Re: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab ganti ke ananto mau ngeritik Rosulluloh

2006-10-17 Terurut Topik Ananto
h... itu hanya penafsiran sampeyan saja, mas... hehehe..   salam JIHAD (kata mas agung), ananto  On 10/17/06, wandysulastra <[EMAIL PROTECTED]> wrote: Kalau udah mentok aja, baru nurut hehehe--- In keluarga-islam@yahoogroups.com, Ananto <[EMAIL PROTECTED]>wrote:>> lo... yg bilang ga bol

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab ganti ke ananto mau ngeritik Rosulluloh

2006-10-16 Terurut Topik wandysulastra
Kalau udah mentok aja, baru nurut hehehe --- In keluarga-islam@yahoogroups.com, Ananto <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > lo... yg bilang ga boleh kan sampeyan? masak lupa sih ama omongan sendiri... > :) > > kalo saya sih tetep kritis atuh... itu untuk membuktikan kecintaan saya > kepada kanje

RE: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab ganti ke ananto mau ngeritik Rosulluloh

2006-10-16 Terurut Topik Hidayat, Akhmad
sayang, Hidayat   From: keluarga-islam@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Ananto Sent: Tuesday, October 17, 2006 12:45 PM To: keluarga-islam@yahoogroups.com Subject: Re: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab ganti ke ananto mau ngeritik Rosulluloh

Re: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-16 Terurut Topik Ananto
setuju... tapi saya ga hobi nDalil tuh... karena biasanya cuman copy paste.. :-p   salam, ananto  On 10/17/06, wandysulastra <[EMAIL PROTECTED]> wrote: Makanya saya bilang, biar ndak seperti anak SD yang suka menghayaldan berandai-andai, yuk kita berdiskusi berdasarkan referensi yang jelas G

Re: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab ganti ke ananto mau ngeritik Rosulluloh

2006-10-16 Terurut Topik Ananto
lo... yg bilang ga boleh kan sampeyan? masak lupa sih ama omongan sendiri... :)   kalo saya sih tetep kritis atuh... itu untuk membuktikan kecintaan saya kepada kanjeng nabi yg memang sangat maksum...   salam, ananto  On 10/17/06, wandysulastra <[EMAIL PROTECTED]> wrote: Ga boleh apa bingung mau

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab ganti ke ananto mau ngeritik Rosulluloh

2006-10-16 Terurut Topik wandysulastra
Ga boleh apa bingung mau mengkritisi apanya...? :) Makanya Mas, jangan asal comot tulisan orang tanpa difahami dulu isinya, hehehe... Tapi, ya syukur deh kalau sampeyan sudah setuju bahwa masih banyak orang yang lebih pantas untuk dikritisi, daripada mengkritisi Rasulullah yang Maksum... Sala

Re: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab ganti ke ananto mau ngeritik Rosulluloh

2006-10-16 Terurut Topik Ananto
lo... kata sampeyan ga boleh kritis kepada rosul... kalau ga boleh ya udah... bijimane seh sampeyan?   kalau boleh kan berarti ada diskusi, kalau ga boleh ya udah kan? sami'na wa atho'na aja atuh... :))   salam, ananto  On 10/17/06, wandysulastra <[EMAIL PROTECTED]> wrote: Waduh, seperti biasa n

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab ganti ke ananto mau ngeritik Rosulluloh

2006-10-16 Terurut Topik wandysulastra
Waduh, seperti biasa nih si Mas muter2 mulu... hehehe... Iya mas, saya ngerti maksud sampeyan, makanya sekarang saya tanya, apa yang sampeyan mau coba KRITISI dari RASULULLAH? Ayo dong di mulai diskusinya, jangan ngalor ngidul mulu... :) --- In keluarga-islam@yahoogroups.com, Ananto <[EMAIL PRO

Re: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab ganti ke ananto mau ngeritik Rosulluloh

2006-10-16 Terurut Topik Ananto
hmmm boleh ga? kata sampeyan ga boleh...   kenapa harus kritis? karena dengan kritis, maka ada diskusi... karena dengan kritis, maka ada pembelajaran... karena dengan kritis, maka ada saling mengisi dan mengingatkan...   coba bayangkan jika beragama tanpa sikap kritis.. sepi, garing dan tida

