Bu Nuraini dan para sanak pencinta pariwisata Sumbar sekalian,

Bu Nur tidak usah berkecil hati. Peran MAPPAS hanya salah satu komponen dari
tiga komponen pariwisata -- menurut Sanak Lembang Alam -- yaitu regulator,
operator, dan konsumen. Kita adalah konsumen, karena itu tidak bisa jalan
sendiri.

Bagaimanapun, walau belum banyak yang dapat kita perbuat, namun
setidak-tidaknya wadahnya sudah kita bentuk, dan ikut aktif sebagai 'pengekor'
dari kegiatan kepariwisataan Sumbar. Sudah barang tentu peran bu Nur jauh lebih
banyak dari peran saya [yang bukan berlatarbelakang pariwisata]. Untuk itu atas
nama pribadi saya ucapkan terima kasih yang bsebesar-besarnya. .

Kita bersyukur bahwa sekarang ini sudah mulai banyak sanak kita yang bukan saja
mampu dalam bidangnya, tetapi juga bersedia bekerjakeras untuk memajukan dunia
pariwisata Sumbar yang -- alamnya -- demikian mempesona. Tanyalah sanak kita
Johannas Backir yang sudah malang melintang di Ranah tercinta.Yang masih sangat
memprihatinkan adalah manajemennya serta 'service' dari masyarakatnya.

Sekiranya cukup banyak calon yang bersedia menjadi ketua umum MAPPAS, bila
perlu adakan dua kali pemilihan, 1) meyusun 'long list' umtuk mencari calon
yang tepat; dan 2)  membuat 'short list' untuk memilih calon ketua umum
definitif.

Dalam hubungan ini, saya rasa pembedaan fungsi antara regulator, operator, dan
konsumen tetap perlu dijaga. Semuanya bisa duduk semeja dalam 'West Sumatra
Tourism Development Board', yang selama ini entah mengapa kok sulit amat untuk
dibentuk.

Wassalam,
Saafroedin Bahar Soetan Madjolelo
(Laki-laki, Tanjung, masuk 74 th, Jakarta)
Taqdir di tangan Allah, nasib di tangan kita.