kemungkinan tubuh Ibu mengeluarkan hormon yang stress-related.
Sebaliknya tubuh Ibu akan menghasilkan endorphin (hormon inhibitor rasa sakit)
yang memudahkan persalinan.. Nonadrenalin dan catecholamines, hormone-hormon
yang dilepaskan pada saat stress, dapat pula menaikkan tekanan darah dan dapat
menghalangi bahkan memperlambat persalinan.  Ibu bersalin yang dapat tetap
tenang secara fisik, dapat pula menjadi tenang secara mental. Banyak dokter,
bidan dan ibu yang mengakui efek analgesic dari air. Ibu-ibu ini menyatakan
tidak akan lagi bersalin tanpa air.

Air memberikan efek menenangkan dan atmosfir yang tenang dan damai. Banyak ibu
yang menyatakan mereka menikmati persalinan mereka dan mendapatkan bahwa air
memberikan mereka kebebasan sesungguhnya dalam bergerak dan berkonsentrasi
penuh.

Saya ingin memberikan yang terbaik pada pasien saya, semoga rintisan usaha ini
membuat ibu dan bayinya serta keluarga berbahagia

Terima kasih ya Allah telah Engkau berikan kami Ilmu, semoa setiap ilmu yang
Engkau berikan dapat membantu orang banyak dan dapat lebih mendekatkan diri
pada MU

Betapa bahagianya sang ayah di pagi ini dengan khusuknya membisikkan kalimat
iqamat di telinga anaknya

Rs Bunda 27 September 2009