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-16 Terurut Topik wandysulastra
Makanya saya bilang, biar ndak seperti anak SD yang suka menghayal dan berandai-andai, yuk kita berdiskusi berdasarkan referensi yang jelas Gimana? :) --- In keluarga-islam@yahoogroups.com, Ananto <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > ya itulah... karena sama sama anak SD... mangkanya yg diobrolin

Re: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-16 Terurut Topik Ananto
ya itulah... karena sama sama anak SD... mangkanya yg diobrolin juga level SD... jangan sok jadi anak kuliahan...   sesama anak SD, dilarang saling merasa pinter.. :))   salam, ananto (jadi kangen ama guru SD saya neh)  On 10/17/06, wandysulastra <[EMAIL PROTECTED]> wrote: Yang lebih repot lagi,

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab ganti ke ananto mau ngeritik Rosulluloh

2006-10-16 Terurut Topik wandysulastra
Wah menarik nih, apa yang coba anda kritisi dari Rasulullah? Ayo ah, di share --- In keluarga-islam@yahoogroups.com, Ananto <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > bukan kritik bos... tapi kritis... :)) > saya mengkritisi... bukan mengkritik... > > salam, > ananto > > > On 10/16/06, Ade Sanjaya Al

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-16 Terurut Topik wandysulastra
Yang lebih repot lagi, kalau ada anak SD yang coba2 mau menganalogikan masalah akidah, Mas... Gimana yang membaca ndak bingung dan keder? hehehe Jangan asal menganalogikan ah... Kita kan punya dua sumber ilmu (Quran dan Hadits) yang ndak akan habis2 kalau terus kita gali hingga hari kiamat

Re: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-16 Terurut Topik Ananto
kecintaan... terserah kalau> anda semua tidak> > sependapat> > > dengan saya...> > >> > > salam,> > > ananto > > >> > >> > > On 10/16/06, Sumantri <[EMAIL PROTECTED]> wrote:> > > >> > > >  Bung Ananto...Anda ini siapa ? Keahlia

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-16 Terurut Topik wandysulastra
Bung Nanto, kalau ada orang yang berbeda pendapat dengan kita yang menyatakan kalau ada Nabi lagi sesudah Nabi Muhammad saw, atau Jika ada orang yang mengaku sebagai Jibril yang menjelma ke bumi, atau jika ada orang yang mengaku bisa menyelamatkan kita di hari akhir nanti, atau jika ada orang y

Re: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-16 Terurut Topik Anto Sulistianto
gt; > > > > salam, > > > ananto > > > > > > > > > On 10/16/06, Sumantri <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > > > > > > > Bung Ananto...Anda ini siapa ? Keahlian ilmu > agama apa yang > > anda miiki ? > >

RE: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-16 Terurut Topik Kartika, Bambang
ED]On Behalf Of AnantoSent: Monday, October 16, 2006 2:35 PMTo: keluarga-islam@yahoogroups.comSubject: Re: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab bung wandy...   saya kasih gambaran sedikit saja tentang sikap kritis... di suatu kelas Sekolah Dasar (SD) Negeri kelas 2, se

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-16 Terurut Topik ahmadzr
sekarang udah jamannya handphone, internet, wireless, ... kok mikirnya masih kuno, masak Nabi dibilang yang mengarang Al Qur'an. berarti kalo sampeyang sedang nelpon pacar pake handphone nokia, itu bukan suara pacar sampeyan tapi suara nokia...hehehe. > > > -Original Message- > > > From

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-16 Terurut Topik wandysulastra
Kalau kritis yang anda maksud adalah kritis dalam hal mempelajarinya, hal itu tentu sangat baik. Tapi kalau kritis yang dimaksud adalah seperti kritisnya orang2 JIL (mengoreksi dan menolak syariat), kritis seperti itulah yang dianggap sesat oleh Ulama. Seperti kata Imam Malik: "Siapapun perkata

