Sholat Sebagai Penyejuk Jiwa

By: agussyafii

Ketika kita dihadapkan dengan badai dan ombak samudra kehidupan yang terasa
berat, tidak ada cara yang bisa dilakukan kecuali tawakal kepada Allah.
Demikian juga ketika kita harus mengarungi berbagai permasalahan hidup hanya
kepada Allahlah kita berserah diri.

Itulah yang dialami seorang Ibu, malam itu beliau bersama suami dan putrinya
sedang berdoa bersama dengan anak-anak Amalia untuk almarhum putra tercintanya,
meninggal dunia diusia muda. Di Rumah Amalia terdengar lantunan ayat suci,
dalam keheningan kami khusyuk  memanjatkan doa, memohon kepada Allah agar putra
tercinta diterima disisiNya. Setelah selesai, Malam itu kami melanjutkan
perbincangan.

Menurut beliau cobaan yang teramat berat dalam hidupnya adalah disaat dirinya
dan keluarganya kehilangan putra pertamanya setahun silam. 'Waktu saya
ditinggal putra saya, alhamdulillah saya bisa melalui dengan sholat, sholat
adalah penyejuk jiwa saya. Semuanya saya kembalikan kepada Allah.' Beliau
mengaku mulai rajin sholat sekitar setahun yang lalu. Waktu itu beliau
merasakan guncangan itu begitu luar biasa sehingga membuatnya rajin untuk
melakukan sholat dan pada saat itu pula beliau memutuskan untuk menutupi aurat
sebaik mungkin dengan memakai jilbab.

Kebiasaan sholat sebagai penyejuk jiwa dijalaninya, tidak hanya dirinya, tetapi
juga suami dan anak-anaknya. 'Kami sekeluarga suka sholat berjamaah dan
dilanjutkan dengan mengaji bersama.' tutur beliau. AIr matanya berlinang,
sesekali mengusap wajahnya yang basah. Dalam pengakuan beliau hidupnya sering
menghadapi masalah. 'Dalam hidup, siapapun orangnya tidak akan pernah dari
masalah, ujian, kesulitan dan penderitaan. Semua itu hal yang biasa namun yang
membedakan bagaimana cara menyelesaikan masalah itu sendiri dan saya memilih
menyelesaikan dengan sholat, berserah diri pada Allah.' Tutur beliau. Malampun
terasa hening, kami meresapi  makna setiap tutur dalam keberserahan seorang
hamba kepada Sang Khaliq. Subhanallah, Maha Suci Allah.

--
Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, dan sesungguhnya yang demikian
itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk(QS. al-Baqarah: 45).

Wassalam,
agussyafii
---
Yuk hadir atau menjadi relawan pada kegiatan 'Aksi Sosial Amalia (ASA)',
bazaar, perlombaan anak2, santunan di Rumah Amalia, Jl. Subagyo IV Blok ii, No.
23 Komplek Peruri, Ciledug. pada hari Ahad, tanggal 25 Juli 2010. Kirimkan
dukungan dan partisipasi anda di http://www.facebook.com/agussyafii3, atau
http://agussyafii.blogspot.com/, http://www.twitter.com/agussyafii atau sms di
087 8777 12 431.