Kalau nan dek ambo nan disabuik adaik minangkabau itu adolah 'caro', Kanda
Suryadi, bukan 'hasil'.

Di sikolah pintarnya jalan keluar agama dan adat di Minangkabau: adaik basandi
syarak, syarak basandi kitabullah. Iko adalah caro, proses yang berasal dari
kesesuaian urang salingkaran adat. Zaman kini banyak urang awak indak
memahaminyo sebagai caro, tapi aturan. Kalau ditarik ke aturan untuk apa
filosifinya berbelit-belit, bukankah lebih jelas langsung saja: Adat harus
sesuai dengan Kitabullah. Itulah inti perjuangan Paderi zaman dulu yang
berakhir
dengan kesepahaman ABS-SBK.

Sebelumnya begitu pula Syech Burhanuddin dan pengikutnya mempengaruhi kaum adat
dengan berusaha mencari filosofi yang tidak saling 'mengabaikan', tapi saling
mengisi. Inilah inti demokrasi yang disebut orang dari minang: intinya adalah
dari adat, bukan agama. Adat yang berhasil mendemokrasikan agama. Sebaliknya,
agama yang berhasil menuntut adat.

Itulah beda Minangkabau dengan Aceh. Adat Aceh pra Islam tidak ada yang
disesuaikan dengan agama, karena adat sebelum Islamnya tidak kuat, atau
Kerajaan
Islamnya sangat kuat mempengaruhi adat sebelumnya.

Cerita lain, kenapa tidak diadakan Kongres Gebu Minang saja? Sampai sekarang
saya masih penasaran, benarkah Gebu Minang ini didirikan dengan urunan Rp1.000
per orang Minang? Bagaimana pertanggungjawaban publiknya?

Soal joadah masak ko, iyo menarik bana di Kongres Minangkabau ko dibahas pulo
soal nasib budaya awak kini, bantuak kuliner tradisional 'joadah' ko.

Salam takzim,
Syofiardi (40)