Dapat angka 10% dan teori ilimiahnya dari mana bisa menjelaskan seperti itu?
Kalau kita menjelaskan TD dengan gaya marvel begitu bukannya malah jadi senjata
makan tuan?

  ----- Original Message -----
  From: Amal Ihsan
  To: silatindonesia@yahoogroups.com
  Sent: Friday, April 27, 2007 3:50 PM
  Subject: [silatindonesia] Re: Mitos Tenaga Dalam dan Mistik dalam Seni
Beladiri

  Menarik sekali Mas Eko. Sy jd mau ikutan nambahin ah... :)

  Kalo menurut Kang Dicky, pendiri Hikmatul Iman Indonesia, harus dibedakan
  antara:
  1. tenaga dalam
  2. tenaga metafisik

  Definisi tenaga dalam, persis seperti yg dikemukakan mas eko nug (buat
  membedakan dengan eko hadi :D) adalah kemampuan tenaga dalam yang diperoleh
  melalui hasil latihan rutin olah nafas dan konsentrasi serta gerakan trtentu.
  Ini memerlukan waktu yang cukup lama dan dituntut ketekunan yang tinggi.

  Sementara tenaga metafisik diperoleh melalui laku tertentu atau ditransfer.
  Kemampuan tenaga dalam ini bisa diperoleh secara instan, bahkan dalam
  hitungan detik pun bisa diperoleh.

  Kalo menjatuhkan orang tanpa menyentuhnya, sebenarnya masuk ke wilayah tenaga
  metafisik. Yg perlu diingat:
  tenaga metafisik tidak sepenuhnya masuk wilayah mistik atau klenik.

  Tenaga metafisik bisa dijelaskan secara ilmiah. Menembus tembok umpamanya,
  bukan hil yg mustahal menurut teori fisika. Unsur dasar pembentuk materi
  tubuh kita adalah atom. Kalo atom bergerak dengan kecepatan yang jauh lebih
  besar dr yg skr, kita dapat dengan mudah menembus tembok dan pindah ke tempat
  lain (teleportasi).

  Manusia hanya mampu menggunakan kurang dari 10 persen kemampuan otaknya. Kalo
  kita mampu menggunakan 100 persen kemampuan otak kita, kita akan mampu
  berbicara dengan orang lain dari jarak jauh (telepati) dan menggerakkan atau
  menghancurkan benda2 hanya dengan menatapnya (telekinetik), melihat bayangan
  masa depan, berbicara dengan binatang dan lain sebagainya.

  Tahu Magneto, tokoh antagonis dari komik X-Men? Kemampuannya adalah menguasai
  dan mengangkat benda2 terbuat dari metal (telemagnetik). Dia bisa mengangkat
  kapal tanker dan menimpakannya ke sebuah gedung. Kemampuan itu ternyata juga
  dimiliki oleh banyak orang di dunia nyata walaupun tidak sekstrem magneto.

  Jadi sebenarnya TD dan TM sama saja (Kita juga bisa mengaktifasi tenaga dalam
  dengan sinar gamma sehingga jadi super-sakti kayak Hulk :D). Jadi jelas,
  tenaga metafisik tidak selalu mistik atau klenik.

  Walaupun demikian, kemampuan tenaga fisik memang secara mudah bisa didapat
  dari beraliansi dengan makhluk energi atau makhluk eteris (tiap kebudayaan
  dan agama memiliki terminologi yg berbeda utk makhluk ini).

  Kalo diadu? Sy pernah menyaksikan seorang praktisi beladiri yg kalah oleh
  praktisi tenaga metafisik. Sebaliknya, sy juga pernah melihat paranormal
  sakti yg kalah oleh praktisi beladiri.

  Kalo kata Kang Iwan, menang atau kalah sebenarnya cuma momentum saja. Terlalu
  banyak faktor yg berperan dalam suatu pertarungan....