ada yang seru neh dari forum kaskus,

ada seorang teman yang menulis seperti ini di forum supranatural:

salam semua...mau nanya neh soal syahbandar karimadi itu apa
ya???perguruan tenaga dalam ya????gw baru ketemu temen lama yg ternyata
dia punya energi syahbandar karimadi (katanya sih)......tapi emang
waktu gw kenal dulu dia energinya kecil...tapi sekarang energinya dia
besar dan kuat banget.....dia jarak 50M aja kerasa energinya gede
banget pas deket rasanya gw kaya didorong gitu.....kata temen gw
ini,kekuatan energi syahbandar karimadi bisa digunakan dengan awalnya
tata krama bagus pada alam,guru, dan guru bathin kita,,,,yang kalau
dilaksanakan dng benar maka apa yg dikatakan oleh hati dan niat kita
semua akan menjadi nyata....bener ga ya?kata dia Syahbandar bisa
diartikan sebagai lautan, Kari berarti gunung, dan madi berarti
daratan... ini bener ga ya???wah banyak banget dah penjelasannya,sampe
lupa gw...hehehehe.....infonya donk dari yg lain dan para sesepuh.......

teman kita meetos memberi jawaban:

Aliran Syabandar terbagi dua mas drainx, yang murni bersifat silat fisik dan
yang tenaga dalam (sering juga disebut jurus lima).

Hanya yang dikatakan oleh kawan anda itu sudah menyimpang dari kodrat,
baik itu keilmuan syabandar dan juga secara historis aliran tersebut.

Saya curiga kawan anda itu adalah seorang praktisi sabandar (dari
garut), yang juga mahasiswa Unpad. Atau kalau bukan orang yang saya
maksud itu, berarti dia salah satu sejawatnya. Orang Unpad ini pernah
menuliskan secara panjang lebar tentang aliran syabandar yang
dipelajari dan dipahaminya secara panjang lebar (3 edisi) di salah satu
tabloid mistis indonesia, kalau tidak salah tabloid Posmo.

Di situ salah satunya dia tuliskan kalau Syahbandar itu yang menguasai
Samudera (lautan), Kari yang menguasai Gunung dan Madi yang menguasai
daratan. Persis seperti yang dikatakan kawan anda itu.

Dia juga mengklaim Syahbandar yang dipelajarinya di garut itu adalah
Syahbandar yang sejati. Dia juga mengatakan kalau Mama Syahbandar akan
kembali muncul di garut. (Saya tidak mengerti apa yang dikatakan orang
itu, apakah mama syabandar bereinkarnasi atau masih hidup sampai
sekarang, hanya sedang bersembunyi atau bertapa.)

Dan masih banyak hal lain yang dikatakannya, yang sangat diluar nalar
dan bertentangan dengan pemaham para pesilat aliran syahbandar
kebanyakan.

Sekarang ini banyak yang mengajarkan syabandar yang aneh seperti itu
saat ini. Secara fisik (jurus) mungkin sama, tapi filosofi dan paham
yang diajarkan sudah sangat jauh dari sifat asli Mama Sabandar yang
terkenal sangat nyantri di penghujung usianya.

Jadi hati-hati mas, jangan sampai salah memilih guru. Saran bung Devnul
bagus juga. kalau memang tertarik untuk belajar aliran ini, coba anda
masuk dulu ke threads yang di tunjukkannya, mungkin anda bisa mendapat
beberapa petunjuk, kemana harus belajar. Selamat mencari.

Sepuluh jari, setangkup sembah

-Tabik

ada yang mau memberi komentar ? mungkin mas Eko atau temen2 lain ?

salam damai seiring doa semoga Indonesia bisa lebih baik.

- hebiryu -