Assalamualaikum Wr.Wb bapak Indra J. Piliang.

Sebaiknya tolong disebutkan kerusakan2 apa saja yang diderita/alami, supaya
sanak2 serta ummat RN di Palanta bisa memberi informasi yang optimal.
Sparepart yang akut, sebaiknya diganti dengan yg Orisinil, tetapi sparepartt
yang tak begitu sennsitiv mungkin bisa diganti dengan merek lain yang bukan
orisinal, tetapi tetap yg diberi izin oleh  Isuzunya.
Malahan biasanya lebih ekonomis, karena tidak merek yg terkenal, tetapi yg
diberi lisensi oleh Isuzunya.

Seingat saya, sewaktu saya di Padang 2005, saya pernah servis keBengkel Toyota,
dijl Chatib Suleiman, jikalau Bapak dari arah Bukittinggi menuju arah Pasar,
sebelah kanan Jalan. Seingat saya pemiliknya orang Batak Selatan/Mandailing,
tukangnya ada yang ahli, bagian mesin, maaf nama beliau saya lupa.
Mungkin karena kondisi jalan kurang baik dan mobil bapak memakai ban
lebar(kurang ekonomis mahalan, selain itu banyak makan minyak, serta sensitiv
sekali terhadap kooplaher), jadinya kugellager ("kopplahar")roda2 nya menjadi
lebih cepat aus.
Karet2an roda balljointnya, karet2an steer, karet2an stabilisator.

Mungkin juga "koplahar" dari turbo nya juga mulai aus.(biasanya yang baik INA,
VAG)
Yang paling penting, mohon dari saya ke Bapak supaya minyak remnya, ABSOLUT
diganti baru SEMUA, karena minyak rem wajib diganti semua dalam siklus waktu
setiap 2 thn, minyak  rem tsb bersifat hygroskopis (menghisap uap/air/embun).
Tolong diperhatikan sewaktu beli yang absolut baru dikaleng/bejana yang 100%
tertutup, tanyakan/tunjukan ditoko spareparts warna minyak rem Bapak
(merah/biru/DOT 4/5)Yang baik biasanya bermerek ATE. Jangan lupa selang2 remnya
diperhatikan apa kondisinya masih bagus, tentu saja disc brakenya juga dikontol
juga.

Yang penting lagi, yakni, filter angin, filter udara/ruangAC, filter oli,
filter bahan bakar pertama dan bahan bakar kedua. Karena umumnya minyak2 bahan
bakar di indo kurang bersih. Tentu saja ganti olie mesin, minyak powersteering
tolong dikontrol. Tali kipas mesin, karet penghapus kaca.
Saya memberanikan diri memberi info ke Bapak, berhubung saya tahu sedikit2
teorie2 tentang kerusakan2/perbaikan2 mobil.

Stelan mesin (timing pembakaran) tolong dicek, mungkin2 saja perlu busi2 baru
ataupun stroomverteiler yang baru. Karena jangka lama, pembakaran ideal, hemat
minyak.

Mudah2an bisa berpaedah dan membantu, maaf sekali, kebetulan saya anak
rantau,jadi kurang/tidak familiar dengan kota Padang ataupun Sumbar.

Saya doakan semoga berhasil,selamt jalan keJakarta,
Wassalam,
Muljadi

-------- Original-Nachricht --------