From: Bramantyo Prijosusilo <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: [silatindonesia] [RE:Tawuran Perguruan]
To: silatindonesia@yahoogroups.com
Date: Monday, October 6, 2008, 10:46 AM

Maaf, saya pikir lebih baik jika dialog ini diteruskan, sebab kalau baru panas
sedikit saja sudah ditutup, kita tidak akan pernah mencapai suatu penyelesaian.

Saya hendak memberi urun rembug. Janganlah kita memojokkan SHT, sebab nyatanya
di sekitar Madiun, kekerasan massal yang memalukan pesilat sedunia dilakukan
juga oleh perguruan lain, yakni KS, SHW, PN dll. Namun ada benang merahnya,
biasanya kekerasan itu adalah antar SHT dengan salah satu perguruan yang
dijadikan mitra kekerasan massal itu. Silakan search melalui google, kekerasan
SHT bahkan menjadi bahasan penjaga keamanan PBB di Timor Leste, karena di sana
juga jadi promotor kekerasan horisontal. Karena itu, meski KS, SHW, PN dan yang
lainnya harus ikut dalam upaya penegakan perdamaian, porsi peran SHT mungkin
wajar bila lebih besar.

Saya tau bahwa sudah bertahun-tahun SHT berusaha meredam dan meniadakan
kekerasan massal sebagai salah satu ciri khasnya. Nyatanya, sampai sat ini
masih terjadi, nyawa masih melayang. Artinya, usaha SHT patut dianggap gagal.
Karena gagal, patut dianggap keliru. Wejangan ajaran luhur dan sebagainya tidak
lagi punya kekuatan meredak kekerasan massal dan horisontal yang terjadi. Dari
tahun ke tahun kekerasan terus terjadi, dan terus melibatkan SHT, dan di level
pelaku, ada "kebanggaan kelompok" yang kuat, yang membenarkan dan menggerakkan
kekerasan tersebut.

Mungkin "kebanggaan kelompok" inilah kunci dari pemecahan masalah kekerasan
tersebut.

Sekedar urun rembug, silakan dilanjutkan dengan bijak.

Mohon maaf lahir dan batin,
Bram.