Re: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-16 Terurut Topik Ananto
Haqul Yaqin bahwa Allah SWT yangtelah > > menciptkannnya tapi dia merasa paling hebat denganpendapatnya "Anna> > Khoirumminh"; Aku lebih baik dari Adam: Itulah IblisLaknatullah> >> > Sekali lagi, jangan merasa diri kritis, tanya dulu anda itu siapa?> >>

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-15 Terurut Topik wandysulastra
bih baik dari Adam: Itulah Iblis Laknatullah > > > > Sekali lagi, jangan merasa diri kritis, tanya dulu anda itu siapa? > > > > > > -Original Message- > > From: Ananto <[EMAIL PROTECTED]> > > To: keluarga-islam@yahoogroups.com > > D

Re: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-15 Terurut Topik Anto Sulistianto
ku lebih baik dari Adam: Itulah > Iblis Laknatullah.... > > > > Sekali lagi, jangan merasa diri kritis, tanya dulu > anda itu siapa? > > > > > > -Original Message- > > From: Ananto <[EMAIL PROTECTED]> > > To: keluarga-islam@yahoogroups.c

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-15 Terurut Topik wandysulastra
Perlu kita pahami kembali, al-Quran adalah landasan ajaran, tiang akidah, serta syariat dan jiwa kehidupan Islam. Sedangkan Sunnah Nabi saw, yang ditunjukan dengan perkataan, perbuatan dan pernyataan beliau, merupakan penjelasan konseptual dan praktikal bagi Kitab Allah (al-quran). Karena itu A

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-15 Terurut Topik al.fatih
Kayaknya baru denger adanya istilah aneh "kritik untuk kebaikan bersama" yang dikritik malah Rasulullah yang kita anggap sebagai uswah kita, Subhanallah, shalawat kita untuk beliau Alaihi Shalatu Wa Sallam. Saya kan dari tadi tanya bisa beri contoh kritik yg dimaksud itu misalnya seperti apa? k

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-15 Terurut Topik al.fatih
Oke, kalau ente bersikukuh mau kritis dan gak mau kaya jamannya eyang Harto dan Moko, saya tanya ama ente hal-hal apa yang ente dan JIL perlu kritisi dari seorang Rasulullah? saya menganggap bahwa Rasulullah telah sempurna dan risalahnya telah lengkap (al-Maidah 3) dan sama sekali tidak berhak

Re: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-13 Terurut Topik Ananto
pak fatih...   untuk hal ini, maaf... saya tidak sependapat dengan anda... walaupun anda dan yg lain teriak2 bahwa JIL itu sesat, keblinger, akidahnya melenceng dst... tetep saya tidak bergeming...   prinsip saya... hanya Gusti Allah yg maha memvonis seperti itu... wallahu a'lam... bisa jadi, ki

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-13 Terurut Topik al.fatih
Mas gak usah puter-puter lebih benar atau lebih salah. seorang nabi semulia Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam saja masih dikritisi dan dianggap belum sempurna, jadi nilai sendiri saja lah. --- In keluarga-islam@yahoogroups.com, Ananto <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > hmmm... > > sampeyan k

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-13 Terurut Topik wandysulastra
Wah, pantesan... Kalau dibilang hebat, ya memang hebat2 banget orang2 JIL ini. Apalagi buat orang2 awam bin oon seperti kita2 ini. Bahkan di salah satu diskusi terbuka yang pernah saya ikuti, mereka berani mengkritik Syariat Islam yang dianggapnya tidak sesuai dengan perkembangan zaman. Lain

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-13 Terurut Topik kang nceps
bisa-bisa tapi yang terambil adalah masalah tauhid murni, kalo bisa yang lebih terurai gitu leeooh ada masalah dunia, masalah akhirat, masalah tumbuhan, masalah ekonomi, alam semesta, masalah rasul, masalah nabi, orang kafir, embryologi, seperti surah yasin ,,, yang bisa silaturahminya agak la

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-13 Terurut Topik wandysulastra
Kalau surah Al-Ikhlas, gimana Kang? Semua orang Islam baik yang masih anak2 maupun yang sudah tua rata-rata hafal surah yang pendek ini. Menurut para Ulama surah ini memiliki makna yang sangat dalam serta memiliki keistimewaan yang sangat agung. Sabda Rasulullah surat Al-Ikhlash itu menyamai sep

