Dear Sahabat Silat,

Menurut pendapat saya, kita gak perlu berpikir macam2 dulu. Latar
belakang militer seharusnya bukan menjadi penghalang buat orang2 asing
untuk belajar silat, malah sampai dg batas tertentu adalah positif.
Contohnya Si Nick ini. Dia pernah cerita ke saya bahwa sewaktu tahun
lalu dia ke Indonesia, bule2 yg lain pada nanyain dia macam2 yg
intinya menanyakan apakah kondisi di Indonesia itu seserem yg
diberitakan di CNN. Mungkin tanpa background militer, dia jg gak akan
berani ke Indonesia. Setidaknya setelah 2 kali ke Indonesia, dia akan
menjadi corong kita di amrik sana bahwa Indonesia bukanlah seperti Irak.

Risiko silat dipakai di militer asing, merupakan suatu hal yg akan
bisa kita hindarkan apabila kita ingin membuka silat kepada dunia
luar. Toh ceritanya, cingkrik jg dipelajari oleh marinir Belande kan.
Apabila silat dipelajari oleh militer artinya promosi yg bagus juga
krn dg demikian orang2 di LN akan melihat bhw silat merupakan beladiri
yg efektif, tidak seperti pertandingan2nya.....

Balik lg ke Nicolas yg belajar Cikalong. Kok ane gak terlalu khawatir
ya... Cikalong meskipun kelihatannya sederhana, bukan merupakan silat
yg mudah utk dipelajari. Harus diakui, si Nicolas ini murid yg
berbakat. Tapi kalau dia cuma bolak balik kesini sebulan dua bulan,
gak akan dapat kok semuanya. Cuma, ini seharusnya menjadi cambuk buat
kita semua agar kita2 ini yg seharusnya menjadi pewaris silat
tradsional milik bangsa, jangan malas2an belajarnya. Kalau bukan kita,
siapa lagi yg pantas memegang amanah dari leluhur kita. Jangan sampai,
kalau nanti anak cucu kita mau belajar cikalong mesti ke Florida......

Salam.

--- In silatindonesia@yahoogroups.com, "Kiki Rizki Noviandi"