--- In Serikat-Kaum-Terkutuk@yahoogroups.com, "agendarto"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Saya sangat setuju, karena setahu saya... GURU itu sangatlah mulia,
> oleh karena itu bahkan dulu pun GURU diberikan gelar sebagai
> pahlawan tanpa tanda jasa.
>
> Demo yang dilakukan oleh guru tentu mereka bukanlah GURU yang
> sebenarnya, karena para GURU yang sebenarnya pastilah bekerja dengan
> tanpa pamrih. sebab yang mereka inginkan hanyalah melihat supaya
> anak-anak didiknya berhasil... Sukur-sukur kalo anak didik yang
> berhasil tersebut ingat pada gurunya.
>
> Oleh karena itu mari kita dukung, hormati, dan ingat dengan baik
> GURU-GURU kita.
> [...]

Tujuan anda memang patut dihargai karena menginginkan pengabdian guru2
ini jangan dikotori oleh para demonstran yang mengatas namakan guru2 ini.

Namun guru2 yang berdemo ini bukanlah guru gadungan melainkan guru
yang tidak bisa diangkat jadi guru pegawai negeri karena kebutuhan
guru agama Islam memang tidak mungkin sebanyak itu.  Hal ini seperti
yang sudah saya tuliskan panjang lebar lebih disebabkan kesalahan
pemerintah dalam planning pendidikan maupun kebijaksanaan politik yang
tidak seharusnya mencampuri urusan agama yang seharusnya cuma urusan
pribadi.

Tidak mungkin kita menyalahkan umat yang percaya agama Islam, yang
salah justru pemerintah RI lah yang memanfaatkan kepercayaan agama
Islam ini untuk tujuan2 politik praktisnya.  Agama tidak seharusnya
diajarkan disekolah, dan kalo hal ini dilakukan akan bertambah lagi
pengangguran guru2 agama Islam yang jumlahnya sudah tak tertampung
ini, dan masalahnya akan lebih rumit lagi.

Semua tulisan saya se-mata2 membongkar masalahnya karena memang
pemecahannya akan menjadi serba salah.  Usaha2 untuk memaksakan
sekolah2 Kristen ikut menampung menggaji guru2 agama Islam ini melalui
UU ternyata meskipun berhasil UU-nya disyahkan tetapi pelaksanaannya
nol-besar karena tidak mungkin anda bisa memaksakan siapa saja
menggaji diri anda, demikianlah nasib UU yang dibuat oleh bukan ahli
UU melainkan oleh orang2 yang cuma bermodalkan punya kepercayaan agama
Islam.  Lagi pula, jumlah sekolah2 Kristen sekalipun tidaklah banyak
sehingga andaikan mereka bersedia menggajinya sekalipun, yang bisa
ditampungnya hanyalah setitik air dari jumlah sebesar lautan.

Ny. Muslim binti Muskitawati.