Selamat bergabung Mas/Bang Khaerul...
Kalo mau latian Paseban ya bisa kontak langsung ke Mas Agus Suprayogi ini ;
latiannya juga di Depok..
  Kalo mau latian di padepokan bisa kontak Mas Eko (cikalong) dan MAs Iwan
(cingkrik goning)..

  Sedikit mengomentari : Mas Agus Suprayogi...kupikir aku setuju dengan
pendapatnya.
  Silat memang salah satu usaha untuk mencapai Yang Tidak Terlihat.

  Dari olah fisik ke olah mental ke olah rasa ke olah spiritual dan memang ilmu
tertinggi ya pasrah atwa iklas pada Yang Maha Kuasa...sesuai tradisi/filosofi
dan juga adat istiadatnya dimana silat itu berkembang...

  Memang tidak semua silat selengkap ini karena perbedaan pada penekanan, ada
yang lebih fokus ke sport, ke beladiri, ke rohani sehingga unsur-unsur lain
seringkali terabaikan...

  Ada yang pernah bilang kalo silat hanya sarana untuk mengenal DIRI SENDIRI
supaya bisa mengenal SANG PENCIPTA....mulai dari mengenal tubuh fisik,
otot-oto, kekuatan, kecepatan, kelemahan ...trus masuk ke state of
mind/mental..masuk lagi ke olah rasa (yang sangat dalam dan banyak variannya;
seperti dikembangkan di cikalong pancer bumi)...menyatu dengan kesadaran alam
semesta dan mulai pelan-pelan lebih tinggi lagi ke Sang Maha Kekuatan..

  Aku mulai berpikir , jangan-jangan pola ini sebenarnya juga dipakai oleh
beladiri lain seperti Kungfu dengan kuil shoalinnya, sebagai alat untuk lebih
dekat dengan Sang Budha, ato Karate/aikido dengan Shinto ato Zen...
  Mungkin kapan-kapan kita bisa diskusi soal yang sudah pernah ditulis oleh
Kang O'ong tentang dimensi spiritual dalam silat...(kudu bikin thread baru nih
)

  salam
  back to work ah..

  Ian S

Agus Suprayogi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          Di depok ada latihan silat tapi kalo, tapi kalo mau ikut gabung sama
yang
sudah ada latihannya malam minggu sekarang menjadi jam 21.00 s/d 1.00 malam
tapi kalo mau dibuat kelas terpisah, anda mungkin bisa mengkoordinir waktu
dengan beberapa teman2 anda yang didepok, nanti saya akn bilang sama kong
salim mengenai waktu yang anda inginkan.

saya sedikit memberikan penjelasan mengenai latihan silat, sepertinya semua
latihan silat itu diawali dengan latihan fisik dahulu, saya rasa tidak ada
silat yang latihannya tanpa latihan fisik dahulu, mungkin jika ada itu
namanya bukan silat tapi kebatinan.
setelah latihan fisik kita matang dan memadai barulah kita mempelajari
silat halusnya, yaitu berupa olah nafas, konsentrasi, serta pengaturan rasa
yang dikombinasikan dengan gerakan/jurus2 silat yang telah kita pelajari.
dan puncaknya adalah ilmu ikhlas yang dimana kita tidak perlu memerlukan
lagi yang namanya gerakan silat yang ada hanya kepasrahan kepada SANG
PENCIPTA, dan kalo saya ceritakan contohnya mungkin terlalu panjang dan
nanti saya bisa tidak kita kerja lagi...heee2x. Betul nggak KANG
IWANS !!!, beberapa waktu yang lalu juga saya diskusi sama KANG IWAN
samapai larut malam tentang hal ini shg saya lupa pulang kerumah.. heee3x.

Intinya belajar silat adalah harus SABAR, ULET, dan puncaknya adalah
KEPASRAHAN kepada SANG PENCIPTA sehingga menumbuhkan rasa yang tinggi.
sehingga menjadikan silat sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa tersebut.

mungkin ada yang bisa komentari lebih lanjut.

Terima Kasih

Agus Suprayogi
Sistem Informasi
PT. TEMPO INTI MEDIA Tbk
Telp: 021-5360409, Ext.386

At 13-03-2007 09:54 +0000, you wrote:

>nama saya khairul. saya tau milis ini dari kompas. saya dari dulu suka
>banget sama silat, dulu pernah waktu jaman smu sampai kuliah nyoba
>beberapa jenis beladiri, awalnya sih saya ikut silat di sma saya. tapi
>entah kenapa saya lebih prefer ke silat. saya suka kehalusan gerakannya.
>btw lokasi saya didepok jawa barat. saya jadi kepikiran untuk ikut
>silat lagi palagi saya jarang olah raga. dulu saya pernah ikutan sin
>lam ba di ui depok tapi cuman 6 bulan, saya enggak kuat sama pola
>latihannya yang menurut saya terlalu keras. disilat yang saya suka
> [...]

"Mengerti akan orang lain adalah pandai, mengerti akan diri sendiri adalah
bijaksana. Menaklukkan orang lain adalah kuat tubuhnya, menaklukkan diri
sendiri adalah kuat batinnya. Yang puas akan keadaan diri sendiri adalah
kaya raya, yang memaksakan kehendaknya adalah orang nekat. Yang tahu akan
kedudukannya akan berlangsung mati dalam kebenaran berarti panjang usia"

"Manusia utama mengerti mana yang benar, Manusia rendah mengerti mana yang
menguntungkan dirinya. Manusia utama menyayang jiwanya, Manusia rendah
menyayang hartanya. Manusia utama ingat akan hukuman dosa-dosanya, Manusia
rendah ingat akan hadiah jasa-jasanya. Manusia utama mencari kesalahan diri
sendiri, Manusia rendah mencari kesalahan orang lain."

"Tiga puluh buah ruji berpusat pada poros roda di tempat yang kosonglah
terletak kegunaannya! Dengan tanah liat membuat mangkok bundar Di tempat
yang kosonglah terletak kegunaannya! Membobol pintu jendela pada sebuah
rumah Di tempat yang kosonglah terletak kegunaannya! Yang ada hanya sebagai
pegangan Yang kosong itulah yang berguna"