saran,

mas Ian,
ada baiknya dipublikasikan di situs kita juga,
biar dokumentasi terjaga.

thx

.LD.

---  Ian Samsudin <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pak Umar yang mengaku tua tapi berjiwa muda :) dan Sahabat Silat
sekalian,

> Sudah ada beberapa email yang menanyakan soal latiha Cimande ini...
> Setahuku di Jakarta belum ada latihannya yang resmi. Ada beberapa
nama yang konon menguasai cimande yaitu Pak Rifai (PS Panca Sakti)
yang bisa ditemui di Padepokan Pencak Silat TMII dan juga perguruan
Pajajaran Cimande, yang berpusat di Depok pimpinan Pak Tubagus
Djamhari....bisa dicari via google, mereka punya blgospotnya..

> Dulu, 'Sahabat Silat' pernah mengadakan diskusi terbatas soal
Cimande dengan pembicara didatangkan langsung dari Tarikolot,
Cimande..Dengan pembicara sesepuh dan pendekar cimande Pak Ace
Sutisna..

> Nah sebagai tindak lanjutnya, sebetulnya dimungkinkan untuk
mengadakan pelatihan di Jakarta yang difasilitasi oleh Forum kita ini
(Sahabat Silat)..

> Itu kalo mau lho...
>
> Saya sendiri selaku salah seorang pengurus di Forum pencinta dan
pelestari silat tradisonal (FP2STI) dan juga anggota komunitas
Sahabat Silat; telah berbicara dengan serius, baik dengan Pak Ace
Sutisna maupun dengan anaknya (Kang Asep) tentang kemungkinan membuka
pelatihan Cimande di Jakarta baik untuk dewasa maupun untuk anak-
anak..

> Nah kalo serius dan memang mau, kita membutuhkan setidaknya 5 orang
murid untuk berlatih karena mendatangkan pelatih langsung dari
Tarikolot, Cimande ..sehingga ya jangan mengecewakan pelatih yang
sudah datang jauh-jauh dari sukabumi itu..

> Berkaitan dengan itu, karena mendatangkan pelatih jauh-jauh tentu
kita harus bertanggung jawab untuk membiayai ongkos pelatih tersebut
dan juga hal-hal ..maka kami menetapkan adanya iuran bagi mereka yang
hendak berlatih . Tentu saja dengan penuh kebijakan dan welas asih:
artinya bagi mereka yang memang mau dan ingin berlatih untuk
melestarikan pencak silat tradisional tapi ada kendala biaya ya bisa
dibicarakan dengan saya atau pengurus lainnya,..tenang saja pasti ada
jalan. Diharapkan adanya iuran tetap bulanan ini bukan menjadi
penghalang bagi pelestarian pencak silat dan juga dengan
memperhatikan kondisi dan kesejahteraan pelatih/guru kita..Kisarannya
pun tidak begitu mahal (relatif sih :)) antara 100.000 per bulan ya
atau 50.000 per bulan tergantung bagaimana kesepakatan nantinya..

> Rencananya juga akan dibuka kelas untuk anak-anak; bisa dari usia
SD ...sehingga mereka bisa mengenal pencak silat sejak dini. Anak-
anak ini akan diajarkan jurus-jurus dulu (belum adu tangan
kok..jangan kuatir) setelah itu lebih pada ibingan/seni-nya ...belum
bak bik buk...

> Rencananya kita akan meminta anaknya Pak Ace Sutisna yaitu Kang
Asep yang saat ini menjadi guru sekolah di Tarikolot, untuk melatih
di Jakarta. Karena berprofesi sebagai guru, maka waktu yang tersedia
bagi beliau diusulkan untuk minggu pagi hari..sekitar jam 8-9
pagi...bertempat di padepokan pencak silat TMII..Jika Oke nanti kami
yang akan mengurus perijinan tempat ini.

> Prosesnya begini:
>
> 1. pendaftaran
> 2. ada talek dan peureuh (nulisnya betul gak ya?) dari sesepuh
Cimande. Talek ini bersifat wajib bagi siapapun yang hendak belajar
Cimande pada Pak Ace Sutisna..sebagai bekal budi pekerti luhur
seorang pesilat
> 3. memulai latihan
>
> Karena talek dan peureuh bersifat wajib maka semua calon peserta
pelatihan cimande wajib menjalani ritual ini tanpa kecuali. Nanti
juga akan diagendakan waktunya sesudah pendaftaran selesai.

> Untuk pendaftaran harap mengirimkan email ke saya : [EMAIL PROTECTED]
> dengan mengisi data  dan copy KTP/KTM ..adapun blangko pendaftaran
akan saya kirim via email bagi mereka yang berminat. Untuk anak yang
masih kecil (di bawah umur) harap menyertakan surat persetujuan dari
orang tua/wali..

> Pendaftaran ini akan dibukan hingga bulan JULI akhir (Tgl 31 Juli),
sehingga diharapkan bulan AGUSTUS pertengahan (maks), pelatihan sudah
bisa dimulai, setelah mengurus segala persoalan teknis/tempat dan
administrasi lainnya

> Namun mohon maaf, jika jumlah peserta kurang mencukupi (misalnya
hanya 1 atau 2 orang saja), pelatihan akan ditunda; karena kasihan
dengan pelatih yang sudah datang jauh-jauh.

> Pelatihan ini hanya bagi mereka yang serius untuk berlatih
melestarikan silat tradional; keseriusan akan telihat dari kesediaan
mengorbankan waktu, tenaga dan biaya untuk itu.

> Saya tunggu responnya ...
>
> Thanks
> Ian S

Kirim email ke