Mungkin perlu kita ketahui, oleh sebab matrilineal murni ini, dizaman hindia
belanda, keresidenan sumatera barat mempunyai angka dengan tingkat
perceraian tertinggi diseluruh wilayah hindia belanda.

Perlu saya garis bawahi, bahwa matrlineal ini sama sekali tidak bertentangan
dengan hukum islam, dan sudah diselidiki semenjak raja islam yang pertama
(sultan alif) sekitar tahun 1600'an yang mangadopsi islam sebagai agama
resmi di minangkabau.

Ragards,
FM st. sampono