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-13 Terurut Topik kang nceps
a Aliyasa > Qapco.co.ltd > Po.box 50155- Ummsaid Qatar > Phone : +974 4642335 > Mobile ; +974 5865068 > - Original Message - > From: Ramdan > To: keluarga-islam@yahoogroups.com > Sent: Friday, October 13, 2006 10:05 AM > Subject: Re: [keluarga-islam] Re:

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-13 Terurut Topik kang nceps
Kang,, mungkin pertanyaannya adalah apakah islam saat perkembangannya di pengaruhi oleh budaya setempat juga ??seperti aturan Qishash dan rajam yang juga merupakan produk yahudi apakah musim haji di pengaruhi oleh kebiasaan penduduk mekah pada bulan itu yang sedang tidak berdagang ?? seperti tersi

Re: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-13 Terurut Topik Ade Sanjaya Aliyasa
Aliyasa Qapco.co.ltdPo.box 50155- Ummsaid QatarPhone : +974 4642335Mobile ; +974 5865068 - Original Message - From: Ramdan To: [EMAIL PROTECTED] Sent: Friday, October 13, 2006 10:05 AM Subject: Re: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab Kang

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-13 Terurut Topik wandysulastra
Makanya seperti om Fatih bilang, coba rajin baca-baca kesitusnya orang2 JIL, biar anda bisa ngerti pola pikir mereka. JIL itu bukan hanya sekedar berbeda pendapat, tapi sudah jelas kesesatannya. Kalau anda suka rajin menghadiri kajian2 agama, bahaya JIL ini sudah sering disampaikan oleh Ulama

Re: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-13 Terurut Topik Ramdan
ya.. penjelasannya sudah lengkap kok.   Demikianlah Kami wahyukan kepadamu al-Qur'an dalam bahasa Arab supaya kamu memberi peringatan kepada ummul Qura (penduduk Mekah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya serta memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak ada kerag

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-13 Terurut Topik al.fatih
Apanya yang gak imbang? Saya hanya memperingatkan netter yang lain yang belum terkontaminasi oleh virus JIL. Dikemas pake selubung apa pun pasti ketahuan yang namanya JIL. Dan tidak ada istilah ghibah dalam memperingatkan seseorang dari bahaya semacam ini. Diskusi tetap sehat kalau kita mau ber

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-13 Terurut Topik wandysulastra
Wah sami atuh Kang, sayah oge tidak anti terhadapat budaya negara manapun selama tidak melanggar ajaran agama. Karena itu, berkaitan dengan postingan "Membebaskan dari Budaya Arab", pertanyaan saya 'Ada apa dengan budaya Arab'? Budaya arab mana yang mesti kita tolak? Jangankan budaya Arab yang

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-13 Terurut Topik al.fatih
Tepat sekali, pak Alergi terhadap arab justru bumerang buat kita sendiri dan sudah banyak contoh mereka yang selalu melontarkan tuduhan "arabisasi" biasanya enggan mempelajari bahasa arab namun anehnya senangnya berdebat dan berfatwa dengan membawa-bawa model tafsir al-Qur'an gaya baru dengan m

Re: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-13 Terurut Topik Ananto
hm... nge-les.. :))   oke... kita kembali ke artikel lagi... anda ngomongin JIL di sini (jangan ngrasani, puasa2 lho...)... sepertinya anda curiga ini tulisannya JIL, anda tahu dari mana kalau penulisnya ini JIL? pan di foot note nya udah ada catatan kalo doi orang ICMI... ICMI kan bidannya

Re: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-13 Terurut Topik Ramdan
Kang, Budaya Arab, sudah jelas, dari tanah Arab sana. nah Kalo Budaya Islam? yang mana? Apa kah budaya orang2 islam? jika iya, budaya orang2 islam yang mana? kan, orang2 islam sudah tersebar di penjuru dunia. jadi ada orang2 islam arab, ada orang2 islam afrika, ada orang2 islam asia, dst yang ma

