Saya ga tahu gimana pandangan orang. Setidaknya ini pandangan saya
pribadi.
Dalam Silat yang saya ikuti (PSHT), latihan pernafasan memang ada,
digunakan utuk megendalikan kekuatan tubuh dan stamina. Saya belum
pernah tahu dengan metode yang dignuakan oleh teman2 dari perguruan
lain.

Suatu ketika, saya pernah uji tanding dengan seorang kawan dari Sin Lam
Ba, yang katanya menggunakan tenaga dalam juga. Terus terang saya
penasaran seperti apa ilmu mereka. Ketika kita bertanding, kawan
tersebut seperti seorang awam yang tidak pernah mempelajari beladiri
apapun. Hal ini membua saya agak menyesal menyerangnya (meskipun
untungnya saya tidak menggunakan kekuatan penuh). Namun sungguh
mengejutkan ketika dia agak meraung (seperti macan), dengan tangan dan
tubuh berposisi seperti macan...
Kemudian secara mengejutkan, dia mampu bergerak secara lincah dan mampu
menghindari beberapa serangan dari saya, bahkan mengkounternya.
Kemudian setelah selesai, dia mengklaim bahwa dirinya dimasuki oleh
khodam malaikat. Atau kadang juga diklaim dirinya dimasuki oleh raja
Brawijaya...

Secara pribadi saya yakin ini jelas menggunakan jin. Nabi Muhammad SAW
yang jelas2 dilindungi malaikat aja masih bisa terkena lemparan batu
atau kotoran manusia.

Maka, pandangan saya tentang ini jelas tidak mendukung!

Mengenai pelatihan, pengolahan dan penggunaan tenaga dalam yang
benar-benar menggunakan pernafasan, kebetulan saya belum mengetahui
secara langsung, kecuali secara terbatas sebagaimana digunakan pada
PSHT.

Demikian...
Terimakasih..
(Just sharing!)