Menurut saya nih ya..............,
Image yang tertanam di benak kita bahwa silat adalah beladiri fisik agar
secara fisik kita dilatih untuk
mampu menghindar,mengunci dan melumpuhkan.
Kalau kita lihat phrase "mengHindar", "meNgunci" dan "meLumpuhkan", dan kita
mau melakukan analogi
sedikitnya kita akan melihat suatu proses gerak yang dikenal dengan reflek.
Satu diantara pencetus gerak reflek tersebut berasal dari satu spesies yang
dikenal dengan "kecerdasan".
Yang jadi pertanyaan sekarang adalah :"dari mana kecerdasan itu datang ?".
Secara psikologi ada istilah (terminology) " Uncondition Stimulant" (sesuatu
yang tidak biasa terjadi). Oleh karena itu Unconition stimulat harus bisa
kita ubah menjadi "condition stimulant" dalam artian ari tidak biasa menjadi
sesuatu yang biasa. Tentu harus melalui proses latihan yang relatip bisa
panjang dan pendek. Dan latihan (exercise) adalah merupakan proses belajar
untuk mendapatkan kecerdasan.
Metafisis dari gerak menjadi kecerdasan selalu dijembatani oleh rasa. Dimana
rasa adalah piranti yang ada didalam tubuh manusia yang tidak pernah
dusta/bohong
Natijahnya "Olah rasa" rasa inilah yang banyak berperan untuk "beladiri"
yang membela diri dari aniaya super intendent (atasan) yang terkesan menekan
kita.

Pengalaman saya waktu bekerja, sering kali saya memberi target yang selintas
tidak masuk akal. dimana tujuanya adalah untuk tahu kapasitas maksimum
subordinat.  Konsepnya Tuhan tidak mungkin mencoba melebihi kemampuan
umatnya. Jadi kita sebagai umat bisa dipastikan tidak mungkin mencoba orang
lain melebihi kapasitasnya. Karena jika kita melihat orang lain sukses capai
target sesungguhnya telah terjadi
kegagalan latent yang tidak kentara terlihat. Dimana yang namanya target
selalu berada dibawah kondisi ideal yang diinginkan.

Lets say......, semoga ini bisa membantu agar titik kecerahan bisa terlihat.

Sahabat Silat
Baruklinting