Re: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-13 Terurut Topik Ade Sanjaya Aliyasa
Al Ustadz al fatih ini kalimat antum buat siapa tadz ?   Karena di KI ini bannyak juga orang JIL hehehe   Dan ada juga yang kelompok yg GANJIL... hehe   Anna liat semangat ente , jadi ingat milister lama yg gak pernah muncul lagi   salam Ade Sanjaya Aliyasa Q

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-12 Terurut Topik wandysulastra
Insya Allah saya 100% sependapat dengan anda. Disamping bahasa Arab merupakan syarat untuk dapat bisa memahami al-Quran, bahasa Arab juga merupakan bahasa pemersatu umat Islam di seluruh dunia. Al- quran sebagai panduan dan pedoman umum umat Islam berbahasa arab, sehingga tidaklah salah jika dik

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-12 Terurut Topik kang nceps
saya tidak anti budaya Arab, tapi saya juga tidak anti budaya barat, tapi saya anti budaya yang membawa kemusrikan, budaya yang menghilang jati diri budaya yang melanggar tauhid,aqidah dan sunnah selain itu maka saya oke-oke saja, selama orang yang merasa berbudaya arab lebih islami tidak memaks

Re: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-12 Terurut Topik Abu Ahmad
Sesungguhnya merupakan suatu hal yang sangat wajar dan manusiawi setiap manusia untuk mencintai tanah airnya dan apa-apa yang berkaitan dengannya. Mengapa kita mencintai Indonesia, budaya Indonesia, bahasa Indonesia? secara fitrah pasti pangkal penyebabnya adalah satu hal, yaitu KITA adalah ora

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-12 Terurut Topik wandysulastra
Lho, yg bilang anda antipati sama Arab siapa? Saya kan hanya bilang banyak Muslim yg seperti itu, kok anda jadi merasa, heheehe... Maaf kalau saya seperti menuduh anda :) Benarkah hanya suatu "kebetulan" saja jika ananto dan wandy dilahirkan di indonesia? Tidak ada yang kebetulan, semua sudah

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-12 Terurut Topik imbuhs
kembali ke artikel awal diskusi ini; apanya yang tidak universal ya? kebanyakan berpikir, nanti tersesat. IS --- In keluarga-islam@yahoogroups.com, Ananto <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > lho... > sampeyan sendiri lo yg menggiring ke amrik... saya kan bicara arab... btw, > kalo mau dilanjutin...

RE: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-12 Terurut Topik Sahmuddin \(PTI - SOR\)
EMAIL PROTECTED]On Behalf Of AnantoSent: 13 Oktober 2006 12:37To: keluarga-islam@yahoogroups.comSubject: Re: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab lho... sampeyan sendiri lo yg menggiring ke amrik... saya kan bicara arab... btw, kalo mau dilanjutin... saya bangga jadi islam indo

Re: [keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-12 Terurut Topik Ananto
lho... sampeyan sendiri lo yg menggiring ke amrik... saya kan bicara arab... btw, kalo mau dilanjutin... saya bangga jadi islam indonesia, bukan islam arab ataupun islam amerika...   anda menafsirkannya juga terlalu jauh... siapa juga yg anti pati terhadap arab...:)) perkataan bangga jadi islam

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-12 Terurut Topik wandysulastra
Hmmm... Ada apa dengan budaya Arab? Mengapa banyak muslim seperti antipati dengan Arab? Mengapa jika muncul sesuatu yang berbau arab kemudian orang berkomentar, "Ini Indonesia Bung, bukan Arab!" Tetapi tidak demikian dengan sesuatu yang berbau Barat (baca: Amerika). Apakah budaya Barat jauh le

[keluarga-islam] Re: Membebaskan dari Budaya Arab

2006-10-12 Terurut Topik al.fatih
Tulisan di bawah ini sudah terkena virus JIL, antum harus berhati- hati. Silahkan sering-sering berkunjung ke situs www.islamlib.com agar kita tidak terkecok oleh kedok mereka. berikut ini nama-nama "sacho"-nya pengagum orientalis di negeri kita: W.C. Smith, Hans Kung, Fritjof Schuon, Arthur Jef